Kumpulan Fiil Madhi Dalam Surah al Insyirah dan Penjelasannya Menurut Ilmu Shorof

Loading...

Analisa Fiil Madhi Dalam Surah al Insyirah

Fiil Madhi Dalam Surah al Insyirah | Salah satu pembahasan penting dalam memahami kaidah bahasa arab adalah memahami kalimat fiil madhi. Kali ini kita akan mencoba menganalisis fiil madhi yang terdapat dalam surat al Insyirah dari ayat pertama samapai ayat terakhir.

Jika sobat ingin mengetahui kutipan surat al Insyirah dari segi artinya secara perkata atau pun teksnya dalam bentuk teks arab dan teks latin silahkan lihat pada postingan sebelumnya.

Namun sebelumnya, mari kita lihat terlebih dahulu potongan ayat yang terdapat dalam surat al insyirah tersebut secara lengkap berikut ini :

أَلَمۡ نَشۡرَحۡ لَكَ صَدۡرَكَ  ١ وَوَضَعۡنَا عَنكَ وِزۡرَكَ  ٢ ٱلَّذِيٓ أَنقَضَ ظَهۡرَكَ ٣ وَرَفَعۡنَا لَكَ ذِكۡرَكَ  ٤ فَإِنَّ مَعَ ٱلۡعُسۡرِ يُسۡرًا  ٥ إِنَّ مَعَ ٱلۡعُسۡرِ يُسۡرٗا  ٦ فَإِذَا فَرَغۡتَ فَٱنصَبۡ  ٧ وَإِلَىٰ رَبِّكَ فَٱرۡغَب  ٨

Yang termasuk pada kategori fiil madhi yang terdapat dalam surah al Insyirah di atas adalah lafad-lafad yang digaris bawahi, dimana ia berjumlah 4 lafadz yakni :

وَضَعۡنَا asalnya وَضَعَ

أَنقَضَ

رَفَعۡنَا asalnya رَفَعَ

فَرَغۡتَ asalnya فَرَغَ

Dari keempat lafad di atas, ada yang termasuk ke dalam fiil tsulasi mujarrod dan ada yang termasuk fiil tsulasi mazid. Adapun yang dimaksud dengan Fiil Tsulasi Mujarrod ialah kalimat fiil (kata kerja) yang terdiri dari 3 huruf tanpa ada huruf tambahan, sedangkan yang dimaksud dengan Fiil Tsulasi Mazid ialah ialah kalimat fiil yang disertai dengan huruf tambahan.

Fiil Tsulasi Mujarrod : وَضَعَ – رَفَعَ – فَرَغَ

Perlu diketahui bahwa fiil madhi dalam surah al insyirah tersebut diikuti oleh dhamir muttasil sehingga jumlah hurufnya menjadi bertambah yakni jadi 4 huruf, hanya saja aslinya adalah 3 huruf.

Fiil Tsulasi Mazid : أَنقَضَ

Adapun yang menjadi huruf tambahan pada lafadz أَنقَضَ ialah huruf hamzah yang terletak di awal lafad, dimana ia berasal dari kata نَقَضَ kemudian ditambah hamzah pada awal lafadznya sehingga lafadznya menjadi أَنقَضَ

Demikianlah pembahasan sekilas mengenai fiil madhi dalam surah al Insyirah berikut dengan analisa singkatnya menurut pandangan ilmu shorof. Wallahu A’lam Bishawaab.

Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kumpulan Fiil Madhi Dalam Surah al Insyirah dan Penjelasannya Menurut Ilmu Shorof"

Post a Comment