JADWAL, PETUNJUK PELAKSANAAN DAN SILABUS OSN SMP TAHUN 2017

Loading...
PETUNJUK PELAKSANAAN DAN SILABUS OSN SMP TAHUN 2017
Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan kegiatan lomba bidang Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)  yang diselenggarakan dalam rangka penuntasan wajib belajar yang bermutu. Olimpiade Sains Nasional bertujuan memotivasi dan menumbuhkembangkan atmosfir kompetisi yang sehat serta mendorong sekolah berperan memfasilitasi siswa untuk meningkatkan kemampuan akademis dalam bidang Matematika, IPA dan IPS. Diharapkan melalui  olimpiade ini dapat menstimulus peningkatan mutu pendidikan dan menghasilkan bibit unggul yang dapat berkompetisi pada olimpiade internasional.


Kegiataan OSN dilaksanakan sejak tahun 2003. Pada periode 2003 sampai dengan 2009 bidang yang dilombakan terdiri dari Matematika, Biologi, dan Fisika. Pada tahun 2010, IPS dimasukkan ke dalam bidang yang dilombakan, sehingga sejak tahun itu bidang lomba menjadi 4 bidang lomba. Kemudian pada tahun 2015 bidang Biologi dan Fisika digabung menjadi satu bidang yaitu bidang IPA.

Beberapa prestasi yang telah diraih peraih medali OSN bidang IPA yakni dibuktikan dengan  keberhasilan  siswa  meraih  medali  pada  ajang  International  Junior Science Olympiad (IJSO). Sedangkan di bidang matematika para peraih medali diberi kesempatan untuk meningkatkan prestasi pada International Mathematics Competation (IMC) dengan membawa medali untuk Indonesia.Dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan OSN supaya terlaksana secara baik, disusun petunjuk pelaksanaan ini, sebagai rujukan bagi panitia pelaksana kegiatan tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, dan tingkat nasional. Diharapkan dengan adanya petunjuk pelaksanaan ini penyelenggaraan OSN dapat terselenggara secara baik

 SILABUS OSN SMP TAHUN 2017


Persyaratan Peserta OSN SMP Tahun 2017
Kegiatan OSN SMP/ MTS tahun 2017 terbuka  untuk siswa SMP/MTs negeri dan swasta, atau yang sederajat, berkewarganegaraan Indonesia, dan memenuhi persyaratan sebagai berikut.
1.  Bukan peraih medali emas, perak dan perunggu pada OSN SMP Tingkat Nasional Tahun sebelumnya.
2.  Terdaftar sebagai siswa SMP, MTs, atau yang sederajat , kelas VII atau kelas VIII pada saat mengikuti lomba.
3. Sekurang-kurangnya telah mengikuti proses belajar mengajar selama satu semester di sekolah tersebut, dibuktikan dengan surat keterangan kepala sekolah.
4.   Memiliki nilai rapor sejak semester pertama serendah-rendahnya 75 (tujuh puluh lima) dalam skala 100 (seratus) untuk bidang lomba yang akan diikuti.
5. Berkelakuan  baik  dan  tidak  terlibat  penyalahgunaan obat terlarang dan minuman keras, yang dibuktikan dengan surat keterangan kepala sekolah.
6. Dikirim oleh sekolah yang bersangkutan dibuktikan surat keterangan kepala sekolah.
7.   Peserta hanya berhak mengikuti satu bidang lomb

Tahap Pelaksanaan Lomba OSN SMP tahun 2018
Lomba dilaksanakan  dalam 4 tahap, yaitu:
1.    Tahap I   : Seleksi / Lomba tingkat sekolah
2.    Tahap II  : Lomba tingkat kabupaten/kota
3.    Tahap III : Lomba tingkat provinsi
4.    Tahap  IV : Lomba tingkat nasional

Jadwal OSN SMP tahun 2018
1. Seleksi / Lomba tingkat sekolah Februari 2017 ditentukan Sekolah
2. Lomba tingkat kabupaten/ kota Maret 2017 ditentukan oleh Dinas  pendidikan
3. Lomba tingkat provinsi Mei 2017 ditentukan oleh Dinas  pendidikan provinsi dengan berkoordinasi dengan direktorat Pembinaan SMP
4. Lomba tingkat nasional 02 – 08 Juli 2017 di Pekan Baru, Provinsi Riau

Link Donload Panduan Pelaksanaan OSN SMP tahun 2017 (Disini)

SILABUS OSN SMP 2017

Lingkup materi silabus OSN SMP MTS tahun 2016 meliputi kurikulum 2006 dan kurikulum 2013 serta silabus olimpiade internasional. Dari ruang lingkup tersebut diperoleh materi-materi yang sesuai kebutuhan OSN, selanjutnya materi ini dituangkan dalam silabus OSN Lingkup materi yang tercantum dalam silabus ini merupakan bahan acuan untuk  menyusun soal OSN yang dapat diinterpretasikan ke dalam tingkat kesulitan soal yang berbeda-beda. Tingkat kesulitan tersebut dibuat berjenjang, soal untuk tingkat provinsi relatif lebih sulit dibandingkan tingkat kabupten/kota, dan soal tingkat nasional relatif lebih sulit dibandingkan dengan tingkat provinsi.

Berikut ini Silabus OSN SMP 2017
Silabus OSN SMP 2017 bidang Matematika
Silabus OSN SMP 2017 bidang IPA
Silabus OSN SMP 2017 bdang IPS

Link Donload Panduan Pelaksanaan OSN SMP tahun 2017 (Disini)
Link Donload SILABUS OSN SMP tahun 2017 (Disini)

Baca Juga Petunjuk Teknis FLS2N SMP  DISINI

Baca Juga Petunjuk Teknis O2SN SMP DISINI

JUKNIS / PEDOMAN FLS2N SMA TAHUN 2017 (DISINI)
JUKNIS / PEDOMAN OPSI SMA TAHUN 2017(DISINI)
JUKNIS / PEDOMAN OSN  SMA TAHUN 2017(DISINI)
JUKNIS / PEDOMAN LDBI SMA TAHUN 2017(DISINI)

JUKNIS / PEDOMAN NSDC SMA TAHUN 2017(DISINI)

Demikian info tentang Panduan Pelaksanaan OSN SMP tahun 2017. SIlahkan nantikan rilis tentang Panduan Pelaksanaan OSN SMP tahun 2018. Terima kasih mudah-mudahan bermanfaat. 

======================================


Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "JADWAL, PETUNJUK PELAKSANAAN DAN SILABUS OSN SMP TAHUN 2017"

Post a Comment