LINK DOWLOAD DAN PANDUAN INSTALASI DAPODIK SMA-SMK VERSI 8.3.0

Loading...
 Aplikasi Dapodik SMA-SMK 8.3.0 
Berdasarkan  surat Dirjen DIKDASMEN Kemdikbud Nomor 314/D/TI/2016 tertanggal 15 Januari 2015 disampaikan bahwa dalam rangka meningkatkan layanan data dan informasi, berkaitan dengan penjaringan Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah (DAPODIKDASMEN) semester II tahun pelajaran 2015/2016 untuk jenjang SMA dan SMK menggunakan dapodik atau dapodikmen versi 8.3.0 atau Aplikasi Dapodik SMA-SMK 8.3.0  yang dapat diakses di web dapo.dikmen.kemdikbud.go.id. 


Dapodikmen 8.3.0

Mulai tahun 2016 Keakuratan Data Peserta Didik dan Data Pendidik dan Tenega Kependidikan (PTK)  dalam aplikasi aplikasi Dapodik atau Dapodikmen versi 8.3.0 atau 830 atau  Aplikasi Dapodik SMA-SMK 8.3.0 sangat penting karena akan dijadikan dasar dalam pengambilan Data untuk penyaluran Bantuan BOS dan Penyauran atau Pencaiaran Tunjangan Profesi Guru.
Sebagaimana diketahui Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) telah mengeluarkan Surat Edaran Tentang Penggunaan Dapodik Untuk Pencairan Tunjangan Sertifikasi guru atau Tunjangan Profesi Guru ( TPG ) SMA/SMK. Berdasarkan Surat Edaran tersebut bernomor : 14351/ B4 /PTK / 2015 tertanggal 21 Desember 2015 disampikan bahwa mulai tahun 2016 Pencairan atau penyaluran Tunjangan Profesi Guru didasarkan Data Dapodik atau Dapodikdasmen


Tim Pengembang Dapodik Pusat telah menyelesaikan Upgrade Database Dapodik dari 2.4.3 menjadi 2.4.7b dan Aplikasi Dapodik SMA-SMK versi 8.2.3. Aplikasi Dapodik SMA-SMK versi 8.3.0 atau Dapodikmen 8.3.0 merupakan suatu langkah teknis dalam rangka penyatuan Aplikasi Dapodikdas dan Dapodikmen berupa penyesuaian pada struktur database, penambahan beberapa fitur dan atribut data baru serta penyempurnaan referensi-referensi. Kami berharap dengan adanya perubahan tersebut mampu untuk meningkatkan kualitas layanan pendataan yang lebih baik, mengingat bahwa data dapodik digunakan pada kegiatan transaksional di lingkungan Kemdikbud seperti Aneka Tunjangan, Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Program Indonesia Pintar (PIP) dan Bantuan Sarana dan Prasarana.

Beberapa hal yang telah dilakukan oleh tim Dapodik dalam rangka penyatuan aplikasi pendataan pada Dikdas dan Dikmen adalah sebagai berikut:
Penyamaan versi database
Penyamaan tampilan front end/antarmuka aplikasi.
Mengubah nama  aplikasi menjadi Aplikasi Dapodik SMA-SMK (untuk Dikdas menjadi Aplikasi Dapodik SD-SMP-SLB).

Langkah-langkah yang harus diperhatikan oleh operator Dapodik SMA-SMK terkait teknis update Aplikasi Dapodik SMA-SMK 8.3.0 adalah sebagai berikut:

A.      Cara Instalasi Dapodikmen 8.3.0 atau Aplikasi Dapodik SMA-SMK 8.3.0 Bagi sekolah baru, maka tahapan instalasinya adalah sebagai berikut :
  • Download Installer Aplikasi Dapodik SMA-SMK versi 8.3.0 pada laman: http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/portal/web/laman/download
  • Lakukan proses Instalasi Dapodik SMA-SMK versi 8.3.0
  • Generate dan download prefill baru menggunakan Kode Registrasi di alamat : http://sync.dikmen.kemdikbud.go.id/prefill_dapodik/generate_prefill.php
  • Masukkan file prefill yang telah di download ke dalam folder C:\prefill_dapodik
  • Lakukan registrasi pada aplikasi Dapodik SMA-SMK versi 8.3.0
  • Setelah registrasi dan login, lakukan validasi di lanjutkan sinkronisasi ONLINE. Hal ini bertujuan meng-update referensi-referensi baru. 
B.      Cara Instalasi Dapodikmen 8.3.0 atau Aplikasi Dapodik SMA-SMK 8.3.0 Bagi sekolah yang menggunakan Aplikasi Dapodikmen versi 8.2.3 tahapan instalasinya sebagai berikut :
  • Lakukan Sinkronisasi Online. Hal ini bertujuan untuk mengirim data-data terakhir setelah melakukan perubahan/edit data
  • Uninstall/Remove/Hapus Aplikasi Dapodikmen 8.2.3, dapat menggunakan fasilitas menu add/remove pada Control Panel.
  • Hapus folder "Dapodik SMA-SMK"  yang ada di C:\Program Files
  • Lakukan restart pada komputer/laptop.
  • Download Installer Aplikasi Dapodik SMA-SMK versi 8.3.0 pada laman: http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/portal/web/laman/download
  • Lakukan proses Instalasi Dapodik SMA-SMK versi 8.3.0
  • Lakukan restart kembali pada komputer/laptop
  • Generate dan download prefill baru menggunakan Kode Registrasi di alamat : http://sync.dikmen.kemdikbud.go.id/prefill_dapodik/generate_prefill.php
  • Masukkan file prefill yang telah di download ke dalam folder C:\prefill_dapodik
  • Lakukan registrasi pada aplikasi Dapodik SMA-SMK versi 8.3.0 dengan menggunakan user account yang sama dengan yang telah diregistrasi pada Aplikasi Dapodikmen versi 8.2.3, untuk proses registrasi yang lebih cepat anda dapat menonaktifkan koneksi internet terlebih dahulu. 
  • Setelah registrasi dan login berhasil, lakukan validasi di lanjutkan sinkronisasi ONLINE. Hal ini bertujuan meng-update referensi-referensi baru.
Dengan  dirilisnya Aplikasi Dapodik SMA-SMK 8.3.0 maka Operator Sekolah segera dapat melanjutkan dan menuntaskan proses update data untuk Semester Genap pada Tahun Ajaran 2015/2016, termasuk melengkapi data PTK Dikmen  mengingat Surat Edaran dari Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor : 1234B/PR/2016 Tanggal 11 Januari 2016 Perihal Surat Edaran Tentang Penyaluran Tunjangan Tahun Anggaran 2016.

Berikut Link Dowmload Aplikasi Dapodik SMA-SMK 8.3.0




Terima kasih mudah-mudahan bermanfaat.




Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "LINK DOWLOAD DAN PANDUAN INSTALASI DAPODIK SMA-SMK VERSI 8.3.0"

Post a Comment