JADWAL DAN PERSYARATAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU STIS 2019/2020 (SEKOLAH TINGGI ILMU STATISTIK)

Loading...
Jadwal dan Persyaratan Penerimaan Mahasiswa Baru STIS 2019/2020. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) yang semula bernama Akademi Ilmu Statistik (AIS) merupakan perguruan tinggi kedinasan program D-IV, yang dikelola oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sejak tahun 1958. STIS mengemban visi menjadi lembaga pendidikan tinggi kedinasan yang berfungsi untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, khususnya di bidang statistika dan komputasi statistik dengan mendidik kader yang memiliki kemampuan akademik/profesional. Dengan demikian lulusan STIS merupakan tenaga yang mampu merencanakan dan melaksanakan penelitian, melakukan analisis di bidang sosial-ekonomi serta merencanakan dan mengembangkan sistem informasi.


Baca Juga Contoh / Latihan soal Tes atau Ujian Masuk STIS  ---disini

Kurikulum dibuat sesuai dengan perkembangan ilmu ekonomi, kependudukan, sosial, dan teknologi informasi. Proses dan metode pembelajaran ditekankan pada pengembangan ketrampilan di bidang statistik dan komputasi statistik. STIS mempunyai dua program studi: Program Studi Statistika – dengan dua bidang peminatan, yaitu Ekonomi dan Sosial Kependudukan – dan Program Studi Komputasi Statistik. Program Studi Statistika menghasilkan tenaga ahli statistik ekonomi serta tenaga ahli statistik sosial-kependudukan, dan Program Studi Komputasi Statistik menghasilkan tenaga ahli komputasi dan sistem informasi.

Jadwal dan Persyaratan Pendaftaran STISTahun 2019/2020. Sebagai satu-satu perguruan tinggi kedinasan di bawah Badan Pusat Statistik, Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) telah mengalami perubahan bentuk kelembagaan menjadi Politeknik Statistika STIS pada tahun 2017.  Berdasarkan Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reforniasi Birokrasi Nomor B/373/M.SM.01.0O/2019 tentang Persetujuan Prinsip Tambahan Kebutuhan CPNS dan Siswa/Siswi STIS Tahun Anggaran 2019, Politeknik Statistika STIS - Badan Pusat Statistik akan menerima kembali mahasiswa baru tahun akademik 2019/2020 yang berstatus ikatan dinas sebanyak 600 orang dengan rincian;
a. Program Stud, Statist,ka Program Diploma II (150 mahasiswa)
b. Program Studi Statistika Program Diploma IV (300 mahasiswa)
c. Program Studi Komputasi Statistik Program Diploma IV (150 mahasiswa)
Lulusan Program Diploma III akan diangkat sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN) golongan II/c dan akan ditugaskan di seluruh wilayah Indonesia. Lulusan Program Diploma IV akan diangkat sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN) golongan III/a dan akan ditugaskan di Badan Pusat Statistik (BPS)/Kementerian/Lembaga/lnstansi lainnya di seluruh wilayah Indonesia. Selama masa pendidikan, mahasiswa dibebaskan dari biaya pendidikan (tanpa uang saku).

PENERIMAAN MAHASISWA BARU POLSTAT STIS 2019/2020 

 
I. SISTEM SELEKSI
Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun akademik 2019/2020 ikatan dinas dilakukan dalam 4 (empat) tahap sebagai berikut:
a. Tahap I : Tes Akademik (Matematika), menggunakan sistem Ujian Berbasis Komputer.
b. Tahap II : Seteksi Kompetensi Dasar, menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) berkoordinasi dengan Politeknik Statistika STIS.
c. Tahap III : Psikotes.
d. TahaplV : TesKesehatandanKebugaran.
Pada setiap tahapan berlaku sistem gugur.

II. PERSYARATAN IKATAN DINAS
Untuk dapat mengikuti proses seleksi PMB Politeknik Statistika STIS, peserta memenuhi syarat-syarat berikut:

A. Persyaratan Umum
1) Sehat jasmani dan rohani (dapat atau Iayak bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan maupun di lapangan), tidak buta warna (balk total maupun parsial) dan bebas narkoba;
2) lulusan SMA/MA Jurusan IPA/IPS; atau
3) Calon lulusan SMA/MA Jurusan IPA/IPS Tahun Ajaran 2018/2019 kelas XII;
4) Nilai Matematika dan Bahasa lnggris minimal 70,00 (skala 1-100) atau 2,80 (skala 1-4,00) pada rapor kelas XII semester I;
5) Umur minimal 16 tahun dan maksimal 22 tahun, per 1 September 2019;
6) Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di Pohteknik Statistika STIS sampai dengan pengangkatan PNS;
7) Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain;
8) Bersedia mematuhi peraturan Politeknik Statistika STIS;
9) Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus seleksi dan akan rnengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS;
10) Setelah Pulus pendidikan di Politeknik Statistika STIS, bersedia ditempatkan di Badan Pusat Statistik (BPS)/Kementerian/Lernbaga/Instansi Iainnya sesuai penempatannya di seluruh wilayah Indonesia sampai tingkat Kabupaten/Kota;

B. Persyaratan Khusus untuk Program Diploma Ill
Asal SMA/MA peserta dan Provinsi di seluruh Indonesia kecuali provinsi di Pulau Jawa dan Bali yang dibuktikan dengan salman ijazah/Rapor SMA/MA.

