LATIHAN SOAL USBN PPKN (PKN) SMP - MTS KURIKULUM 2013 TAHUN 2019

Loading...

Latihan Online USBN SMP PPKn Kurikulum 2013Tahun 2019

Desain soal latihan ini sebagai hasil pelatihan membuat soal Online melalui Blogspot LATIHAN SOAL USBN PPKN (PKN) SMP - MTS KURIKULUM 2013 TAHUN 2019

Berikut Contoh Soal USBN PPKn (PKn) SMP Kurikulum 2013 tahun 2019 Tahun Pelajaran 2018/2019. Desain soal latihan ini sebagai hasil pelatihan membuat soal Online melalui Blogspot. Mudah-mudahan bisa digunakan untuk sekedar memberikan persiapan berlatih mempelajari soal USBN PPKn (PKn) SMP Kurikulum 2013 ala games. 



DILARANG MENGCOPY

Petunjuk: Klik pada jawaban yang menurut anda benar..!!

(1) Waktu tes tulis selama 120 menit;
(2) Pilihlah salah satu jawaban yang dianggap paling benar (masing-masing soal memiliki bobot 1);
(3) Pemeriksaan hasil tes tulis dilakukan melalui sistem komputerisasi; Ketepatan jawaban dapat dilihat langsung pada notifikasi. Selamat mencoba. 



1. Perhatikan gagasan-gagasan mengenai dasar negara berikut!
(1) Peri kebangsaan    
(2) Kesejahteraan Sosial 
(3) Mufakat atau Demokrasi 
(4) Kebangsaan Indonesia 
(5) Kesejahteraan Rakyat
Gagasan yang dikemukakan oleh Mr. Moh.Yamin dalam proses perumusan dasar negara adalah .....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (1) dan (4)
D. (1) dan (5)

2. Perhatikan beberapa pernyataan berikut !
(1).Mengutamakan semangat persatuan, kesatuan dan nasionalisme yang tinggi
(2).Adanya keinginan menjadi pemimpin bangsa yang di hormati
(3).Selalu bersemangat dalam memperjuangkan kepentingan kelompok
(4).Berupaya keras mewujudkan cita-cita bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur
(5).Melaksanakan tugas demi kepentingan negara tanpa mengesampingkan kepentingan pribadi
Komitmen yang dimiliki para tokoh dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara, ditunjukkan oleh pernyataan-pernyataan nomor ....
A. (1) dan (4)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)

3. Perhatikan data berikut !
(1) Menetapkan UUD Negara  Republik Indonesia   Tahun 1945
(2) Memilih Presiden dan Wakil Presiden yaitu Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta
(3) Memilih menteri-menteri negara
(4) Membentuk  sebuah Komite Nasional, untuk membantu Presiden
Hasil  Sidang PPKI tanggal  18  Agustus 1945 adalah ....
A. (1) , (2) dan  (3)
B.  (1),  (2) dan  (4)  
C. (1) , (3) dan  (4)
D. (2) , (3) dan  (4)

4. Perhatikan pernyataan berikut ini !
No
Nilai-nilai  Pancasila
1
rela  berkorban  untuk bangsa  dan Negara
2
suka  bekerja  keras
3
bangga  sebagai  bangsa  Indonesia
4
rasa  cinta  terhadap  tanah  air  Indonesia
5
memajukan pergaulan  demi  persatuan  dan  kesatuan  bangsa

Berdasarkan  tabel  di atas nilai-nilai  sila   Persatuan Indonesia, ditunjukkan  dengan  nomor ….
A. (1),  (2), (3)  dan  (5) 
B. (1),  (3), (4)  dan  (5)
C. (1), (2), (3)  dan  (4)
D. (2),  (3), (4)  dan  (5)

5. Setiap awal tahun di desa diadakan musyawarah rencana pembangunan desa (musrenbang), hal ini merupakan perwujudan pelaksanaan pancasila terutama sila ….          
A. kedua
B. ketiga
C. keempat
D. kelima

6. Perhatikan pernyataan berikut ini !
       No
Kesusilaan
No
Kesusilaan
1
dilarang merokok
4
dilarang berjiwa dengki
2
dilarang mencuri
5
dilarang berbohong
3
dilarang melakukan kekerasan
6
dilarang mabuk
Berdasarkan  tabel di atas yang termasuk pengertian Pancasila berbatu sendi yang lima pelaksanaan kesusilaan, ditunjukkan dengan nomor ….

