LATIHAN SOAL USBN SMP IPS KURIKULUM 2013 TAHUN 2019

Loading...

Latihan Online Soal USBN SMP IPS Kurikulum 2013 Tahun 2019


Berikut Contoh Latihan Online Soal USBN IPS SMP Kurikulum 2013 tahun 2019 Tahun Pelajaran 2018/2019. Desain soal latihan ini sebagai hasil pelatihan membuat soal Online melalui Blogspot. Mudah-mudahan bisa digunakan untuk sekedar memberikan persiapan berlatih mempelajari soal USBN IPS SMP Kurikulum 2013 ala games. 



DILARANG MENGCOPY

Petunjuk: Klik pada jawaban yang menurut anda benar..!!

(1) Waktu tes tulis selama 120 menit;
(2) Pilihlah salah satu jawaban yang dianggap paling benar (masing-masing soal memiliki bobot 1);
(3) Pemeriksaan hasil tes tulis dilakukan melalui sistem komputerisasi; Ketepatan jawaban dapat dilihat langsung pada notifikasi. Selamat mencoba. 



1. Letak Geografis adalah letak suatu wilayah berdasarkan kondisi yang sebenarnya diatas permukaan bumi.  Berdasarkan letak geografis posisi Indonesia berada diantara dua benua dan dua samudra yaitu….
A. Benua Asia dan  benua Australia serta samudra Pasifik dan samudra Atlantik
B. Benua Eropa dan Asia Serta samudra Pasifik dan samudra Hindia
C. Benua Eropa dan Asia Serta samudra Pasifik dan samudra Atlantik
D. Benua Asia dan benua Australia serta samudra Pasifik dan samudra Hindia

2. Letak geostrategis Indonesia di antara dua benua dan dua samudera menimbulkan keuntungan dalam bidang ekonomi, transportasi, dan komunukasi. Berikut ini yang bukan termasuk keuntungan letak geostrategis Indonesia dalam bidang ekonomi adalah ….
A. produk yang berciri khas Indonesia seperti batik dan ukiran semakin terkenal di dunia
B. barang impor illegal semakin meningkat karena didukung sarana transportasi yang memadai
C. jumlah wisatawan asing semakin meningkat sehingga bisa menambah penghasilan masyarakat
D. masyarakat semakin kreatif menciptakan barang agar dapat bersaing di pasar dunia

3. Perhatikan Gambar arah angin muson di bawah ini !

Berikut ini pernyataan yang benar sesuai dengan gambar di atas adalah…
A. petani Indonesia mulai  menyiapkan lahannya menanam padi
B.  nelayan dapat mencari ikan di laut tanpa terganggu  cuaca
C. sebagian petani Indonesia membiarkann lahannya tidak di tanami
D. pasokan Ikan di pasar cukup melimpah

4. Pemerintah Indonesia, giat membangun jalan sehingga membuka konektivitas antar daerah. Dampak konektivitas tersebut adalah ....
A. pola pergerakan barang akan mudah dikendalikan para pengusaha 
B. kemampuan ekonomi didominasi penduduk dari wilayah yang lebih maju
C. potensi ekonomi dapat diolah untuk meningkatkan kesejahteraan penduduk
D. produksi barang mengalir ke wilayah terisoler hingga penduduk konsumtif

5. Pengelolaan sumber daya alam yang baik harus mendukung  tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan. Adapun salah satu ciri pembangunan berkelanjutan (sustainable development) adalah ….          
A. penggunaan sumber daya alam semaksimal mungkin tanpa ada analisa mengenai dampak lingkungan
B. penggunaan sumber energi untuk industri tanpa ada usaha mencari sumber energi alternatif yang ramah lingkungan
C. pembangunan di segala bidang untuk memenuhi kebutuhan sekarang dan generasi yang akan data
D. pemanfaatan sumber daya alam untuk membangun di segala bidang tanpa mempertimbangkan kebutuhan generasi yang akan datan

6. Indonesia terletak di poros dunia seperti tampak pada gambar di bawah ini. 

Keuntungan yang diperoleh Indonesia posisi tersebut adalah ….

