UU NOMOR 38 TAHUN 2014 TENTANG KEPERAWATAN

Loading...
 untuk memajukan kesejahteraan umumsebagai salah satu tujuan nasional sebagaimana tercantu UU NOMOR 38 TAHUN 2014 TENTANG KEPERAWATAN

Undang-Undang – UU Nomor 38 Tahun 2014 Tentang Keperawatan. Undang-Undang – UU Nomor 38 Tahun 2014, diterbitkan dengan pertimbangan bahwa 1) untuk memajukan kesejahteraan umumsebagai salah satu tujuan nasional sebagaimana tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 perlu diselenggarakan pembangunan kesehatan; 2) penyelenggaraan pembangunan kesehatan diwujudkan melalui penyelenggaraan pelayanan kesehatan, termasuk pelayanan keperawatan; 3) penyelenggaraan pelayanan keperawatan harus dilakukan secara bertanggung jawab, akuntabel, bermutu, aman, dan terjangkau oleh perawat yang memiliki kompetensi, kewenangan, etik, dan moral tinggi; 4) mengenai keperawatan perlu diatur secara komprehensif dalam Peraturan Perundang-undangan guna memberikan pelindungan dan kepastian hukum kepada perawat dan masyarakat.


Adapun yang dimaksud keperawatan menurut Undang-Undang – UU Nomor 38 Tahun 2014, dinyatakan bahwa Keperawatan adalah kegiatan pemberian asuhan kepada individu, keluarga, kelompok, atau masyarakat, baik dalam keadaan sakit maupun sehat. Istilah Perawat diartikan seseorang yang telah lulus pendidikan tinggi Keperawatan, baik di dalam maupun di Iuar negeri yang diakui oleh Pemerintah sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-undangan. Yang dimakus Pelayanan Keperawatan adalah suatu bentuk pelayanan profesional yang merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan yang didasarkan pada ilmu dan kiat Keperawatan ditujukan kepada individu, keluarga, kelompok, atau masyarakat, baik sehat maupun sakit. Sedangkan pengertian Praktik Keperawatan adalah pelayanan yang diselenggarakan oleh Perawat dalam bentuk Asuhan Keperawatan.

Berdasarkan pasal 2 Undang-Undang – UU Nomor 38 Tahun 2014, dinyatakan bahwa Praktik Keperawatan berasaskan perikemanusiaan;  nilai ilmiah;  etika dan profesionalitas;  manfaat;  keadilan;   pelindungan; dan g. kesehatan dan keselamatan Klien.

Pada Pasal 3 Undang-Undang – UU Nomor 38 Tahun 2014, dinyatakan bahwa Pengaturan Keperawatan bertujuan :
a. meningkatkan mutu Perawat;
b. meningkatkan mutu Pelayanan Keperawatan;
c. memberikan pelindungan dan kepastian hukum kepada Perawat dan Klien; dan
d. meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

 untuk memajukan kesejahteraan umumsebagai salah satu tujuan nasional sebagaimana tercantu UU NOMOR 38 TAHUN 2014 TENTANG KEPERAWATAN
Apa saja jenis perawat ? Mengacu pada  Pasal 4 Undang-Undang  Nomor 38 Tahun 2014, Jenis Perawat terdiri atas Perawat profesi dan Perawat vokasi. Yang dimaksud perawat profesi terdiri atas:  ners dan ners spesialis. Terkait Pendidikan Tinggi Keperawatan, ditegaskan dalam Pasal 5 UU Nomor 38 Tahun 2014 bahwa Pendidikan tinggi Keperawatan terdiri atas: pendidikan vokasi; pendidikan akademik; dan pendidikan profesi.


Selanjutnya dalam Pada bab IV Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2014, diatur tentang Registrasi, Izin Praktik, dan Registrasi Ulang . Pada bab ini antara lain diatur (sebagaimana tercantum pada Bagian Kedua Registrasi) pada Pasal 18, disebutkan antara lain :
·          Perawat yang menjalankan Praktik Keperawatan wajib memiliki STR.
·  STR sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diberikan oleh Konsil Keperawatan setelah memenuhi persyaratan.
·          Persyaratan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) meliputi:memiliki ijazah pendidikan tinggi Keperawatan;b.memiliki Sertifikat Kompetensi atau Sertifikat Profesi;c.memiliki surat keterangan sehat fisik dan mental;d. memiliki surat pernyataan telah mengucapkan sumpah/janji profesi; dane.membuatpernyataanmematuhidan melaksanakan ketentuan etika profesi.

Selain itu dalam UU Nomor 38 Tahun 2014 juga diatur tentang Izin Praktik keperawatan, hak dan kewajiban, organisasi profesi perawat (bab VII) kolegium keperawatan (bab VIII), konsil keperawatan (bab IX), pengembangan, pembinaan, dan pengawasan bab X sanksi administratif (bab XI) ketentuan peralihan (bab XII) serta ketentuan penutup (bab XIII).

Selengkapnya silahkan baca dan download Undang-Undang – UU Nomor 38 Tahun 2014 Tentang Keperawatan (PDF). Link download Undang-Undang– UU Nomor 38 Tahun 2014 (PDF)

Demikian informasi tentang Undang-Undang – UU Nomor 38 Tahun 2014. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.



Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "UU NOMOR 38 TAHUN 2014 TENTANG KEPERAWATAN"

Post a Comment