A. (1),  (2), (3), (4)  dan  (5) 
B. (1),  (2), (4), (5)  dan  (6)
C. (1),  (3), (4), (5)   dan  (6)
D. (2),  (3), (4), (5)   dan  (6)

7. Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa Indonesia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari segala tingkah laku dan perbuatan kita harus mencerminkan nilai-nilai Pancasila. Perilaku yang mencerminkan penerapan sila kedua Pancasila dalam kehidupan masyarakat adalah ....
A. membina kerukunan hidup antarsesama umat seagama
B. mengembangkan sikap saling mencintai sesama manusia 
C. sanggup rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara
D. tidak memaksakan kehendak diri sendiri kepada orang lain

8. Perhatikan gambar  berikut ini !
Dinamika  penerapan  Pancasila   masa  Orde Lama  pada  Periode 1945-1949  adalah  pemberontakan  DI/TII  yang dipimpin  oleh tokoh  yang  ditunjukkan  dengan  nomor …
A. 1
B. 2
C. 3 
D. 4 

9. 3.   Perhatikan pernyataan berikut ini !

No
Pemberontakan
No
Pemberontakan
1
Darul Islam/TII
4
PRRI
2
Republik  Maluku Selatan
5
APRA
3
Partai  Komunis  Indonesia
6
Permesta





Berdasarkan   tabel  di atas  pemberontakan  yang  berupaya memecahkan  persatuan  dan  kesatuan   pada periode  1950-1959 ditunjukan  dengan  nomor ….
A. (1), (2)  dan  (3)
B. (1), (3)  dan  (5)
C. (2), (4)  dan   (5)
D. (2), (4)  dan  (6)

10. Perhatikan beberapa pernyataan berikut !
(1)    pemerintah  membubarkan  konstituante
(2)    presiden  diturunkan  dari  jabatannya
(3)    UUDS Tahun1950  dinyatakan  tidak  berlaku lagi
(4)    penaikan  harga  barang  kebutuhan
(5)       kembali  kepada UUD Tahun 1945
Dari  data  di atas  yang  merupakan isi  dari Dekrit  Presiden Tahun 1959  ditunjukkan  dengan         nomor ….
A. (1), (2)  dan (4
B. (1), (3)  dan (4)
C. (1), (3)  dan  (5)
D. (2), (3)  dan  (5)

Anda sedang mengerjakan Latihan Soal USBN PPKn (PKn) SMP / MTs Kurikulum 2013 tahun 2019 Tahun Pelajaran 2018/2019. Ingat ini Bukan Bocoran Soal USBN PPKN (PKn) SMP/MTS Kurikulum 2013, tetapi soal-soal latihan yang mirip dengan soal-soal USBN PPKn (PKn) SMP/MTS berdasarkan Kisi-kisi Kurikulum 2013. Cara menjawabnya juga sangat mudah, Anda tinggal mengklik pada bulatan di samping jawaban yang dianggap paling benar. Selamat berlatih!


11. Dalam suatu rapat terjadi perbedaan pendapat yang dipertahankan oleh masing-masing kelompok sebagai pendapat yang paling tepat untuk dijadikan keputusan dalam rapat sehingga rapat menemui jalan buntu. Dalam kondisi seperti itu akhirnya pemimpin rapat mengambil kebijakan keputusan rapat di tunda dan memanggil perwakilan dari masing-masing kelompok peserta rapat untuk membahas permasalahan dalam rapat kecil. Sikap yang diambil pemimpin rapat ini sebagai bentuk perwujudan sila keempat Pancasila.

Berdasarkan ilustrasi tersebut menunjukkan Pancasila sebagai pandangan hidup yang berfungsi ....

A. menunjukkan arah atau tujuan yang akan dicapai sesuai dengan cita-cita bangsa 
B. memberikan kemampuan untuk menyaring pengaruh-pengaruh yang negatif
C. menunjukkan gagasan-gagasan mengenai wujud kehidupan yang dicita-citakan
D. menjadi pegangan dan pedoman dalam menyelesaikan masalah dan tantangan

12. Perhatikan Pernyataan di bawah ini !
     (1)  Sistem  pemikiran yang terbuka
     (2)  Nilai-nilai dan  cita-citanya  bukan  dari  luar
     (3)  Diciptakan  oleh  negara
     (4)  Dasar pembentukan ideologinya hasil  musyawarah
     (5)  Senantiasa berkembang  sesuai aspirasi Pemikiran
Dari data di atas ciri Pancasila  sebagai  ideologi terbuka  ditunjukkan dengan  nomor ….

