CARA SINKRON EMIS MADRASAH KE SISPENA AGAR TIDAK MENGALAMI MASALAH (DATA KOSONG)

Loading...
Sistem Akreditasi Tahun 2019 ini dilaksanakan dengan sistem online dan terintegrasi dengan Dapodik dan Emis Madrasah. Sejak Tahun 2018 yang lalu, Sistem Sispena terintegrasi dengan Dapodik dan Emis Madrasah, dengan kata lain operator Dapodik dan Operator Emis Madrasah harus menyelesaikan update data Madrasah di akun Emis Madrasah masing-masing untuk dapat melengkapi data madrasah di Sispena.

Dari fitur aplikasi Sispena, data Sispena yang dibutuh atau diambil dari Dapodik dan Emis adalah data Siswa, Mata Pelajaran, Guru Tenaga Pendidik, Sarana, dan Prasarana Madrasah. Umumnya pengambilan data dari dapodik tidak banyak mengalami kendala, namun untuk pengambilan data melalui Emis sering kendala. Hal ini sebenarnya disebabkan karena pengisian data pada aplikasi Emis belum lengkap.

Bagaimana Cara Sinkron Data Emis Madrasah dan Dapodik dengan Sispena 2019?
Pertama login ke halaman SISPENA atau melalui Laman https://bansm.kemdikbud.go.id/sispena menggunakan Username dan Passwaord yang Anda miliki. Default Usernama dan Password adalah NPSN Sekolah / Madrasah.


 ini dilaksanakan dengan sistem online dan terintegrasi dengan Dapodik dan Emis Madrasah CARA SINKRON EMIS MADRASAH KE SISPENA AGAR TIDAK MENGALAMI MASALAH (DATA KOSONG)

Kedua, Jika berhasil login akan masuk ke laman identitas sekolah/madarasah yang sebagian besar telah terisi dari data dapodik/EMIS. Apabila belum lengkap, lengkapi data terlebih dahulu kemudian save.

Ketiga, Selanjutnya sekolah mengklik Menu Data Isian Akreditasi atau DIA yang ada disamping kiri untuk memulai proses penginputan isian akreditasi. Ingat, jangan dulu isi DIA. Lakukan Sinkornisasi terlebih dahulu antara data EMIS Madrasah / Dapodik dengan Sispena. Cara melakukan Sinkornisasi data antara EMIS Madrasah dengan Sispena adalah dengan mengklik Pemutakhiran  data kemudian klik Sinkornisasi. Klik menu siswa, mata pelajaran, guru tenaga kependidikan, sarana dan prasarana. Lakukan satu persatu sampai kolom yang diharapkan dapat terisi.


 ini dilaksanakan dengan sistem online dan terintegrasi dengan Dapodik dan Emis Madrasah CARA SINKRON EMIS MADRASAH KE SISPENA AGAR TIDAK MENGALAMI MASALAH (DATA KOSONG)

Bagaimana mengatasai gagal sinkron antara data Emis dengan dengan Sispena. Berikut ini penjelasan Cara mengatasi Gagal Sinkron antara Emis Madrasah dengan Sispena Tahun 2019. Gagal sinkron antara emis dengan Sispena pada umumnya disebabkan data isian pada tabel aplikasi EMIS Madrasah belum diisi dengan lengkap. Oleh karena itu, Untuk dapat menarik data dari Emis Madrasah ke Sispena, maka operator Madrasah harus mengisi dan melengkapi data pada Emis Madrasah di tiap sub menu yang dibutuhkan oleh Sispena.

1. Sinkron Item Siswa
Data Siswa di Sispena Kosong disebabkan pengisian data di Emis belum lengkap. Agar data siswa di Sispena Muncul maka data Emis yang harus diisi adalah Menu Data Rombongan Belajar, dengan cara klik menu Kelembagaan > Siswa > Data Rombongan Belajar.

2. Sinkron Item Mata Pelajaran
Data Mata Pelajaran di Sispena Kosong disebabkan pengisian data di Emis belum lengkap atau belum diisi. Untuk menarik data Mata Pelajaran, item Emis Madrasah yang harus dilengkapi adalah Menu Daftar Mapel yang di selenggarakan. untuk mengisinya masuk ke menu Kelembagaan > Kegiatan Belajar Mengajar > Daftar Mapel yang di selenggarakan.

3. Sinkron Item Guru Tenaga Pendidik
Data Guru atau PTK di Sispena Kosong disebabkan pengisian data di Emis belum lengkap atau belum diisi. Agar data Guru Tenaga Pendidik muncul di Sispena maka data Emis yang harus diisi adalah Menu PTK Profil, dengan cara klik menu PTK Profil > Kemudian aktifkan tiap guru di Tahun Pelajaran berjalan serta lengkapi seluruh isian data guru terutama terkait Mata Pelajan yang di ampu, info sertifikasi, Inpassing, Riwayat Mengajar dan Riwayat Pendidikan.

4. Sinkron Item Sarana
Data Sarana di Sispena Kosong disebabkan pengisian data di Emis belum lengkap atau belum diisi. Untuk menarik data Sarana, menu Emis Madrasah yang harus dilengkapi adalah Menu Rincian Data Ruang, untuk mengisinya masuk ke menu Kelembagaan > Sarana Prasarana > Rincian Data Ruang > Klik Data Detail Barang. 

5. Sinkron Item Prasarana
Data Prasana di Sispena Kosong disebabkan pengisian data di Emis belum lengkap atau belum diisi. Agar data Emis Madrasah Sinkron dengan Sispena pada item Prasarana yang harus diisi adalah Menu Rincian Data Ruang. untuk mengisinya masuk ke menu Kelembagaan > Sarana Prasarana > Rincian Data Ruang.

Demikian informasi tentang Cara Sinkron Emis Madrasah Ke Sispena Agar Tidak Mengalami Masalah. Semoga ada manfaatnya, terima kasih. Cara Singkron Emis Madrasah Ke Sispena Agar Tidak Mengalami Masalah (Data Kosong)


Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA SINKRON EMIS MADRASAH KE SISPENA AGAR TIDAK MENGALAMI MASALAH (DATA KOSONG)"

Post a Comment