JADWAL DAN PERSYARATAN LOMBA INOBEL GURU SMA SMK TAHUN 2018

Loading...
LOMBA INOBEL GURU SMA SMK TAHUN 2018
Sebagai salah satu upaya pemerintah dalam merealisasikan UndangUndang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 41 ayat (3) untuk memfasilitasi satuan pendidikan dengan pendidik dan tenaga kependidikan yang diperlukan untuk menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutu. Pendidikan yang bermutu adalah pendidikan yang berfungsi untuk menyiapkan peserta didik agar dapat menghadapi tantangan perubahan dalam kehidupan lokal, nasional, dan global melalui pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan. Untuk menstimuli guru dalam mengembangkan pembelajaran yang aktif, inovatif dan kreatif sesuai dengan perkembangan jaman, maka perlu pemerintah menyelenggarakan kegiatan yang sesuai dan mampu mendongkrak semangat berinovasi bagi guru.


Lomba Inovasi Pembelajaran dipandang menjadi sangat penting dan diperlukan karena hal ini akan memacu guru-guru untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi. Lomba Inovasi Pembelajaran diyakini dapat menggerakkan, menyemangati, dan mendorong guru untuk meningkatkan prestasi dan pada gilirannya berdampak pada kualitas proses dan hasil belajar siswa.

Berkenaan dengan hal itu, Direktorat Pembinaan Guru Dikmen, Ditjen GTK, Kemdikbud melaksanakan Lomba Inovasi Pembelajaran (Inobel) Guru Pendidikan Menengah / Guru SMA SMK tahun 2018. Penyelenggaraan lomba tersebut dimaksudkan untuk mendorong peningkatan profesionalisme guru sehingga dapat meningkatkan kinerja guru dalam pengelolaan pembelajaran, mewujudkan lulusan yang bermutu, produktif, kreatif, inovatif, dan memiliki daya saing global.


PERSYARATAN  LOMBA INOBEL GURU SMA SMK TAHUN 2018


Jadwal dan Persyaratan Lomba Inobel Guru SMA SMK Tahun 2018. Berbeda dengan tahun sebelunya Lomba  Inovasi  Pembelajaran  (Inobel)  Guru Pendidikan Menengah Tingkat Nasional Tahun 2018 atau Lomba  Inovasi  Pembelajaran  (Inobel)  Guru SMA SMK Tingkat Nasional Tahun 2018 terbagi ke dalam tiga level yaitu Pemula, Madya dan Utama.

Persyaratan mengikuti Lomba Inovasi Pembelajaran (Inobel) Guru SMA SMK Tahun 2018 atau Lomba Inovasi Pembelajaran (Inobel) Guru Pendidikan Menengah.

1. Lomba Inobel Pemula
a.  Lomba  Inobel  Pemula  ditujukan  bagi  peserta  yang  belum  pernah  sama  sekali atau belum pernah ikut sebagai finalis lomba Inobel yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan Guru Dikmen.  
b.  Pada lomba Inobel Pemula bisa menerapkan ilmu atau teori pembelajaran yang sudah ada. 
c.  Peserta  adalah Guru Jenjang  Pendidikan  Menengah    baik Negeri  maupun Swasta  yang  masih  aktif,  memiliki  NUPTK  dan  melampirkan  surat rekomendasi dari kepala sekolah.
d.  Peserta belum pernah mengikuti lomba Inobel Tingkat Nasional.
e.  Tidak  mengajukan  karya  inovasi  yang  sama  pada  kegiatan  sejenis  yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 
f.  Setiap peserta hanya diijinkan mengirim 1 (satu) naskah karya ilmiah inovatif.
g.  Proposal  penelitian  yang  dikirimkan  kepada  Panitia  belum  pernah  diikutkan dalam berbagai lomba tingkat nasional.
h.  Proposal  penelitian  yang  dikirim  bukan  merupakan  hasil  penelitian  skripsi, tesis, atau disertasi.
i.  Metode  penelitian  yang  digunakan  dapat  berupa  Penelitian  Tindakan  Kelas, Eksperimental,  atau  Penelitian  dan  Pengembangan  (R&D)  (lihat  ketentuan penulisan proposal).
j.  Proposal  penelitian  yang  dikirimkan  harus  memenuhi  sistematika  penulisan dan kelengkapan pendukung sesuai persyaratan yang telah ditentukan.
k.  Mengirimkan  proposal  secara  online  sesuai  dengan  jangka  waktu  yang  sudah ditentukan oleh Panitia.
l.  Karya  inovasi  harus  asli  (betul-betul  dibuat  sendiri  oleh  peserta  dan  bukan plagiat).
m.  Proposal  yang  dikirimkan  akan  dilakukan  pengecekan  kemiripan  dengan standar maksimal 40%.
n.  Jumlah  halaman  proposal  maksimum  20  (duapuluh)  halaman  tidak  termasuk daftar pustaka dan lampiran.