Ill. PROSEDUR PENDAFTARAN
Pendaftaran dilakukan oleh calon peserta secara online melalui Internet dan dapat dilakukan dan mana pun, dengan cara sebagai berikut:
a. Pendaftar mengakses portal SSCASN di alamat https://sscasn.bkn.go.id lalu membuat akun dengan menginput Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK).
b. Pendaftar login kembali ke SSCASN dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.
c. Pendaftar memilih Sekolah Kedinasan Pohteknik Statistika STIS dan melengkapi biodata din.
d. Pendaftar menyelesaikan pendaftaran dengan mengecek Resume dan mencetak Bukti Pendaftaran.
e. Pendaftar mengakses portal SPMB Politeknik Statistika STIS ( https://spmb.stis.ac.id ) dan login menggunakan NIK dan password sesuai dengan portal SSCASN.
f. Setelah login, pendaftar akan mendapatkan Kode Pembayaran dan diminta untuk memvenifikasi email.
g. Pendaftar membayar biaya seleksi dengan menggunakan Kode Pembayaran tersebut melalui Bank BRI sebelum batas waktu pembayaran yang ditentukan.
h. Setelah melakukan pembayaran, pendaftar kembali login ke portal SPMB Politeknik Statistika STIS untuk mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian Masuk (KTPUM).
i. Calon peserta kemudian mengikuti petunjuk yang tercetak pada KTPUM tersebut.
j. Waktu dan lokasi tes akan diumumkan melalui portal SPMB Politeknik Statistika STIS.

IV. BIAVA SELEKSI
Calon peserta dikenakan biaya seleksi sebesar Rp. 300.000,- (tiga ratus ribu rupiah). Biaya tersebut sudah termasuk biaya pelaksanaan Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) berdasarkan PP nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara. Biaya seleksi dan biaya administrasi bank yang telah dibayarkan, tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.

V. JADWAL KEG IATAN
Jadwal Kegiatan PMB Politeknik Statistika STIS Tahun 2019

Jadwal Kegiatan PMB Politeknik Statistika STIS Tahun 2019


VI. LOKASI UJIAN
Lokasi ujian di 34 ibukota provinsi seluruh Indonesia.

VII. WEBSITE RESMI DAN ALAMAT PANITIA PELAKSANA
a. Segala inforrnasi mengenai PMB Politeknik Statistika STIS dapat diakses melalui portal SPMB Politeknik Statistika STIS (https://spmb.stis.ac.id)  dan media sosial twitter: @STISJKT; fanpage facebook: Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (Official); Instagram: @polstatstis.
b. Alamat Panitia Pusat adalah di Kampus Politeknik Statistika STIS, Jalan Otto Iskandardinata No. 64C Jakarta Timur 13330. TeIp: (021) 8508812, 8191437, Fax: 8197577. Hotine PMB TeIp: (021) 85900884. (Jam Kerja Senin - Jumat, Pukul 08.00 WIB - 15.30 WIB)
c. Alamat Panitia Daerah adalah di Kantor BPS Provinsi di seluruh Indonesia (kecuali BPS Provinsi DKI Jakarta). Alamat Kantor BPS Provinsi bisa dllihat di Website BPS di http://www.bps.go.id.

VIII. LAIN-LAIN
a. Calon peserta hanya boleh melamar di satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga sesuai Pengumuman Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor B/393/S.SM .01.00/2019.
b. Segala pertanyaan terkait seleksi PMB hanya dilayani rnelalui portal helpdesk dengan alamat https://helpdesk.stis.ac.id
c. Keputusan panitia penerimaan mahasiswa baru tidak dapat diganggu gugat.
d. Apabila peserta ujian memberikan keterangan atau data yang tidak benar, dan dikemudian hari diketahui, baik pada setiap tahapan tes/ujian, maupun setelah menjadi mahasiswa, Politeknik Statistika STIS berhak membatalkan kelulusan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) dan/atau mengeluarkan yang bersangkutan dari pendidikan.
e. Segala perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan PMB Politeknik Statistika STIS akan diinformasikan melalui Website Politeknik Statistika STIS, Kantor BPS Provinsi,, dan Kampus Politeknik Statistika STIS.
f. Politeknik Statistika STIS tidak menerbitkan pembahasan soal-soal seleksi tahun-tahun sebelumnya, tidak membuat prediksi soal tahun ini, serta tidak menyelenggarakan dan tidak bekerja sama dengan bimbingan belajar manapun termasuk dengan UKM BIMBEL/BIUS.

Download Latihan soal Tes atau Ujian Masuk STIS  ---disini

Demikian update informasi tentang Jadwal dan Persyaratan Pendaftaran STIS Tahun 2019/2020, semoga bermanfaat. Terima kasih. 


================================


Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "JADWAL DAN PERSYARATAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU STIS 2019/2020 (SEKOLAH TINGGI ILMU STATISTIK)"

Post a Comment