A. (1), (2), (3)  dan (4) 
B. (1), (2), (4)  dan (5)
C. (1), (3), (4)  dan (5)
D. (2), (3), (4) dan (5)

13. Hukum  dasar   yang  dijadikan  pegangan  dalam  penyelenggaraan  suatu  negara  adalah...
A. konstitusi
B. konvensi
C. hukum 
D. undang- undang

14. Pokok pikiran pertama Pembukaan Undang-undang Dasar Tahun 1945 menyatakan bahwa Negara melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dengan  berdasar  atas persatuan” Ini  mengandung  arti  bahwa …
A. setiap  warga  negara  wajib  mengutamakan  kepentingan  negara   dan mengabaikan  kepentingan  pribadi dan golongan.
B. kepentingan  pribadi  pejabat penyelenggara  negara harus di atas  kepentingan  negara  atau  golongan
C. setiap  warga  negara  wajib  mengutamakan  kepentingan  negara   di atas  kepentingan  golongan  atau  individu 
D. kepentingan  para pejabat penyelenggara  negara  di atas  kepentingan  negara  atau  golongan

15. Perhatikan  pernyataan  di  bawah ini  !
(1)    Dilihat  dari  tertib hukum  keduanya  antara Pembukaan  dengan  Pasal-pasal  UUD 1945 memilki  kedudukan  yang  berbeda
(2)    Pembukaan UUD 1945  memilki  kedudukan yang  lebih  tinggi  dari  pasal-pasal
(3)    Pembukaan  UUD 1945 merupakan  pokok kaidah  negara  yang  fundamental (staats fundamental norm) bagi  negara Republik  Indonesia
(4)    Pembukaan  UUD  1945  boleh  dirubah sesuai  dengan  kepentingan  pemerintah
(5)    Pasal-pasal  memiliki kedudukan yang lebih tinggi dari Pembukaan UUD 1945 
Pernyataan   yang  benar   ditunjukkan dengan  nomor  ....
A. (1),  (2)  dan  (3)
B. (1),  (3)  dan  (4)
C. (2),  (3)  dan  (4) 
D. (2),  (3)  dan  (5)

16. Perhatikan gambar di bawah ini!

Gambar  di  atas   merupakan  perwujudan dari  pokok  pikiran  Pembukaan  Undang- Undang  Dasar Tahun 1945 yang  ….
A. ke-1
B. ke-2
C. ke-3
D. ke-4

17. Negara Indonesia adalah negara hukum. Hal ini tercantum  dalam Undang-Undang Dasar  Negara Republik Indonesia Tahun 1945  pada  pasal ....
A. 1 ayat (2 )
B. 1 ayat (3)
C. 2 ayat (1 )
D. 3 ayat (1)

18. Tata urutan Peraturan Perundang-Undangan di Indonesia disusun secara hierarkis. Makna hierarki peraturan perundangan adalah peraturan yang ….
A. lebih rendah menjadi pertimbangan pembuatan peraturan diatasnya
B. baru disahkan mengesampingkan peraturan-peraturan yang lama
C. bersifat khusus mengesampingkan peraturan yang bersifat umum
D. lebih tinggi menjadi sumber dan dasar bagi peraturan dibawahnya

19. Berdasarkan  jenis  dan  tingkatan  peraturan perundang-undangan di Indonesia  sesuai  pasal 7 UU  Nomor 12  Tahun 2011, yang  paling  tinggi  adalah .... 
A. Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat
B. Undang-Undang Dasar  Tahun 1945
C. Peraturan Pemerintah
D.Peraturan Presiden

20. Perhatikan penggolongan hukum berikut !
(1).  Hukum Nasional
(2).  Hukum Kebiasaan
(3).  Hukum Internasional
(4).  Hukum Undang-Undang

Berdasarkan  pernyataan di atas, pembagian hukum berdasarkan sumbernya ditunjukkan oleh nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (3) dan (4)

Anda sedang mengerjakan Latihan Soal USBN PPKN (PKn) SMP / MTs berdasarkan Kurikulum 2013 tahun 2019 Tahun Pelajaran 2018/2019. Ingat ini Bukan Bocoran Soal UN USBN PPKn (PKn) SMP/MTS kurikulum 2013, tetapi soal-soal latihan yang mirip dengan soal-soal USBN PPKn (PKn) SMP/MTS kurikulum 2013. Cara menjawabnya juga sangat mudah, Anda tinggal mengklik pada bulatan di samping jawaban yang dianggap paling benar. Selamat berlatih!