2.  Lomba Inobel Madya
a.  Lomba  Inobel  Madya  ditujukan  bagi  peserta  yang  pernah  ikut  menjadi  finalis pada  lomba  Inobel  yang  diselenggarakan  oleh  Direktorat  Pembinaan  Guru Dikmen dengan melampirkan fotocopy sertifikat.
b.  Pada lomba Inobel Madya mengembangkan ilmu atau teori pembelajaran yang sudah ada menjadi lebih baik.
c.  Peserta  adalah  Guru Jenjang  Pendidikan  Menengah  baik  Negeri  maupun Swasta  yang  masih  aktif,  memiliki  NUPTK  dan  melampirkan  surat rekomendasi dari kepala sekolah.
d.  Peserta  belum  pernah menjadi  juara 1,  2,  atau  3  Guru Jenjang  Pendidikan Menengah Berprestasi  Tingkat  Nasional,  Lomba  Inovasi  Pendidikan  Karakter Bangsa, Lomba Inovasi Pembelajaran, Lomba Olimpiade Guru Nasional, untuk tahun 2015, 2016, atau 2017.
e.  Tidak  mengajukan  karya  inovasi  yang  sama  pada  kegiatan  sejenis  yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 
f.  Setiap peserta hanya diijinkan mengirim 1 (satu) naskah karya ilmiah inovatif.
g.  Proposal  penelitian  yang  dikirimkan  kepada  Panitia  belum  pernah  diikutkan dalam berbagai lomba tingkat nasional.
h.  Proposal  penelitian  yang  dikirim  bukan  merupakan  hasil  penelitian  skripsi, tesis, atau disertasi.
i.  Metode  penelitian  yang  digunakan  dapat  berupa  Penelitian  Tindakan  Kelas, Eksperimental,  atau  Penelitian  dan  Pengembangan  (R&D)  (lihat ketentuan penulisan proposal).
j.  Proposal  penelitian  yang  dikirimkan  harus  memenuhi  sistematika  penulisan dan kelengkapan pendukung sesuai persyaratan yang telah ditentukan.
k.  Mengirimkan  proposal  secara  online  sesuai  dengan  jangka  waktu  yang  sudah ditentukan oleh Panitia.
l.  Karya  inovasi  harus  asli  (betul-betul  dibuat  sendiri  oleh  peserta  dan  bukan plagiat).
m.  Proposal  yang  dikirimkan  akan  dilakukan  pengecekan  kemiripan  dengan standar maksimal 40%.
n.  Jumlah  halaman  proposal  maksimum  20  (duapuluh)  halaman  tidak  termasuk daftar pustaka dan lampiran.
o.  Menulis  artikel  ilmiah  sesuai  dengan  mata  pelajaran  yang  diampu  (sesuai pedoman PKB 2016) dengan sistematika sebagai berikut:
1)  Pendahuluan yang  menguraikan  tentang  latar  belakang  masalah,  rumusan masalah, tujuan, dan manfaat.
2)  Kajian Teori yang menguraikan tentang teori-teori yang relevan
3)  Pembahasan  yang  mengemukakan  tentang  gagasan/  ide  penulis  dalam upaya memecahkan masalah yang berkaitan dengan bidang pendidikan dan pembelajaran  di  sekolah/madrasahnya.  Pembahasan  tersebut  didukung oleh teori dan data yang relevan
4)  Kesimpulan

