SURAT EDARAN PELAKSANAAN SIMULASI EVAKUASI BENCANA SERENTAK DI SEKOLAH TAHUN 2019

Loading...
 Surat Edaran Pelaksanaan Simulasi Evakuasi Bencana Serentak di Sekolah  SURAT EDARAN PELAKSANAAN SIMULASI EVAKUASI BENCANA SERENTAK DI SEKOLAH TAHUN 2019

Surat Edaran Nomor: 4411/D/HM/2019 Tentang Pelaksanaan Simulasi Evakuasi Bencana Serentak di Sekolah tahun 2019. Sebagai upaya dalam membangun kesiapsiagaan sekolah terhadap bencana, dan dalam rangka menggugah kesadaran seluruh unsur-unsur dalam bidang pendidikan baik individu maupun kolektif di sekolah dan lingkungan sekolah baik itu sebelum, saat maupun setelah bencana terjadi maka sangat penting untu dilakukan latihan/simulasi evakuasi bencana. Latihan atau simulasi evakuasi bencana digunakan untuk melatih kesiapan dalam keadaan darurat sebagai langkah antisipasi untuk mengurangi kebingungan, dan memastikan kesiapan prosedur dan peralatan tanggap darurat.

Tujuan utama simulasi evakuasi bencana adalah untuk memberi pengetahuan dan meningkatkan kewaspadaan tentang bahaya bencana.  Karena itu, simulasi evakuasi bencana harus sering dilakukan di sekolah untuk mendidik warga sekolah khususnya tentang bahaya bencana. Dengan adanya simulasi evakuasi bencana, maka diharapkan bila bencana yang sebenarnya terjadi maka dapat menekan timbulnya korban  karena ada kesiapan dan kesiagaan yang sudah terbentuk.

Dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana 2019, Dirjen Dikdasmen mengeluarkan Surat Edaran Nomor: 4411/D/HM/2019 Tentang Pelaksanaan Simulasi Evakuasi Bencana Serentak Di Sekolah tahun 2019. Surat edaran ditujukan kepada Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota untuk menghimbau sekolah untuk melakukan hal-hal sebagai berikut:
·          Melaksanakan simulasi evakuasi bencana secara serentak di sekolah pada Hari Kesiapsiagaan Bencana tanggal 26 April 2019 pukul 10:00 s.d 12:00 waktu setempat.
·          Melaksanakan simulasi evakuasi bencana secara serentak di sekolah paling lama 2 jam.
·          Membuat Slogan Siap untuk Selamat selama pelaksanaan kegiatan simulasi berlangsung melalui media publikasi.
·          Informasi mengenai Hari Kesiapsiagaan Bencana 2019 dapat diakses melalui laman: https://siaga.bnpb.go.id.


Link download Surat Edaran tentang Pelaksanaan Simulasi Evakuasi Bencana Serentak di Sekolah ----DISINI---

Demikian informasi tentang Surat Edaran Nomor: 4411/D/HM/2019 Tentang Pelaksanaan Simulasi Evakuasi Bencana Serentak di Sekolah tahun 2019. Atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.


Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SURAT EDARAN PELAKSANAAN SIMULASI EVAKUASI BENCANA SERENTAK DI SEKOLAH TAHUN 2019"

Post a Comment