21.  Peraturan  yang  ditetapkan  oleh  Presiden  dalam hal  ikhwal kegentingan yang memaksa disebut  ....
A. Peraturan  Pemerintah
B. Keputusan  Presiden 
C. Peraturan  Presiden
D. Peraturan  Pemerintah Pengganti Undang-undang

22.  Perhatikan Pernyataan di bawah ini !
No
Uraian
No
Uraian
1
datang dan  pulang sekolah tepat waktu
4
rajin membantu  orang  tua  bekerja
2
mengikuti upacara  bendera hari Senin
5
menggunakan  pakaian   seragam
3
selalu melaksanakan  tugas  piket 
6
menjaga  nama  baik  keluarga

Berdasarkan  tabel  di  atas  yang  termasuk  ketaatan  terhadap  perundang-undangan  yang berlaku  di  lingkungan  sekolah  ditunjukkan  dengan  nomor  ….

A. (1), (2), (3)  dan  (4)
B. (1), (2), (3), dan  (5)
C. (2), (3), (4)  dan  (5)
D. (3), (4), (5)  dan  (6)

23. Perhatikan gambar di bawah ini!

Pernyataan yang paling tepat dari gambar tersebut adalah ..

A. ketaatan warga masyarakat terhadap hukum
B. perlindungan pemerintah terhadap hukum
C. kesadaran masyarakat terhadap hukum
D. upaya yang berwajib dalam penegakkan hukum

24. Kedaulatan  rakyat  membawa  konsekuensi bahwa….

A. rakyat  sebagai  pemegang  kekuasaan tertinggi dalam  kehidupan  bermasyarakat  dan  bernegara
B. pemerintah  sebagai  pemegang  kekuasaan tertinggi dalam  kehidupan  bermasyarakat  dan  bernegara
C. legislatif   sebagai  pemegang  kekuasaan tertinggi  dalam  kehidupan  bermasyarakat  dan  bernegara.
D. eksekutif  sebagai  pemegang  kekuasaan tertinggi  dalam  kehidupan  bermasyarakat  dan  bernegara

25.  Perhatikan  pernyataan dalam alinea ketiga pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 berikut ini : “Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya”  pernyataan tersebut mengandung makna ....
A. kemerdekaan Indonesia merupakan hasil perjuangan rakyat Indonesia dan atas kuasa Tuhan Yang Maha Esa
B. niat yang luhur dan rahmat Tuhan Yang Maha Esa menjadi pendorong bangsa Indonesia untuk terus berjuang melenyapkan bangsa penjajah
C. kemerdekaaan  tidak semata-mata adalah hasil pemberian dari pemerintah Jepang, tetapi juga atas kuasa dan rahmat Tuhan Yang Maha Esa
D. kemerdekaan merupakan keinginan dan tekad sebagian pemimpin bangsa Indonesia untuk menjadikan bangsa yang bebas merdeka

26. Indonesia menganut bentuk pemerintahan demokrasi dimana kedaulatan rakyat menjadi pilar dalam penyelenggaraan pemerintahan. Pernyataan berikut ini yang merupakan makna dari kedaulatan rakyat adalah ...

A. pemerintah wajib tunduk kepada rakyat
B. rakyat menjalankan pemerintahan secara langsung
C. rakyat sebagai pemegang kekuasaan tertinggi dalam negara
D. pemerintahan di jalankan untuk kepentingan wakil-wakil rakyat

27. Perhatikan  pernyataan  berikut  ini !
(1)       untuk  menghindari  konflik  kepentingan  dalam masyarakat  diperlukan  adanya norma atau aturan yang  dijadikan  pedoman  dalam  hidup
(2)        norma  atau  aturan  dibuat  untuk menciptakan ketertiban  dan  kedamaian  dalam masyarakat
(3)       Seluruh  kelompok  masyarakat  pasti  memilki norma  atau  aturan  hidup  yang  sama
(4)       tiap  kelompok  masyarakat  memiliki perbedaan corak budaya  dan  sifat masyarakatnya
(5)       norma yang dibuat oleh negara  berbentuk peraturan  tertulis sedangkan  norma  yang berkembang  di masyarakat  tidak  tertulis
Pernyataan  yang  menunjukkan fungsi dan  keberadaan norma di lingkungan masyarakat ditunjukkan  dengan  nomor .....

