INSTRUMEN AKREDITASI BAN PAUD PNF TAHUN 2019 DAN INSTRUMEN PENILAIAN AKREDITASI (IPA) PAUD PNF

Loading...
 Akreditasi adalah penilaian kelayakan satuan pendidikan berdasarkan kriteria yang telah d INSTRUMEN AKREDITASI BAN PAUD PNF TAHUN 2019 DAN INSTRUMEN PENILAIAN AKREDITASI (IPA) PAUD PNF


Instrumen akreditasi BAN PAUD tahun 2019. Akreditasi adalah penilaian kelayakan satuan pendidikan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan dalam sistem pendidikan nasional (Sisdiknas). Akreditasi juga merupakan bagian dari upaya penjaminan dan pengendalian mutu pendidikan secara berkelanjutan. Pada konteks itulah satuan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal (PAUD dan PNF) harus melaksanakan budaya mutu agar sukses mengikuti tahapan akreditasi. Kebijakan dan mekanisme akreditasi kini terus mengalami penyesuaian seiring dengan terbitnya Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Sejak diterbitkannya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2018 tentang Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah dan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal, sasaran akreditasi berubah dari program ke satuan. Peraturan ini menuntut perubahan yang fundamental dalam kebijakan dan mekanisme akreditasi. Sebagai lembaga mandiri yang bertugas melaksanakan akreditasi satuan PAUD dan PNF, Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal (BAN PAUD dan PNF) membuat kebijakan mengganti instrumen akreditasi yang berbasis pada satuan. Instrumen akreditasi yang baru diharapkan mampu memotret performansi (performance) satuan pendidikan PAUD dan PNF.

Instrumen akreditasi BAN PAUD tahun 2019 dapat dilihat pada Aplikasi Sispena 2.0. Pada Aplikasi tersebut ada Menu EDS PA yang berisi instrumen akreditasi yang diperuntukan untuk mengisi/melengkapi pertanyaan di setiap butir 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP) serta melampirkan dokumen yang sesuai dengan kondisi sesungguhnya. Adapun sub menu yang disediakan, yaitu EDS-PA, FormSurvey, dan Hasil Penilaian EDS-PA. Demi kelancaran dalam melakukan pengisian EDS-PA, maka setiap satuan pendidikan terlebih dahulu harus membaca Petunjuk Pengisian yang telah disediakan.

Ada tiga jenis Instrumen akreditasi BAN PAUD PNF tahun 2019 yakni Instrumen akreditasi PAUD tahun 2019, Instrumen akreditasi PKBM tahun 2019, dan Instrumen akreditasi LKP tahun 2019. Setiap lembaga yang mengakses Aplikasi Sispena PAUD, yang sekarang mengggunakan Aplikasi Sispena PAUD 2.0 akan langsung dihadapkan untuk mengisi Instrumen sesuai jenis lembaganya. Misalnya, Jika yang login adalah TK maka akan langsung menemukan Instrumen akreditasi PAUD tahun 2019. Apabila yang login adalah PKBM, maka akan langsung menemukan Instrumen akreditasi PKBM tahun 2019. Sedangkan jika yang login adalah LKP maka akan langsung menemukan Instrumen akreditasi LKP tahun 2019.

 Akreditasi adalah penilaian kelayakan satuan pendidikan berdasarkan kriteria yang telah d INSTRUMEN AKREDITASI BAN PAUD PNF TAHUN 2019 DAN INSTRUMEN PENILAIAN AKREDITASI (IPA) PAUD PNF

Jika untuk lembaga yang akan diakreditasi harus mengisi Instrumen akreditasi BAN PAUD tahun 2019 melalui Aplikasi Sipena 2.0. Untuk para Asesor harus mengisi Instrumen Penilaian Akreditasi (IPA).  Sama seperti halnya EDS PA, juga terdapat 3 jenis Instrumen Penilaian Akreditasi (IPA), yakni Instrumen Penilaian Akreditasi (IPA) PAUD Tahun 2019, Instrumen Penilaian Akreditasi (IPA) PKBM Tahun 2019, dan Instrumen Penilaian Akreditasi (IPA) Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP).

Untuk Sekedar informasi berikut contoh Instrumen akreditasi BAN PAUD PNF tahun 2019 yakni Instrumen akreditasi PAUD tahun 2019, Instrumen akreditasi PKBM tahun 2019, dan Instrumen akreditasi LKP tahun 2019 serta petunjuk (juknis) pengisian Instrumen Penilaian Akreditasi (IPA) PAUD Tahun 2019, petunjuk (juknis) pengisian Instrumen Penilaian Akreditasi (IPA) PKBM Tahun 2019, dan petunjuk (juknis) pengisian Instrumen Penilaian Akreditasi (IPA) Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP).

Download Instrumen akreditasi TK PAUD tahun 2019---disini
Download Instrumen akreditasi PKBM tahun 2019 ---disini
Download Instrumen akreditasi LKP tahun 2019 ---disini
Download Juknis Penilaian Akreditasi (IPA) TK PAUD Tahun 2019 ---disini
Download Juknis Penilaian Akreditasi (IPA) PKBM Tahun 2019 ---disini
Download Juknis Penilaian Akreditasi (IPA) LKP Tahun 2019 ---disini

Baca Juga: Juknis atau Panduan Aplikasi Sispena PAUD PNF Versi 2.0 ---DISINI-----

Demikian informasi tentang Instrumen Akreditasi BAN PAUD PNF Tahun 2019 Dan Instrumen Penilaian Akreditasi (IPA) PAUD PNF. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.



Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "INSTRUMEN AKREDITASI BAN PAUD PNF TAHUN 2019 DAN INSTRUMEN PENILAIAN AKREDITASI (IPA) PAUD PNF"

Post a Comment