PEDOMAN – JUKNIS PEMILIHAN GURU SD SMP BERDEDIKASI TINGKAT NASIONAL TAHUN 2019

Loading...
 Juknis Pemilihan GURU SD SMP Berdedikasi Tingkat Nasional Tahun  PEDOMAN – JUKNIS PEMILIHAN GURU SD SMP BERDEDIKASI TINGKAT NASIONAL TAHUN 2019

Pedoman – Juknis Pemilihan GURU SD SMP Berdedikasi Tingkat Nasional Tahun 2019. Pendidikan merupakan instrumen utama pembangunan sumber daya manusia (SDM). Salah satu  arah  kebijakan  pembangunan  bidang  pendidikan  adalah  untuk  meningkatkan kemampuan akademik dan kompetensi profesional pendidik (guru) serta untuk meningkatkan jaminan kesejahteraan para pendidik. Melalui upaya ini, diharapkan para pendidik akan lebih efektif dalam menjalankan peran dan tanggung jawabnya, terutama tugas  mereka dalam membantu peserta didik mengembangkan watak dan budi pekerti  sebagai perwujudan revolusi mental. Hal tersebut, pada gilirannya, diharapkan akan berdampak pada peningkatan martabat lembaga pendidikan dan penguatan tugas pokok dan fungsi pendidik.

Dalam rangkaian proses pendidikan, guru memiliki posisi sentral dan menentukan. Mereka merupakan unsur penentu utama bagi keberhasilan pendidikan. Namun, disisi lain, harus diakui bahwa sebagian  besar guru belum memperoleh penghargaan yang wajar dan semestinya, sementara dedikasi mereka terhadap dunia pendidikan sangat luar biasa. Oleh karena itu, pemberian penghargaan kepada guru yang berkompetensi dan berdedikasi tinggi merupakan salah satu upaya nyata untuk menempatkan posisi guru secara layak sebagai insan pendidikan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Hal ini sejalan dengan amanat UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pasal 36 ayat (1) yang menyebutkan bahwa guru yang berdedikasi dan berprestasi, berdedikasi luar biasa, dan/atau bertugas di daerah khusus berhak memperoleh penghargaan.

Berkaitan dengan hal tersebut di atas, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, melalui Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, hendak memberikan penghargaan kepada para guru pendidikan dasar berdedikasi tinggi yang kompeten terhadap  tugas profesinya. Buku Pedoman – Juknis Pemilihan GURU SD SMP Berdedikasi Tingkat Nasional Tahun 2019 ini merupakan acuan dalam melaksanakan Pemilihan Guru Pendidikan Dasar yang berdedikasi dan berkompeten Tahun 2019, baik di tingkat kabupaten/kota, provinsi, maupun di tingkat nasional.

Berdasarkan Pedoman – Juknis Pemilihan GURU SD SMP Berdedikasi Tingkat Nasional Tahun 2019, Pendaftaran peserta pemilihan guru berdedikasi yang kompeten dapat dilakukan melalui 2 jalur, yaitu:
a. Jalur Reguler, yaitu peserta diajukan melalui dinas pendidikan kabupaten/kota untuk mengikuti pemilihan guru berdedikasi tingkat nasional dengan ketentuan berikut.
(1) Menunjukkan dedikasi tinggi dalam melaksanakan tugas yang dibuktikan surat pernyataan dari atasan.
(2) Memiliki hubungan sosial yang baik dengan masyarakat selama bertugas yang dibuktikan  dengan  surat  pernyataan  dari  rekan  sejawat  dan  masyarakat setempat.
(3) Dipilih dari hasil seleksi kabupaten/kota untuk ditetapkan dan ditugaskan oleh dinas pendidikan provinsi untuk maju ke tingkat nasional
b. Jalur Penelusuran, yaitu peserta diajukan melalui yayasan penyelenggara pendidikan atau oleh perorangan untuk mengikuti pemilihan guru berdedikasi tingkat nasional dengan ketentuan berikut.
(1) Menghadapi tantangan pengabdian dalam kondisi yang ekstrem, seperti kondisi lingkungan alam dan sosial yang relatif sangat berat, hambatan-hambatan yang mesti  dihadapi  dalam kondisi di  luar  kebiasaan  ( ekonomi,  jarak, waktu, keterbatasan  diri/distabilitas,  keterbatasan  sarana  prasarana,  dan  lain-lain) dibuktikan dengan surat keterangan atasan.
(2) Melakukan terobosan proses perubahan sosial yang signifikan dalam  situasi sosial yang serba 3T (tertinggal,  terluar dan terdepan)  di tempat  mengabdi dibuktikan dengan surat keterangan atasan.
(3) Melakukan aktivitas yang menarik perhatian masyarakat luas (viral)  tentang kegiatan dedikasi  yang kompeten sebagai seorang guru  selama satu tahun terakhir dibuktikan dengan salinan pemberitaan di media sosial.

Selengkapnya silahkan download Pedoman – Juknis Pemilihan Guru SD SMP Berdedikasi Tingkat Nasional Tahun 2019.




Link Download Pedoman – Juknis Pemilihan Guru SD SMP Berdedikasi Tingkat Nasional Tahun 2019----DISINI-----

Demikian informasi tentang Pedoman – Juknis Pemilihan Guru SD SMP Berdedikasi Tingkat Nasional Tahun 2019. Semoga ada manfaatnya.


Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PEDOMAN – JUKNIS PEMILIHAN GURU SD SMP BERDEDIKASI TINGKAT NASIONAL TAHUN 2019"

Post a Comment