A. (1), (2), (3)  dan (4)
B. (1), (3), (4)  dan (5)
C. (1), (2), (4)  dan (5)
D. (2), (3), (4)  dan (5)

28. Perhatikan tabel  di  bawah  ini !

1
politik  adu domba
3
politik  etika
2
kerja paksa rodi
4
tanam  paksa

Berdasarkan  tabel di atas yang  merupakan  tindakan  kekejaman  bangsa Belanda yang membuat rakyat  Indonesia   menderita sehingga bangkit menumbuhkan benih perlawanan di berbagai daerah  ditunjukkan  dengan  nomor …. 

A. (1), (2)  dan (3) 
B. (1), (2)  dan (4)
C. (1), (3)  dan (4)
D. (2), (3)  dan (4)

29. Rudi meminta ijin kepada orang tuanya hendak mengerjakan tugas sekolah di rumah temannya, namun sebenarnya dia pergi untuk bermain. Perbuatan Rudi ini telah melanggar norma kesusilaan.
Pernyataan yang menunjukkan sanksi yang akan diterima Rudi adalah ....
A. selama bermain hati Rudi merasa gembira
B. Rudi tidak di ijinkan pulang oleh orang tuanya 
C. timbul ketidakpercayaan orangtuanya  kepada Rudi 
D. ketika pulang Rudi mendapat amarah dari tetangga rumahnya 

30. Sesi  pergerakan  perjuangan  bangsa  Indonesia yang  mulai  menyadari  kondisi  dan  potensi sebagai  suatu  bangsa  adalah  tahap  pembinaan  persatuan bangsa Indonesia  yaitu…..
A. perasaan  senasib 
B. proklamasi  kemerdekaan
C.sumpah  pemuda
D. kebangkitan  nasional 

Anda sedang mengerjakan Latihan Soal USBN PPKn (PKn) SMP / MTs Kurikulum 2013 tahun 2019 Tahun Pelajaran 2018/2019. Ingat ini Bukan Bocoran Soal USBN PPKn (PKn) SMP/MTS Kurikulum 2913, tetapi soal-soal latihan yang mirip dengan soal-soal UN USBN PPKn (PKn) SMP/MTS Kurikulum 2013. Cara menjawabnya juga sangat mudah, Anda tinggal mengklik pada bulatan di samping jawaban yang dianggap paling benar. Selamat berlatih!

31.Negara  Kesatuan  Republik  Indonesia  lahir karena dipertegas  oleh  sikap  dan  komitmen  pemuda untuk  bertanah air, berbangsa  dan berbahasa satu Indonesia  yang  diikrarkan  pada  tanggal….
A. 20 Mei 1908
B. 28 Oktober  1928
C. 28 November  1928
D. 28 Desember 1928

32. Perhatikan pernyataan  di  bawah  ini !
No
Nilai Luhur
No
Nilai Luhur
1
Nasionalisme
4
kedaerahan
2
Persatuan
5
individualisme
3
rela  berkorban
6
persaudaraan

Berdasarkan pernyataan  di  atas  nilai-nilai  luhur  yang  terkandung  dalam  Sumpah  Pemuda  1928  ditunjukkan  dengan nomor…....
A. (1), (2), (3)  dan (6) 
B. (1), (3), (4)  dan (6)
C. (1), (3), (4)  dan (6)
D. (2), (3), (4)  dan (5)

33. Persatuan dan Kesatuan harus selalu kita perkuat. Salah satu contoh tindakan yang dapat dilakukan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan dalam lingkungan masyarakat adalah ....

