CONTOH SOAL DAN JAWABAN TES PSIKOMETRI

Loading...
Contoh Soal dan Jawaban Tes Psikometri. Tes psikometri adalah metode ilmiah standar yang digunakan untuk mengukur kemampuan mental dan perilaku satu individu.Tes ini dirancang untuk mengukur karakteristik kepribadian, bakat, serta kemampuan kognitif individu apakah sesuai dengan suatu peran atau posisi yang akan diberikan kepadanya.

Hasil tes prikometrik lazim digunakan untuk mengidentifikasi kemampuan dan kecocokan pelamar kerja dengan posisi di suatu perusahaan. Psikometrik digunakan karena nilai objektifitasnya yang lebih tinggi dibanding dengan penilaian pribadi seseorang secara langsung.

Berikut ini beberapa Contoh Soal dan Jawaban Tes Psikometri 


 Tes psikometri adalah metode ilmiah standar yang digunakan untuk mengukur kemampuan menta CONTOH SOAL DAN JAWABAN TES PSIKOMETRI
 Tes psikometri adalah metode ilmiah standar yang digunakan untuk mengukur kemampuan menta CONTOH SOAL DAN JAWABAN TES PSIKOMETRI


 Tes psikometri adalah metode ilmiah standar yang digunakan untuk mengukur kemampuan menta CONTOH SOAL DAN JAWABAN TES PSIKOMETRI
 Tes psikometri adalah metode ilmiah standar yang digunakan untuk mengukur kemampuan menta CONTOH SOAL DAN JAWABAN TES PSIKOMETRI


 Tes psikometri adalah metode ilmiah standar yang digunakan untuk mengukur kemampuan menta CONTOH SOAL DAN JAWABAN TES PSIKOMETRI
 Tes psikometri adalah metode ilmiah standar yang digunakan untuk mengukur kemampuan menta CONTOH SOAL DAN JAWABAN TES PSIKOMETRI



Berikut ini Contoh Soal Tes Psikometri (dari modul MMPI) yang perlu dijawab dengan Ya atau Tidak 

1. Aku suka majalah tehnik.
2. Nafsu makanku baik.
3. Aku bangun dengan rasa nyaman hampir setiap pagi.
4. Aku mengira aku dapat enyukai pekerjaan perpustakaan.
5. Aku mudah terbangun oleh suara berisik.
6. Ayahku ( almarhum ayahku ) seorang yang baik.
7. Aku senang membaca berita kejahatan di surat kabar.
8. Tangan dan kaki ku biasanya terasa hangat.
9. Kehidupan ku sehari-hari terisi penuh dengan hal-hal yang menar ik.
10. Aku sanggup bekerja sebagaimana biasa.
11. Aku sering merasa seolah-olah ada yang menyumbat dalam tenggorokanku.
12. Kehidupan seks-ku cukup memuaskan.
13. Seseorang harus berusaha memahami mimpinya sebagai petunjuk atau peringatan baginya.
14. Aku senang cerita detektif atau cerita misterius.
15. Aku bekerja dalam ketegangan yang besar.
16. Sekali-sekali aku berfikir tentang hal-hal yang buruk untuk di utarakan.
17. Aku yakin bahwa hidup ini tidak adil.

18. Aku terganggu oleh serangan mual dan mutah-muntah.
19. Bila aku melamar pekerjaan baru aku ingin tahu siapa yang penting untuk aku hubungi lebih dulu. 
20. Aku jarang sekali terganggu simbelit ( kesukaran buang air besar ).
21. Aku pernah ingin sekali lari dari rumah.
22. Aku merasa tidak seorangpun yang mengerti akan diriku.
23. Pada waktu-waktu tertentu aku tertawa dan menangis tanpa dapat aku kendalikan.
24. Ada kalanya aku dimasuki roh jahat.
25. Aku ingin menjadi penyanyi.
26. Aku rasa lebih baik tutup mulut bila dalam kesulitan.
27. Prinsipku adalah berusaha membalas orang yang berbuat jahat.
28. Aku terganggu oleh penyakit lambung (maag) beberapa kali dalam seminggu.
29. Ada kalanya aku merasa ingin mengumpat (caci maki).
30. Aku merasa mimpi buruk beberapa malam sekali.
31. Aku merasa sukar untuk memusatkan perhatian pada suatu pekerjaan atau tugas
32. Aku pernah mengalami hal-hal yang aneh dan tidak masuk akal.
33. Aku jarang merisaukan kesehatanku.
34. Aku belum pernah mengalami karena kelakuan sekku.
35. Dalam suatu masa tertentu ketika masih muda aku pernah melakukan pencurian kecil- kecilan.
36. Aku batuk-batuk hampir setiap waktu.
37. Kadang-kadang aku ingin membanting barang-barang.
38. Aku pernah mengalami tidak dapat mengurus sesuatu selama berhari-hari,
39. beberapa minggu atau berbulan-bulan karena tidak dapat memulainya.
40. Tidurku sering terganggu dan terbangun-bangun.
41. Aku sering merasa seluruh kepalaku sakit.
42. Aku tidak selalu mengatakan yang benar.
43. Bila orang-orang tidak menghalangiku aku akan lebih sukses lagi.
44. Sekarang aku lebih mampu mengambil sesuatu keputusan dari pada dahulu.
45. Sesekali atau lebih dalam seminggu aku tiba-tiba merasa panas tanpa suatu sebab yang jelas.
46. Kesehatanku kurang lebih sama baiknya sama dengan kesehatan kawan-kawanku.
47. Bila aku berpapasan dengan teman-teman sekolah atau kenalan lam a aku lebih suka menghindar, kecuali bila mereka menegur lebih dulu.
48. Aku hampir tak pernah terganggu oleh rasa nyeri pada jantung atau dada.
49. Pada umumnya aku lebih suka duduk melamun dari pada mengerjakan yang lain.
50. Aku seorang yan mudah bergaul.
51. Aku sering harus menerima perintah dari seseorang yang tidak lebih pandai dari diriku.

