TIPS JADI PNS PROFESIONAL

Loading...
ASN harus menunjukkan performa gemilang di instansi tempatnya bekerja.Tapi, bukan dengan cara kotor seperti  menjilat atasan. Melainkan, untuk menjadi PNS profesional ada cara yang lebih solid dan elegan.


Berikut tips jika Anda ingin benar-benar menunjukkan profesionalisme di tempat kerja sebagaimana dilansir dalam laman korpri.id , sebagai berikut:

1. Memiliki kompetensi dan kinerja tinggi
Pegawai dengan kualitas seperti ini akan dipertahankan bahkan dipromosikan. Tetaplah menjaga profesionalitas, jangan menghindar dari tugas-tugas yang diberikan atasan, dan jangan takut bekerja beberapa jam lebih lama atau lembur. Pastikan Anda mengusai bidang yang Anda kerjakan dan dapat memberikan kontribusi positif di mana Anda bekerja.

2. Tak takut menerima kritik dan saran
PNS yang baik adalah pegawai yang selalu ingin berkembang dan siap memperbaiki kinerja di kantor. Jangan takut atau tersinggung saat seseorang memberikan kritik dan saran kepada Anda, terutama jika hal tersebut berasal dari atasan. Kritik dan saran dari atasan dapat membantu Anda dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan penting.

3. Jujur dan berintegritas
Jika Anda menemukan rekan kerja yang bermasalah, langkah yang tepat untuk tempat Anda bekerja adalah tentu mengingatkannya. Jika setelah peringatan dari Anda ia tetap tidak berubah, maka Anda wajib melaporkannya. Pegawai yang jujur dan berintegritas akan menjadi pegawai yang dapat dipercaya oleh atasan. Kepercayaan dari atasan bukanlah hal yang mudah untuk didapatkan, untuk itu Anda harus selalu menjaga kepercayaan yang diberikan atasan kepada Anda dengan baik.

4. Dapat diandalkan
Pegawai yang dapat diandalkan tentu akan dipertahankan oleh atasan. Jika Anda dipercaya oleh atasan untuk mengerjakan tugas-tugas yang sulit bahkan menyelesaikannya dengan gemilang, Anda tak akan menjadi pegawai yang dilepastugaskan. Tunjukkan kepada atasan bahwa Anda tak takut dan mampu mengerjakan tugas yang sulit. Hal ini justru akan menjadi tantangan bagi Anda, dan akan melatih Anda menjadi pegawai yang semakin terampil dan berkemampuan baik. Promosi pun akan ada di depan mata.

5. Menggunakan waktu dengan produktif
Banyak PNS yang dianggap merugikan negara karena tidak dapat melakukan tugas dalam waktu yang seharusnya, sehingga banyak waktu terbuang tanpa ada pekerjaan yang terselesaikan dengan baik. Anda harus menunjukkan bahwa Anda bekerja secara efektif dan efisien, serta tidak membuang-buang waktu dalam melakukan pekerjaan. Jangan pernah menunda-nunda pekerjaan, Anda harus menjaga fokus dan menghilangkan berbagai gangguan dalam pekerjaan seperti terlalu banyak bermain ponsel.





Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TIPS JADI PNS PROFESIONAL"

Post a Comment