3.  Lomba Inobel Utama
a.  Lomba Inobel Utama ditujukan bagi para Juara 1, 2 dan 3 dari berbagai macam lomba yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan Guru Dikmen dengan melampirkan fotocopy sertifikat juara. 
b.  Pada lomba  Inobel Utama lebih memfokuskan pada proses penciptaan model-model pembelajaran yang baru.
c.  Peserta  adalah  Guru Jenjang  Pendidikan  Menengah  baik  Negeri  maupun Swasta  yang  masih  aktif,  memiliki  NUPTK  dan  melampirkan  surat rekomendasi dari kepala sekolah.
d.  Tidak  mengajukan  karya  inovasi  yang  sama  pada  kegiatan  sejenis  yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 
e.  Setiap peserta hanya diijinkan mengirim 1 (satu) naskah karya ilmiah inovatif.
f.  Proposal  penelitian  yang  dikirimkan  kepada  Panitia  belum  pernah  diikutkan dalam berbagai lomba tingkat nasional.
g.  Proposal  penelitian  yang  dikirim  bukan  merupakan  hasil  penelitian  skripsi, tesis, atau disertasi.
h.  Metode  penelitian  yang  digunakan  dapat  berupa  Penelitian  Tindakan  Kelas, Eksperimental,  atau  Penelitian  dan  Pengembangan  (R&D)  (lihat  ketentuan penulisan proposal).
i.  Proposal  penelitian  yang  dikirimkan  harus  memenuhi  sistematika  penulisan dan kelengkapan pendukung sesuai persyaratan yang telah ditentukan.
j.  Mengirimkan  proposal  secara online  sesuai  dengan  jangka  waktu  yang  sudah ditentukan oleh Panitia.
k.  Karya  inovasi  harus  asli  (betul-betul  dibuat  sendiri  oleh  peserta  dan  bukan plagiat).
l.  Proposal  yang  dikirimkan  akan  dilakukan  pengecekan  kemiripan  dengan standar maksimal 40%.
m.  Jumlah  halaman  proposal  maksimum  20  (duapuluh)  halaman  tidak  termasuk daftar pustaka dan lampiran. 
n.  Menulis  artikel  ilmiah  sesuai  dengan  mata  pelajaran  yang  diampu  (sesuai pedoman PKB 2016) dengan sistematika sebagai berikut:
1)  Pendahuluan yang  menguraikan  tentang  latar  belakang  masalah,  rumusan masalah, tujuan, dan manfaat.
2)  Kajian Teori yang menguraikan tentang teori-teori yang relevan
3)  Pembahasan  yang  mengemukakan  tentang  gagasan/  ide  penulis  dalam upaya memecahkan masalah yang berkaitan dengan bidang pendidikan dan pembelajaran  di  sekolah/madrasahnya.  Pembahasan  tersebut  didukung oleh teori dan data yang relevan
4)  Kesimpulan  

C.  Proses Pelaksanaan
1.  Lomba Inobel Pemula
a.  Peserta  yang  proposal  penelitiannya  terpilih  akan diundang  untuk  mengikuti bimbingan teknis (bimtek).
b.  Setiap  peserta  bimtek  harus  menyempurnakan  proposal  penelitian,  dan  melaksanakan  kegiatan  penelitian  inovasi  pembelajaran sesuai  dengan  waktu yang telah ditentukan.
c.  Mengirimkan  laporan  hasil  penelitian  dikirimkan secara  online sesuai  tenggat waktu yang telah ditentukan.
d.  Hasil  penelitian  dapat  berupa  produk  baru  dan  cara  mengajarkannya,  media pembelajaran,  model,  strategi  dan  metode  pembelajaran,  model/buku  ajar  inovatif, sistem evaluasi dan lain-lain yang sejenis.

2.  Lomba Inobel Madya
a.  Peserta  yang  proposal  penelitiannya  terpilih  akan  diundang  untuk  mengikuti  lomba.
b.  Mengirimkan  laporan  hasil  penelitian dan artikel  ilmiah  dikirimkan  secara online sesuai tenggat waktu yang telah ditentukan.
c.  Hasil  penelitian  dapat  berupa  produk  baru  dan  cara  mengajarkannya,  media pembelajaran,  model,  strategi  dan  metode  pembelajaran,  model/buku  ajar inovatif, sistem evaluasi dan lain-lain yang sejenis.

3.  Lomba Inobel Utama
a.  Peserta  yang  proposal  penelitiannya  terpilih  akan  diundang  untuk  mengikuti lomba.
b.  Mengirimkan  laporan  hasil  penelitian dan artikel  ilmiah dikirim secara  online sesuai tenggat waktu yang telah ditentukan.
c.  Hasil  penelitian  dapat  berupa  produk  baru  dan  cara  mengajarkannya,  media pembelajaran,  model,  strategi  dan  metode  pembelajaran,  model/buku  ajar inovatif, sistem evaluasi dan lain-lain yang sejenis.

Berikut ini Jadwal Lomba  Inovasi  Pembelajaran  (Inobel)  Guru SMA SMK Tingkat Nasional Tahun 2018

JADWAL DAN PERSYARATAN LOMBA INOBEL GURU SMA SMK TAHUN 2018



Demikian informasi tentang Jadwal Pedoman dan Persyaratan mengikuti Lomba Inovasi Pembelajaran (Inobel) Guru Pendidikan Menengah atau Jadwal Pedoman dan Persyaratan Lomba Inovasi Pembelajaran (Inobel) Guru SMA SMK Tahun 2018. Semoga bermanfaat. Terima kasih


=====================================



Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "JADWAL DAN PERSYARATAN LOMBA INOBEL GURU SMA SMK TAHUN 2018"

Post a Comment