52. Aku tidak membaca setiap tajuk rencana pada surat kabar harian.
53. Aku belum menjalani hidup yang benar.
54. Pada beberapa bagian tubuhku sering terasa panas, kesemutan atau seperti ada yang merayap.
55. Keluargaku tidak senang pada pekerjaan yang telah atau akan aku pilih untuk nafkahku.
56. Aku kadang-kadang tetap bertahan pada sesuatu hal sehingga orang lain menjadi tidak sabar.
57. Aku mengharapkan dapat berbahagia seperti orang lain.
58. Aku hampir tidak pernah merasa sakit ditengkukku.
59. Aku kira banyak orang suka melebih-lebihkan kemalangannya untuk memperoleh simpati dan pertolongan orang lain.
60. Aku terganggu oleh rasa tidak enak pada ulu-hati (lambung) seti ap beberapa hari sekali atau lebih sering.
61. Pada waktu bersama orang-orang aku merasa terganggu oleh suara- suara yang sangat aneh.
62. Aku termasuk orang yang penting.
63. (Bila pria) Aku sering ingin seandainya aku menjadi wanita, (Bila wanita) Aku tidak pernah menyesal sebagai wanita.
64. Perasaanku tidak mudah tersinggung.
65. Aku senang membaca kisah cinta.
66. Aku sering meras murung.
67. Rasanya akan lebih baik apabila semua undang-undang ditiadakan.
68. Aku menykai sajak dan puisi.
69. Aku kadang-kadang mempermainkan binatang.
70. Aku senang juga dengan pekerjaan sebagai polisi atau penjaga hu tan.
71. Aku mudah dikalahkan dalam perdebatan.
72. Akhir-akhir ini aku sukar melawan perasaan hilangnya harapan un tuk menjadi orang yang berhasil.
73. Roh-ku kadang-kadang meninggalkan tubuhku.
74. Aku memang kurang kepercayaan pada diriku sendiri.
75. Aku ingin menjadi pedagang bunga (florist).
76. Pada umumnya aku merasa bahwa hidup ini ada manfaatnya.
77. Untuk meyakinkan orang tentang kebenaran dibutuhkan banyak pembicaraan dan pembahasan.
78. Apa yang harus aku kerjakan hari ini kadang-kadang aku tunda sampai besok.
79. Aku disukai oleh kebanyakan orang yang mengenal aku.
80. Aku tahan dijadikan bahan lelucon.
81. Aku ingin menjadi juru-rawat (nurse).
82. Menurut pendapatku sebagian besar orang akan berbohong untuk memperoleh kemajuan.
83. Aku banyak melakukan hal-hal yang kemudian aku sesalkan atau rasanya aku lebih sering menyesal dari pada orang lain.
84. Aku sedikit sekali bertengkar dengan anggota keluargaku.
85. Aku pernah dikeluarkan dari sekolah oleh karena aku bandel dan nakal.
86. Ada kalanya aku terdorong dengan kuat untuk melakukan sesuatu yang berbahaya atau mengejutkan.

