National Young Inventors Awards NYIA 11 (LIPI) Tahun 2018

Loading...
Lomba National Young Inventors Awards NYIA 11 (LIPI) Tahun 2018

National Young Inventors Awards NYIA 11 (LIPI) Tahun 2018. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia kembali menyelenggarakan Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) Ke-50 dan National Young Inventors Award (NYIA) Ke-11 tahun 2018. Panitia mengundang Anda, Remaja Indonesia, Pelajar SD-SMP-SMA/sederajat untuk ikut serta dalam kedua ajang tersebut. Panitia merekomendasikan Anda untuk mengunduh Buku Pedoman Kompetisi LIPI 2018 dengan klik link berikut atau dapat klik di bawah cover buku di samping. Selanjutnya, Peserta dapat mendaftar melalui website berikut: http://registrasi.infokompetisi.lipi.go.id/


Kategori NYIA
1. Manajemen Bencana
Invensi yang tergolong dalam kategori ini adalah Invensi yang berguna untuk mendeteksi dan/atau mencegah terjadinya bencana alam, juga berguna dalam penanganan pasca bencana. (Teknologi, produk, sistem dll)

2. Edukasi dan Rekreasi
Invensi yang tergolong dalam kategori ini adalah Invensi yang dapat digunakan dalam pengajaran ataupun dunia pendidikan, ataupun Invensi dengan tujuan edukasi dan rekreasi (media olahraga, hiburan dll)

3. Pangan dan Pertanian
Invensi yang termasuk kategori ini adalah Invensi yang meningkatkan kualitas dunia pangan, memberikan solusi atas permasalahan – permasalahan pertanian dan dunia pangan yang dihadapi saat ini. Invensi yang dapat dilombakan dalam kategori ini hanya system/teknologi peningkatan kualitas produk pangan. Variasi produk pangan baru  (seperti variasi makanan, dst) tidak dapat dilombakan dalam NYIA. Invensi dalam NYIA juga dilarang menggunakan makhluk hidup baik dalam eksperimen maupun penggunaannya.

4. Teknologi Ramah Lingkungan
Invensi yang termasuk dalam kategori ini adalah Invensi yang mendorong pelestarian alam, upaya pengurangan polusi, peningkatan efisiensi energy dan teknologi lain yang ramah lingkungan

5. Keamanan, Keselamatan dan Kesehatan
Invensi yang termasuk dalam kategori ini adalah invensi yang mendorong peningkatan kualitas keamanan dan keselamatan, juga Invensi yang berkontribusi positif dalam dunia medis (berupa alat, system maupun praktik medis)

6. Teknologi bagi penyandang disabilitas dan kebutuhan khusus
Invensi yang termasuk dalam kategori ini adalah inovasi yang membantu kalangan disabilitas, usia lanjut, ibu hamil dan anak-anak.

7. Teknologi Informasi dan Komputasi
Invensi yang termasuk dalam kategorii ini adalah inovasi yang menggunakan program – program komputer sebagai basisnya, seperti perangkat Mikrokontroler, Alat – alat yang menggunakan prinsip IoT atau alat bantu lain yang dapat dikategorikan dalam komputasi.

Kriteria Peserta NYIA
Adapun Kriteria Peserta NYIA adalah sebagai berikut
·          Usia 8-18 tahun dan/atau setingkat SD, SMP, SMK dan SMA sederajat
·          Perorangan atau kelompok maksimal 2 (dua) orang.
·          Belum pernah menjadi pemenang NYIA atau lomba invensi sejenis tingkat nasional lainnya dalam kurun waktu 2 (dua) tahun
·          Uraian desain alat peraga dikirimkan secara elektronik melalui halaman registrasi NYIA di www.registrasi.infokompetisi.lipi.go.id
·          Uraian desain alat peraga harus mengikuti template berisi latar belakang pemikiran pembuatan desain dilengkapi foto dengan konsep tertulis dan informasi spesifikasi teknis tentang bahan yang dipakai, ukuran, cara pemakaian, dan fungsi alat yang dapat diunduh di bawah ini
·          Uraian desain alat peraga diterima panitia selambat-lambatnya tanggal 22 Mei 2018 Pukul 23.59 WIB
·          Karya belum pernah diikutsertakan dalam lomba yang sejenis tingkat nasional lainnya. Panitia akan melakukan diskualifikasi jika terbukti karya telah dilombakan pada kompetisi sejenis tingkat nasional lainnya.
·          Melampirkan riwayat hidup dalam satu lembar yang berisi: (format dapat diunduh di bawah ini)
1.      Nama lengkap,
2.      Tempat dan tanggal lahir,
3.      Alamat,
4.      Sekolah/instansi,
5.      Nomor telepon/HP, dan email serta diketahui oleh orangtua atau wali.
·          Finalis akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti pameran pada tanggal 1 – 4 November 2018
·          Bagi finalis kelompok, panitia menanggung akomodasi dan transportasi Peneliti Utama (berada di urutan pertama).
·          Pengumuman finalis dapat dilihat melalui situs lipi.go.id pada tanggal 5 September 2018
·          Panitia berhak menyebarluaskan/mensosialisasikan alat peraga yang diperlombakan melalui berbagai media.
·          Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat.
·          Panitia akan membatalkan status keikutsertaan peserta jika terbukti melanggar kriteria di atas.


Template


Info selengkapnya dan laman pendaftaran online kunjungi laman : http://infokompetisi.lipi.go.id/

====================================







Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "National Young Inventors Awards NYIA 11 (LIPI) Tahun 2018"

Post a Comment