PERPRES NOMOR 95 TAHUN 2018 TENTANG SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK (SPBE)

Loading...
PERPRES NOMOR 95 TAHUN 2018

Peraturan Presiden - Perpres Nomor 95 Tahun 2018 Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis  Elektronik (SPBE), diterbitkan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan,  dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya. Selain itu, untuk meningkatkan keterpaduan dan efisiensi sistem pemerintahan berbasis elektronik diperlukan tata kelola dan manajemen system pemerintahan berbasis elektronik secara nasional.

Berdasarkan Peraturan Presiden - Perpres Nomor 95 Tahun 2018, yang dimaksud Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik yang selanjutnya disingkat SPBE adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada Pengguna SPBE.  Tata Kelola SPBE adalah kerangka kerja yang memastikan terlaksananya pengaturan, pengarahan, dan pengendalian dalam penerapan SPBE secara terpadu.  Manajemen SPBE adalah serangkaian proses untuk mencapai penerapan SPBE yang efektif, efisien, dan berkesinambungan, serta layanan SPBE yang berkualitas. Sedangkan Layanan SPBE adalah keluaran yang dihasilkan oleh 1 (satu) atau beberapa fungsi aplikasi SPBE dan yang memiliki nilai manfaat.

Selanjutnya Peraturan Presiden - Perpres Nomor 95 Tahun 2018, menegaskan bahwa Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dilaksanakan dengan prinsip efektivitas, keterpaduan, kesinambungan, efisiensi, akuntabilitas,  interoperabilitas, dan keamanan.

Adapun Ruang lingkup pengaturan dalam  Peraturan Presiden - Perpres Nomor 95 Tahun 2018 Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis  Elektronik ini meliputi:
a. Tata Kelola SPBE;
b. Manajemen SPBE;
c. Audit Teknologi Informasi dan Komunikasi;
d. penyelenggara SPBE;
e. percepatan SPBE; dan
f.  pemantauan dan evaluasi SPBE.

Selengkapnya silahkan download Peraturan Presiden - Perpres Nomor 95 Tahun 2018 Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis  Elektronik (SPBE)

Link download Peraturan Presiden - Perpres Nomor 95 Tahun 2018 (DISINI)

Demikian informasi tentang Peraturan Presiden - Perpres Nomor 95 Tahun 2018 Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis  Elektronik (SPBE). Semoga ada manfaatnya, terima kasih.


Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PERPRES NOMOR 95 TAHUN 2018 TENTANG SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK (SPBE)"

Post a Comment