87. Aku senang pergi ke pesta dan hal -hal lain yang sangat menggembirakan.
88. Aku pernah dihadapkan pada persoalan yang begitu banyak kemungkinannya sehingga aku tidak dapat mengambil keputusan.
89. Aku berpendapat bahwa perempuan seharusnya mendapat kebebasan seks setaraf dengan laki-laki.
90. Peperangan-ku yang paling berat adalah melawan diriku sendiri.
91. Aku sayang pada ayahku (almarhum ayahku ).
92. Aku tidak terganggu oleh kedutan-kedutan otot.
93. Rasanya aku tidak peduli dengan apa yang terjadi pada diriku.
94. Bila aku sedang tidak enak badan kadang-kadang aku mudah marah.
95. Aku sering merasa seakan-akan telah melakukan sesuatu yang salah atau jahat.
96. Pada umumnya aku cukup bahagia.
97. Aku melihat ada makhluk atau benda di sekitarku yg tidak tampak oleh orang lain.
98. Kepalaku sering sekali terasa berat atau hidungku mampat.
99. Ada orang yang sok tuan besar se hingga walaupun aku tahu ia benar aku
100. rasanya ingin melakukan yang sebaliknya dari permintaannya.
101. Seseorang telah memojokkan aku sehingga aku tidak berkutik.
102. Aku tidak pernah melakukan sesuatu yg berbahaya hanya untuk kesenangan saja.
103. Aku sering merasa seakan-akan ada ikatan yang menjepit kepalaku.
104. Aku kadang-kadang marah.
105. Aku lebih menyukai suatu pertandingan yang disertai taruhan.
106. Kebanyakan orang berbuat jujur terutama karena takut ditangkap.
107. Disekolah kadang-kadang aku dipanggil kepala sekolah karena ter lalu bandel atau nakal.
108. Bicaraku lancar dan jelas seperti biasanya (tdk cepat/lambat, pelo/serak-serak).
109. Tata cara makanku dirumah tidak sebaik seperti bila bersama ora ng lain.
110. Setiap orang yg mampu-mau bekerja keras mempunyai kesempatan un tuk sukses.
111. Rasanya aku sama mampu dan pandai seperti orangdisekitarku.
112. Banyak orang akan menggunakan cara-cara yang agak kurang jujur untuk memperoleh keuntungan dari pada kehilangan keuntungan tersebut.
113. Aku sering menderita sakit perut.
114. Aku menyukai seni drama.
115. Aku tahu siapa yang menjadi biang keladi dari kesulitan-kesulitanku.
116. Kadang-kadang begitu aku tertarik pada barang-barang pribadi orang lain (seperti sepatu, pakaian) sehingga aku ingin memegangnya atau mencurinya walaupun aku tidak mempergunakannya.
117. Aku tidak takut atau tidak terganggu ketika melihat darah.
118. Kadang-kadang akau tidak mengerti mengapa aku marah dan mengomel.
119. Aku belum pernah batuk darah atau muntah darah.
120. Aku tidak khawatir terserang penyakit.

121. Aku suka mengumpulkan dan memelihara tanaman hias atau bunga.
122. Aku sering merasa perlu mempertahankan dengan gigih apa yg aku anggap benar.
123. Aku belum pernah tertarik dan melakukan perbuatan yang tidak wajar.
124. Ada kalanya pikiranku lebih cepat dari ucapanku.
125. Bila aku yakin tidak seorangpun yang melihatnya mungkin sekali aku akan menyelundup nonton tanpa karcis.
126. Apabila ada orang yang berbuat sangat baik terhadapku aku biasa nya bertanya-tanya tentang alasan tersembunyinya.
127. Aku berpendapat bahwa kehidupan keluargaku sama menyenangkannya dengan kebanyakan keluarga yang aku kenal.
128. Aku percaya pada penegak hukum.
129. Kritik dan teguran sangat menyakitkan hatiku.
130. Aku senang memasak.
131. Kelakuan-ku banyak dipengaruhi oleh perilaku orang-orang dilingkunganku.
132. Kadang-kadang aku merasa benar-benar tidak berguna.
133. Semasa muda aku menjadi anggota kelompok yang kompak dalam suka dan duka.
134. Aku percaya adanya kehidupan setelah kematian.
135. Aku ingin menjadi tentara.
136. Ada kalanya aku ingin berkelahi dengan seseorang.
137.Aku sering kehilangan kesempatan baik karena tidak mampu membuat keputusan yang cepat.

