SELEKSI PENERIMAAN CPNS 2018 DIPRIORITASKAN GURU, TENAGA KESEHATAN DAN JABATAN TEKNIS

Loading...
SELEKSI PENERIMAAN CPNS 2018 DIPRIORITASKAN GURU 
DAN TENAGA KESEHATAN
Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) sedang menyiapkan diri untuk membuka kembali penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018. Pembukaan CPNS ini kemungkinan akan dilakukan karena masih banyak Kementerian dan Lembaga pemerintah baik di pusat maupun di daerah yang membutuhkan PNS baru. Terkait tanggal pendaftaran CPNS tahun 2018 sampai saat ini belum dapat dipastikan karena baru pada bulan Februari 2018, kemepan akan mengadakan Verifikasi yang akan dilanjutkan dengan rapat koordinasi dengan berbagai instansi.

Asman menjelaskan, hingga saat ini pihaknya masih melakukan penghitungan kebutuhan di masing-masing Kementerian dan Lembaga serta pemerintah daerah jika memang memerlukan. Jika sudah selesai perhitungannya secara pasti baru akan diumumkan kepada publik. "Nanti kalau sudah selesai (hitungannya) akan kita umumkan," ujar Asman. di Istana Negara, Rabu (3/1).

=====================================




=====================================
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) mengusulkan 250 ribu kuota Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di pusat dan daerah pada tahun 2018 mendatang. Jumlah tersebut, akan diprioritaskan untuk profesi tenaga kependidikan dan tenaga kesehatan. Tetapi kepastian jumlah formasi yang dibutuhkan masih menunggu kajian kementerian keuangan dan Kemenpan RB.Dibukanya kembali penerimaan CPNS ini untuk menutup formasi yang ditinggal PNS yang pensiun di tahun yang sama.

Setelah usulan itu Kementerian PANRB akan melakukan verifikasi disesuaikan dengan rencana strategis di setiap daerah. Verifikasi ini, Setiawan melanjutkan, akan diproses di Kementerian PANRB pada bulan Februari dan Maret. Baru setelah itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan berbagai instansi untuk kapan bisa mulai membuka rekrutmen CPNS 2018. Dipastikan dari 250 ribu posisi yang diusulkan pada 2018, sebanyak 38 ribu akan dibuka untuk pemerintah pusat.

Seleksi Penerimaan CPNS 2018 Diprioritaskan Guru Dan Tenaga Kesehatan,  hal ini berdasarkan pernyataan Setiawan, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur KemenPAN-RB. "Prioritasnya masih guru dan tenaga kesehatan. Untuk komposisi, lebih banyak untuk daerah (pemda). Sebanyak 215.000 untuk pemda, dan sisanya ditempatkan di pusat," katanya. Selain jabatan guru dan tenaga kesehatan seleksi penerimaan CPNS tahun 2018 juga akan Lebih banyak untuk jabatan teknis yang memiliki kemampuan khusus. "Kalau untuk pejabat administrasi sekarang ini sudah cukup," kata Setiawan di Bogor, seperti dilansir dari Tribunnews.com.

Adapun yang menjadi dasar seleksi CPNS tahun 2018, akan lebih difokuskan pada Guru dan Tenaga Kesehatan (tenaga fungsional) serta jabatan teknis. Sebab, berdasarkan data kementerian, untuk jumlah ASN bidang administrasi terbanyak dengan presentasi 37,7 persen dari jumlah ASN di Indonesia, disusul tenaga pengajar (guru) 37,6 persen. Sementara ASN untuk jabatan teknis hanya 8,5 persen, disusul tenaga kesehatan sebanyak 6 persen.

Setiawan menerangkan, pada tahun 2018 pemerintah akan tetap melakukan seleksi CPNS dengan sistem zero growth, mengingat Kementerian PAN-RB belum mencabut moratorium. Karenanya, ASN akan disesuaikan dengan jumlah pegawai yang memasuki masa pensiun di tahun 2018.







Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SELEKSI PENERIMAAN CPNS 2018 DIPRIORITASKAN GURU, TENAGA KESEHATAN DAN JABATAN TEKNIS"

Post a Comment