KISI-KISI UTN (UKG) DAN MATERI PLPG 2018

Loading...
Dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional yakni mencerdaskan kehidupan  bangsa  dan  mengembangkan  manusia  seutuhnya,  maka sangat dibutuhkan peran serta pendidik yang profesional. Hal ini sejalan dengan  Undang-undang  Republik  Indonesia  Nomor  20  Tahun  2003 tentang  Sistem  Pendidikan  Nasional,  bahwa  jabatan  guru  sebagai pendidik  merupakan  jabatan  profesional. Undang-Undang  Nomor  14 Tahun 2005  tentang  Guru  dan  Dosen  mengamanatkan  bahwa  guru adalah  pendidik  profesional  dengan  tugas  utama  mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar,  dan  pendidikan  menengah.  Guru  harus  memiliki  kualifikasi akademik minimum sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV), menguasai kompetensi  (pedagogik,  profesional,  sosial  dan  kepribadian),  memiliki sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk  mewujudkan  tujuan  pendidikan  nasional.  Untuk  itu, profesionalisme  guru  dituntut  terus  berkembang  sesuai  dengan perkembangan zaman, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kebutuhan masyarakat.


Undang-Undang  Nomor  14  Tahun  2005  tentang  Guru  dan  Dosen mendefinisikan  bahwa  profesional  adalah  pekerjaan  atau  kegiatan  yang dilakukan  oleh  seseorang  dan  menjadi  sumber  penghasilan  kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar  mutu  atau  norma  tertentu  serta  memerlukan  pendidikan profesi.  Sebagai  tenaga  profesional,  guru  dituntut  untuk  selalu mengembangkan  diri  sejalan  dengan  kemajuan  ilmu  pengetahuan, teknologi, dan seni.

Kondisi dan situasi yang ada menjadi sebab masing-masing guru memiliki perbedaan  dalam  penguasaan  kompetensi  yang  disyaratkan.  Oleh karena itu, ada dua skema yang akan dilakukan Kementerian Pendidikan dan  Kebudayaan  untuk  mengukur  profesionalisme  guru,  secara akademis  dan  non-akademis. 

Pengukuran  akademis  dilakukan secara rutin  setiap  tahun  yaitu  dengan  menyelenggarakan UKG,  dan pengukuran non-akademis dengan melakukan penilaian terhadap kinerja guru.  UKG secara  rutin telah  dilakukan sejak  tahun  2012  bagi  guru  yang  akan mengikuti  sertifikasi  guru atau PLPG. Tujuannya  untuk mengetahui level kompetensi individu guru dan peta penguasaan guru pada  kompetensi  pedagogik  dan  kompetensi  profesional.  Pelaksanaan UKG  (yang kemudian disamakan dengan UTN)  difokuskan  pada  identifikasi  kelemahan  guru  dalam  penguasaan kompetensi pedagogik dan profesional.

Lalu seperti apa kisi-kisi UTN 2017, Kisi-kisi UKG 2017, dan Kisi-kisi Materi PLPG 2017? Ternyata Kisi-kisi UTN UKG dan Kisi-kisi Materi PLPG 2017 sama. Artinya materi PLPG disesuaikan dengan Kisi-kisi UTN UKG 2017

Bapak/Ibu guru peserta PLPG atau yang akan mengikuti UKG / UTN Ulang Kisi-kisi UTN UKG dan Kisi-kisi Materi PLPG 2017 sudah dirilis dalam laman resmi kemdiknas.swin.net.id atau langsung ke laman kemdiknas.swin.net.id/pub/index.php?pg=kisikisi Untuk memperolehnya Bapak Ibu tinggal mata pelajaran dan kemudian pilih Unduh/Donwload jika sudah muncul tombol Unduh.

Bagaimana caranya Download Kisi-kisi UTN UKG 2017 dan Kisi-kisi Materi PLPG 2017 ? Bapak ibu guru tinggal mengakses laman Sertifikasi Guru Tahun 2017. Kemudian Pilih materi, seperti gambar berikut:



Kisi-kisi UTN UKG 2017


Berikut Contoh pilihan mapel pada Kisi-kisi UTN UKG dan Kisi-kisi Materi PLPG 2017

Kisi-kisi Materi PLPG 2017

Setelah memilih Mapel bapak ibu kemudian  dapat memilih Unduh untuk mengunduh atau Download Kisi-kisi UTN UKG dan Kisi-kisi Materi PLPG 2017  atau Baca untuk membaca Kisi-kisi UTN UKG dan Kisi-kisi Materi PLPG 2017 . 

Kisi-kisi UTN UKG dan Kisi-kisi Materi PLPG 2017

Mau Coba Download / Unduh Kisi-kisi UTN UKG dan Kisi-kisi Materi PLPG 2017 silahkan DISINI

Anda Juga Bisa mendownload melalui Link Download Kisi-kisi UTN UKG dan Kisi-kisi Materi PLPG 2017 melalui  Kisi-kisi UTN UKG dan Kisi-kisi Materi PLPG 2017 ada di bawah ini Daftar ini sama dengan yang terdapat pada laman kemdiknas.swin.net.id.



Mau Download Kisi-kisi UTN UKG 2018 dan Kisi-kisi Materi PLPG 2018 silahkan Disini

Demikian informasi Kisi-kisi UTN UKG 2018 dan Kisi-kisi Materi PLPG 2018

==========================================


Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KISI-KISI UTN (UKG) DAN MATERI PLPG 2018"

Post a Comment