138. Bila aku sedang sibuk dengan sesuatu yang penting orang datang minta nasehat dan mengganggu waktuku aku menjadi tidak sabar.
139. Aku biasanya menulis pengalamanku dalam buku harian.
140. Aku yakin bahwa ada komplotan yang memusuhi aku.
141. Aku lebih ingin menang dari padakalah dalam permainan.
142. Biasanya aku pergi tidur malam tanpa pikiran yang mengganggu.
143. Beberapa tahun terakhir ini ini pada umumnya aku sehat-sehat saja.
144. Aku tidak pernah sakit ayan atau kejang-kejang.
145. Berat badanku tetap saja tidak naik maupu turun.
146. Aku yakin aku sedang diikuti (dikuntit).
147. Aku merasa bahwa aku sering dihukum tanpa sebab.
148. Aku mudah menangis.
149. Bila membaca daya tangkapku tidak sebaik dulu.
150. Aku tidak pernah merasa sesenang sekarang ini.
151. Ubun-ubun kepalaku kadang-kadang terasa nyeri bila diraba.
152. Kadang-kadang aku merasa seakan-akan aku harus melukai diriku sendiri atau orang lain.
153. Aku mendongkol bila orang dengan cerdik menipuku sehingga aku h arus megakui kebodohanku.
154. Aku tidak cepat lelah.
155. Aku ingin mengenal orang-orang penting karena dengan demikian aku merasa menjadi orang penting juga.
156. Bila melihat kebawah dari tempat yang tinggi aku menjadi takut.

157. Aku tidak akan gelisah bila salah seorang anggota keluargaku terlibat dalam perkara hukum.
158. Aku berjiwa penggembara dan tidak merasa bahagia bila tidak berkelana.
159. Aku tidak terganggu oleh apa yang orang pikirkan tentang diriku.
160. Aku merasa canggung berbuat sesuatu yang menonjolkan diriku dalam pesta walaupun orang lain melakukannya.
161. Aku belum pernah mengalami pingsan.
162. Pada waktu yang lalu aku senang bersekolah.
163. Aku sering harus berusaha keras untuk menyembinyikan rasa malu.
164. Seseorang telah mencoba meracuni aku.
165. Aku tidak terlampau takut pada ular.
166. Aku jarang atau tidak pernah diserang pusing (tujuh keliling).
167. Daya ingatku baik-baik saja.
168. Aku merisaukan masalah seks.
169. Aku sulit memulai percakapan bila bertemu dengan orang yang baru aku kenal.
170. Ada kalanya aku melakukan sesuatu yang kemudian tidak diketahui bahwa akulah yang melakukannya.
171. Bila aku menjadi bosan aku suka bikin hal-hal yang menggairahkan.
172. Aku takut hilang kesadaran diriku.
173. Aku tidak setuju memberi uang kepada pengemis.
174. Aku sering menemukan tanganku gemetar bila aku mencoba melakukan sesuatu.

175. Aku mampu memaca lama tanpa melelahkan mataku.
176. Aku suka mempelajari dan membaca tentang apa yang sedang aku kerjakan.
177. Aku sering merasa seluruh badanku lemah.
178. Aku jarang sekali sakit kepala.
179. Tanganku belum pernah mengalami hilang ketrampilan atau kelincahan.
180. Kadang-kadang bila aku malu dan canggung aku mandi keringat yang sangat mengganggu.
181. Aku mudah menjaga keseimbangan sewaktu berjalan.
182. Ada sesuatu yang tidak beres dengan pikiranku.
183. Aku tidak menderita serangan selesma atau sesak napas.
184. Aku pernah mengalami serangan tidak mampu mengendalikan pergerakan badanku dan pembicaraanku walaupun aku sadar apa yang terjadi disekitarku.
185. Aku tidak menyukai setiap orang yang aku kenal.
186. Aku jarang sekali melamun.
187. Aku ingin tidak pemalu seperti ini.
188. Aku tidak takut mengurus uang.
189. Andaikata aku seorang wartawan aku akan senang sekali memberitakan seni drama.
190. Aku menikmati bermacam-macam pertunjukan dan hiburan.
191. Aku suka bercumbu rayu.

192. Keluargaku lebih memperlakukan aku sebagai kanak-kanak dari pada sebagai orang dewasa.
193. Aku ingin menjadi wartawan.
194. Ibuku (almarhum ibuku) seoarang yang baik.
195. Sewaktu berjalan aku sangat berhati-hati agara tidak salah injak.
196. Aku tidak pernah cemas dengan kelainan pada kulitku yang mendadak muncul.
197. Dibanding dengan keluarga lain kasih sayang dan keakraban dalm keluargaku sangat kurang.
198. Ternyata aku sering merisaukan sesuatu.
199. Aku senang pekerjaan seorang pemborong bangunan.
200. Aku sering mendengar suara-suara yang tidak aku ketahui dari mana asalnya.
201. Aku suka ilmu pengetahuan. 

Demikian informasi tentang Contoh Soal dan Jawaban Tes Psikometri. Semoga bermanfaat, terima kasih.





Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CONTOH SOAL DAN JAWABAN TES PSIKOMETRI"

Post a Comment