KERANGKA DASAR DAN STRUKTUR KURIKULUM 2013 PAUD (PENDIDIKAN ANAK USIA DINI) TERBARU

Loading...
 yang berisi rencana dan implementasi sebuah program untuk mengembangkan semua aspek perke KERANGKA DASAR DAN STRUKTUR KURIKULUM 2013 PAUD (PENDIDIKAN ANAK USIA DINI) TERBARU

Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Kurikulum sebagai kerangka kerja (framework) yang berisi rencana dan implementasi sebuah program untuk mengembangkan semua aspek perkembangan anak dalam menyiapkan anak mencapai keberhasilan di sekolah dan tahap selanjutnya. Kurikulum memberikan pengalaman belajar yang bermakna, menarik, dan berkualitas tinggi.

Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dikembangkan atas dasar pengkajian landasan filosofis, sosiologis, teoritis, psikologis-pedagogis, dan yuridis yang jelas dan telah teruji secara empiris. Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) bertujuan untuk mendorong per kem-bangan peserta didik secara optimal melalui pengalaman belajar yang bermakna dan menyenangkan sehingga anak mencapai kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang mendukung keberhasilan di sekolah dan pendidikan pada tahap selanjutnya.

Memahami Kerangka Dasar dan Struktur K13 PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) bagi pendidik merupakan hal utama karena Struktur K-13 PAUD merupakan titik awal dalam mengembangkan bagian-bagian kurikulum lainnya, seperti KTSP, Program Tahunan, Program Semester dan lainnya.

Struktur Kurikulum 2013 PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) merupakan pengorganisasian muatan kurikulum, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan lama belajar. Adapun Muatan kurikulum 2013 PAUD berisi program-program pengembangan, yang terdiri atas: (1) program pengembangan nilai agama dan moral, (2) program pengembangan fisik motorik, (3) program pengembangan kognitif, (4) program pengembangan bahasa, (5) program pengembangan sosial-emosional, dan (6) program pengembangan seni. Sedangkan Kompetensi Inti PAUD merupakan gam baran pencapaian Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak pada akhir layanan PAUD di usia 6 (enam) tahun. Kompetensi Inti yang disingkat menjadi KI. Secara terstruktur kompetensi inti dimaksud mencakup:
1.  Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual.
2.  Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial.
3.  Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan.
4.  Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan

Adapun Kompetensi Inti pada jenjang PAUD adalah sebagai berikut:

  • KI-1  Menerima ajaran agama yang dianutnya
  • KI-2  Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu bekerja sama, mampu menyesuaikan diri, jujur, dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik dan/atau pengasuh, dan teman
  • KI-3  Mengenali diri, keluarga, teman, guru dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUD dengan cara: mengamati dengan indra (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan informasi; mengolah informasi/mengasosiasikan,dan mengomunikasikan melalui kegiatan bermain
  • KI-4  Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan,dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia

Selengkapnya terkait Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), silahkan download melalui link di bawah ini

Link download Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) -----disini------

Dermikian informasi tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) terbaru. Semoga bermanfaat, terima kasih.
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KERANGKA DASAR DAN STRUKTUR KURIKULUM 2013 PAUD (PENDIDIKAN ANAK USIA DINI) TERBARU"

Post a Comment