A. membayar pajak sesuai dengan waktunya
B. melakukan kampanye anti bullying di Sekolah
C. mengadakan kegiatan pentas seni antar pelajar
D. membiasakan diri bertegur sapa dengan tetangga 

34. Kenyataan masyarakat Indonesia yang majemuk dengan keanekaragaman suku, bahasa, agama, adat dan kebudayaannya apabila terjalin dengan baik merupakan …
A. kekayaan dan keindahan bangsa
B. penghalang dalam pembangunan nasional
C. pemicu kerusuhan antar daerah
D. penyebab kemiskinan bangsa Indonesia

35.  Perhatikan  pernyataan berikut  ini !
(1)    menghormati  ajaran  agama  yang diyakini orang  lain
(2)    memaksa kepada  orang  lain  untuk  meyakini ajaran  agama  yang kita  anut
(3)    melaksanakan   ajaran  agama   yang diyakininya  dengan  baik
(4)    mengembangkan  hidup  rukun  dan  toleran terhadap  orang yang  berbeda agama 
Bentuk  perilaku   kehidupan  yang  harus dikembangkan dalam  keberagaman agama diantaranya  diwujudkan  dalam  bentuk ....
A. (1),  (2)  dan  (3)
B. (1),  (2)  dan  (4)
C. (1),  (3)  dan  (4)
D. (2),  (3)  dan  (4)

36. Prinsip   yang  mengharuskan  kita  mengakui bahwa  bangsa  Indonesia   merupakan bangsa yang  terdiri  atas  berbagai  suku, bahasa, agama dan adat  kebiasaan  yang majemuk,  sehingga mewajibkan   kita  bersatu  sebagai  bangsa Indonesia. Dalam  hubungan   makna   persatuan Indonesia hal  ini  termasuk  prinsip ....

A. Bhineka  Tunggal  Ika
B. nasionalisme  Indonesia
C. wawasan  nusantara
D. mewujudkan  cita-cita  reformasi

37. Sering kita jumpai seseorang menunjukkan gaya hidup mewah. Mereka menyukai barang mahal produksi luar negeri bahkan tak jarang mereka memamerkan koleksi barang mewah mereka di media sosial. Harga mahal bukan halangan bagi mereka untuk membeli karena memiliki barang bermerek dari luar negeri dirasa mampu meningkatkan kepercayaan diri dan eksistensi. Faktor penyebab lunturnya kebanggaan terhadap produk dalam negeri adalah ....
A. munculnya rasa iri sebagian masyarakat terhadap para publik figur
B. rendahnya kemampuan seseorang mengendalikan keinginannya
C. tingginya semangat untuk memperlihatkan kekayaan pribadi
D. rendahnya semangat nasionalisme dan patriotisme di masyarakat


38. Dalam  pasal 30 Undang- undang  Dasar 1945 ditegaskan  bahwa  ikut  serta  dalam  usaha pertahanan  dan  keamanan  negara  itu merupakan hak  dan  kewajiban …
A. pemerintah
B. TNI
C. warga  negara
D. POLRI


39. Potensi ancaman dari dalam negeri yang dihadapi Negara Kesatuan  Republik Indonesia  diantaranya adalah .....
A. adanya  potensi disintegrasi  bangsa
B. masuknya   ideologi   liberalisme  dan komunisme
C. campur  tangan  bangsa  lain  terhadap urusan   dalam negeri  Indonesia
D.menjamurnya   investasi  asing  dan perusahaan  asing  di Indonesia


40. Perhatikan   pernyataan  berikut  ini !
(1)  melaksanakan  upacara  bendera  di sekolah secara  khidmat
(2)  menghayati  dan  memahami  makna  lagu-lagu  perjuangan
(3)  memelihara  kerukunan  dengan  tetangga di  lingkungan  masing-masing
(4)  membaca  buku-buku  yang  bertemakan perjuangan  di  perpustakaan
Contoh perilaku  nilai-nilai  patriotisme di lingkungan sekolah ditunjukkan dengan nomor....
A. (1),  (2)  dan  (3)
B. (1),  (2)  dan  (4)
C. (1),  (3)  dan  (4)  
D. (2),  (3)  dan  (4)



PENASARAN MAU LAGI (DISINI)


Demikian contoh sederhana latihan online Soal USBN PPKn (PKn) SMP Kurikulum 2013 Tahun 2019 atau Tahun Pelajaran 2018/2019. Terima Kasih Semoga bermanfaat. 
=======================================



Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "LATIHAN SOAL USBN PPKN (PKN) SMP - MTS KURIKULUM 2013 TAHUN 2019"

Post a Comment