TEKNIK PENULISAN DAN PENYUSUNAN SOAL HOTS SD SMP SMA SMK

Loading...
 Teknik Penulisan atau Penyusunan Soal HOTS  TEKNIK PENULISAN DAN PENYUSUNAN SOAL HOTS SD SMP SMA SMK




Teknik Penulisan atau Penyusunan Soal HOTS SD SMP SMA SMK. Penilaian adalah proses  pengumpulan   dan  pengolahan  informasi  untuk mengukur  pencapaian  hasil  belajar  peserta  didik. Penilaian HOTS adalah penilaian yang instrumennya lebih menekankan aspek penalaran dan logika yang tidak sekadar mengingat (recall), menyatakan kembali (restate), atau merujuk tanpa melakukan pengolahan (recite).



Ciri soal-soal HOTS adalah soal yang dapat mengukur kemampuan:

1.    transfer satu konsep ke konsep lainnya,
2.    memproses dan menerapkan informasi,
3.    mencari kaitan dari berbagai informasi yang berbeda-beda,
4.    menggunakan informasi untuk menyelesaikan masalah,
5.    menelaah ide dan informasi secara kritis.

Dalam Implementasi Teori Kognitif Bloom (teori Bloom) yang direvisi Anderson & Krathwohl,  penilaian HOTS mencakup dimensi menganalisis (C4), Menilai (C5) dan Mengkreasi (C6).


 Teknik Penulisan atau Penyusunan Soal HOTS  TEKNIK PENULISAN DAN PENYUSUNAN SOAL HOTS SD SMP SMA SMK




 Teknik Penulisan atau Penyusunan Soal HOTS  TEKNIK PENULISAN DAN PENYUSUNAN SOAL HOTS SD SMP SMA SMK

Lalu bagiamana Karakteristik Soal HOTS SD SMP SMA SMK ?. Berikut ini beberapa Karakteristik Soal HOTS diantaranya:
1.    Mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, meminimalkan aspek mengingat dan memahami
2.    Berbasis permasalahan kontekstual;
3.    Stimulus menarik;
4.    Tidak Familiar
5.    Kebaruan

Bagaimana Teknik Penulisan atau Penyusunan Soal HOTS SD SMP SMA SMK ? Berikut ini Langkah-langkah Menyusun Soal HOTS
1.    Menganalisis KD yang dapat dibuatkan soal HOTS.
2.    Menyusun kisi-kisi soal.
3.    Memilih stimulus yang menarik dan kontekstual;
4.    Menulis butir pertanyaan pada kartu soal sesuai dengan kisi-kisi soal. Butir-butir pertanyaan ditulis agar sesuai dengan kaidah penulisan butir soal.
5.    Membuat pedoman penskoran atau kunci jawaban.

Untuk melengkapi Teknik Penulisan atau Penyusunan Soal HOTS SD SMP SMA SMK, silahkan perhatikan Tips Menyusun Soal HOTS berikut ini:

1.  Gunakan Konteks Dunia Nyata
Penyajian kasus nyata memungkinkan proses menelaah informasi

2.  Berikan Pertanyaan yang terkait analisis visual
Melalui analisa visual bagan yang kompleks, maka tingkat berfikir ordenya lebih tinggi
Contoh Bukan HOTS
Apakah peran burung elang dalam suatu rantai makanan
Dapat diubah menjadi Soal HOTS seperti contoh di bawah ini
Seorang petani berhasil menemukan cairan dari bahan alami yang mampu membasmi ulat  sehingga jumlah ulat menurun dengan drastis. Apakah yang akan terjadi kepada elang

3.  Tanyakan alasan dari jawaban yang diberikan
Contoh:
Abad 21 adalah abad teknologi informasi. Arus informasi yang begitu deras bisa berdampak negatif terhadap persatuan dan kesatuan bangsa. Misalnya kejadian perkelahian antarsiswa yang berbeda suku bangsa di suatu sekolah yang belum dapat dibuktikan kebenarannya, diunggah seorang pelajar di media sosial. Berita tersebut akan cepat tersebar ke masyarakat luas sehingga memicu konflik antar suku bangsa. Oleh karena itu, pembatasan penggunaan media sosial harus diterapkan kepada semua pelajar.
Setujukah kamu dengan pernyataan tersebut? Jelaskan alasanmu!

4. Gunakan Bentuk Soal yang Beragam (misalnya pilihan ganda dan uraian)

Bagaimana Cara atau Teknik Penulisan Soal HOTS SD SMP SMA SMA ? Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Buku Penilaian Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill) yang di dalam membahasa tentang Cara atau Teknik Penulisan atau Penyusunan Soal HOTS SD SMP SMA SMK . Materi buku ini bertujuan  untuk  membekali guru agar mampu menulis dan menyusun soal HOTS serta melaksanakan  penilaian  berbasis  HOTS  sehingga  siswa  terbiasa  dengan  soal-soal  dan pembelajaran yang berorientasi kepada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill) agar terdorong kemampuan berpikir kritisnya.


Penilaian berorientasi HOTS bukanlah sebuah bentuk penilaian yang baru bagi guru dalam melakukan penilaian. Tetapi penilaian berorientasi HOTS ini memaksimalkan keterampilan  guru  dalam  melakukan  penilaian.  Guru  dalam  penilaian  ini harus menekankan  pada  penilaian  sikap,  pengetahuan  dan  keterampilan  yang  bisa meningkatkan  keterampilan  peserta  didik  dalam  proses  pembelajaran  berorientasi HOTS.



Buku pegangan Penilaian Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill) yang berisi Bagaimana Cara atau Teknik Penulisan / Penusunan Soal HOTS ini dikembangkan dengan tujuan sebagai berikut:
1.  Memberikan acuan kepada guru dalam mengembangkan penilaian berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi;
2.  Memberikan  acuan  kepada  kepala  sekolah  dalam  pelaksanaan  supervisi akademik  terhadap  guru  dalam  melaksanakan  penilaian  berorientasi  pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi;
3.  Memberikan  acuan  pada  pengawas  sekolah  dalam  pelaksanaan  supervisi akademik  dan  manajerial  terhadap  pelaksanaan  penilaian  berorientasi  pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi di satuan pendidikan.

Sasaran penggunaan buku Pegangan Penilaian Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill) ini adalah sebagai berikut:
1.  Guru  Jenjang  Sekolah  Dasar  (SD),  Sekolah  Menengah  Pertama  (SMP),  Sekolah Menengah  Atas  (SMA),  dan  Sekolah  Menengah  Kejuruan  (SMK)  untuk  mata pelajaran adaptif dan normatif.
2.  Guru  Sekolah  Menengah  Kejuruan  (SMK)  Produktif,  Bimbingan  Konseling  (BK), Pendidikan  Anak  Usia  Dini  (PAUD)  dan  Pendidikan  Masyarakat  (Dikmas)  serta Pendidikan Luar Biasa (PLB).
3.  Kepala Sekolah /Madrasah. 
4.  Pengawas Sekolah /Madrasah.

Selengkapnya silahkan pelajari Buku Penilaian Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill), melalui link download ---DISINI----

Demikian informasi tentang Teknik Penulisan atau Penyusunan Soal HOTS SD SMP SMA SMK. Semoga bermanfaat, terima kasih.




Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TEKNIK PENULISAN DAN PENYUSUNAN SOAL HOTS SD SMP SMA SMK"

Post a Comment