PANDUAN VERVAL SP / PD UNTUK MADRASAH

Loading...
 Untuk yang belum memahami teutama para Operator baru PANDUAN VERVAL SP / PD UNTUK MADRASAH

Para Operator EMIS, Sudahkan Anda tahu Tata Cara atau Panduan Verval SP / PD Untuk Madrasah. Tentu saja sudah, Untuk yang belum memahami teutama para Operator baru, berikut ini sedikit penjelasan tentang Juknis atau Panduan Verval SP / PD Untuk Madrasah.

Bagi yang akan melakukan Verval Satuan Pendidikan Untuk Madrasah dan Verval Peserta Didik (PD) untuk Madrasah, berikut ini Langkah - Langkah Verval SP / PD :
1.    Madrasah mendaftarkan Operator Pengelola Data pada Jaringan Pengelola Data Pendidikan. Pendaftaran melalui situs sdm.data.kemdikbud.go.id
Jika sebelumnya telah memiliki akun di Jaringan Pengelola Data Pendidikan, contohnya bagi RA/Madrasah yang sebelumnya pernah melakukan Pengelolaan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), berarti tidak perlu melakukan pendaftaran ulang.

Jika belum, silakan mendaftar dengan cara:
Buatlah Surat Tugas Operator Sekolah. Setelah ditandatangani Kepala Madrasah dan distempel Madrasah, silakan scan Surat Tugas tersebut, lalu simpan dalam format PDF.
2.    Buka situs http://sdm.data.kemdikbud.go.id/
·            Klik menu "Registrasi Anggota"
·            Klik menu "Operator Sekolah"
·            Lengkapi isian yang tersedia
·            Upload hasil scan Surat Tugas Operator Sekolah yang telah disiapkan tadi dengan mengklik tombol "Pilih File"
·            Jika sudah selesai, klik Registrasi.
Tunggu beberapa saat (pengalaman penulis hingga hampir satu hari) hingga pendaftaran disetujui. Untuk mengecek apakah pendaftaran Operator Sekolah telah disetujui atau belum gunakan menu "Status Pendaftaran" kemudian masukkan email yang didaftarkan, dan klik "Cek".

3.    Update Data Madrasah
Setelah akun Operator Sekolah disetujui, silakan melakukan update data RA/Madrasah di situs Verval SP. Langkah-langkahnya adalah:
a)      Buka situs http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/
b)      Klik menu login yang terletak di pojok kanan atas
c)      Muncul halaman " Kemdikbud Login". Masukkan email dan password Operator Sekolah yang telah didaftarkan.
d)      Klik tulisan "Menu" di bagian kiri atas. Muncul beberapa pilihan menu yang terdiri atas:
e)      Beranda Pengelolaan, yang memiliki sub menu:
·        Perbaikan Data. Menu ini untuk mengupdate identitas madrasah dan dokumen perijinan madrasah.
·        Perbaikan Akreditasi
·        Spasial, Menu ini untuk mengupdate lokasi madrasah berdasarkan peta google.
·        Citra, Menu ini untuk mengupdate foto-foto Madrasah, mulai dari plang papan nama, gedung, kegiatan siswa, kerusakan, dan lain-lain.
·        Update data Identitas dan perijinan RA/Madrasah melalui menu Pengelolaan >> Perbaikan Data. Data yang diupdate antara lain:
                             i.             Alamat RA/Madrasah
                            ii.             SK Operasional
                          iii.             Tanggal SK Operasional
                          iv.             SK Pendirian
                           v.             Tanggal SK Pendirian 
f)       Upload File SK Operasional dalam format PDF (sebelumnya silakan scan Ijin Operasional dan simpan dalam format PDF dengan besar file maksimal 1 MB).
g)      Update data Spasial (peta lokasi RA/Madrasah) melalui menu "Spasial".
h)      Setelah mengklik menu Spasial, akan muncul peta google dengan tanda balon berwarna merah. Tanda balon tersebut menunjukkan lokasi/tempat RA/Madrasah.
i)        Amati balon tersebut. Jika telah benar lokasinya silakan diabaikan. Jika masih salah, silakan lakukan pembetulan dengan cara mengklik balon lalu sekali lalu klik kembali ke lokasi yang tepat.
Untuk memudahkan, peta dapat dibesarkan atau dikecilkan dengan cara mengkil tanda plus dan minus di pojok kiri bawah peta. Juga dapat dipilih tampilan peta medan atau satelit dengan mengklik tombol pilihan di pojok kanan atas peta.
j)        Setelah dilakukan pembetulan letak balon, maka "lintang" dan "bujur" di sebelah kiri akan menyesuaikan dengan otomatis.
Klik "Simpan"
k)      Update data Cita (Foto RA/Madrasah) melalui menu "Citra". Untuk mengupdate, langkah-langkahnya adalah: Pilih Jenis Foto (Profil, Sarana, Prasarana, Aktifitas Peserta Didik, Aktifitas PTK, dll) Tulis Judul Foto, Upload Foto, Selanjutnya  Simpan


Demikian informasi tentang Tata Cara atau Panduan Verval SP / PD Untuk Madrasah. Semoga ada manfaatnya, terima kasih. 


Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PANDUAN VERVAL SP / PD UNTUK MADRASAH"

Post a Comment