A. menjadikan Indonesia pusat persinggahan para penguasa dunia 
B. menimbulkan berbagai budaya dunia di wilayah sekitar Indonesia
C. mendukung kehidupan berbagai jenis flora fauna di wilayah Indonesia
D. menyebabkan Indonesia berada di jalur lalu lintas perdagangan dunia

7. Perhatikan gambar berikut ini! 


Dari gambar tersebut yang termasuk contoh  proses sosial asosiatif adalah ditunjukkan oleh gambar nomor ….
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3 
C. 1 dan 4
D. 2 dan 4

8. Keluarga merupakan unit sosial yang terkecil dalam masyarakat yang terdiri dari ayah, ibu dan anaknya. Salah satu fungsi lembaga keluarga yang mengharapkan dalam keluarga tersebut memberikan keturunan disebut ….
A. fungsi ekonomi
B. fungsi proteksi
C. fungsi reproduksi 
D. fungsi sosial 

9. Faktor-faktor penyebab perubahan sosial:
1)        Bertambah atau berkurangnya penduduk
2)        Penemuan-penemuan baru
3)        Pengaruh lingkungan alam
4)        Pengaruh kebudayaan masyarakat lain
5)        Pertentangan atau konflik dalam masyarakat
Dari pernyataan tersebut,yang merupakan penyebab perubahan sosial dari dalam masyarakat (internal) adalah....
A. 1,2  dan 3
B. 1,2  dan 5
C. 2,3  dan 4
D. 2,3  dan 5

10. Jumlah penduduk di kecamatan Makmur pada tahun 2017 adalah 2.500 jiwa. Angka kelahiran yaitu 15 per seribu penduduk, sedangkan angka kematian 5 per seribu penduduk Maka jumlah penduduk di kecamatan Makmur pada tahun 2018 adalah …..
A. 2.525 jiwa
B. 2.550 jiwa
C. 2.575 jiwa 
D. 2.600 jiwa

Anda sedang mengerjakan Latihan Soal USBN IPS SMP / MTs Kurikulum 2013 tahun 2019 Tahun Pelajaran 2018/2019. Ingat ini Bukan Bocoran Soal USBN IPS SMP/MTS Kurikulum 2013, tetapi soal-soal latihan yang mirip dengan soal-soal USBN IPS SMP/MTS berdasarkan Kisi-kisi Kurikulum 2013. Cara menjawabnya juga sangat mudah, Anda tinggal mengklik pada bulatan di samping jawaban yang dianggap paling benar. Selamat berlatih!


11. Siswa sering membolos dari sekolah dan terlibat dalam geng motor yang sering melanggar hukum karena kurang perhatian dari orangtua.
Faktor yang memengaruhi perilaku menyimpang tersebut adalah ....

A. sanksi keluarga lemah bagi pelanggar norma 
B. lingkungan keluarga yang kurang mendukung
C. pengaruh negatif dari lingkungan keluarga
D. lingkungan keluarga memberi kebebasan

12. Perubahan sosial membawa dampak positif dan negartif bagi kehidupn masyarakat. Contoh perilaku positif sebagai akibat adanya perubahan sosial yaitu..

A. adanya kelompok masyarakat yang mengalami ketertinggalan kemajuan budaya
B. lunturnya kaidah-kaidah atau norma-norma budaya yang lama
C. terbentuknya pola pikir yang lebih ilmiah dan rasional dalam masyarakat
D. tergesernya bentuk-bentuk budaya nasional oleh budaya asing

13. Kawasan Perumahan Jingga mengalami kebanjiran saat hujan deras di kawasan tersebut. Upaya yang dilakukan warga Perumahan Jingga untuk mengatasinya adalah ....
A. menyalurkan air keluar kawasan perumahan
B. menugaskan warga mengawasi saluran air
C. membersihkan saluran air secara bersama-sama 
D. membuat lubang biopori di setiap rumah warga

14. Perhatikan gambar di bawah ini !

Dari gambar diatas menunjukkan perpaduan antara budaya Islam dengan budaya Hindu-Buddha dalam bentuk seni bangunan. Perpaduan budaya sperti ini disebut proses sosial …
A. asimilasi.
B. akulturasi
C. akomodasi 
D. kontravensi

15. Perhatikan gambar di bawah ini !


Alat –alat yang digunakan pada zaman Paleolithikum atau zaman batu tua terlihat pada gambar nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

16. Penyebaran agama Islam masuk ke Indonesia melalui berbagai cara (saluran islamisasi). Berikut ini yang bukan termasuk saluran islamisasi di Indonesia adalah ….
A. pernikahan
B. perdagangan
C. peperangan
D. pendidikan

17. Pergerakan nasional adalah masa tumbuh dan berkembangnya kesadaran nasional dalam perjuangan untuk mencapai Indonesia merdeka. Adapun salah satu faktor pendorong lahirnya pergerakan nasional adalah …
A. keberhasilan perjuangan masyarakat di berbagai daerah melawan kolonialisme
B. masyarakat Indonesia semakin mengenal gaya hidup bangsa barat
C. keadaan ekonomi masyarakat Indonesia selama masa penjajahan Belanda semakin membaik
D. penerapan politik etis  mengakibatkan banyak orang Indonesia yang berpendidikan modern

18. Salah satu perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan adalah adanya persebaran penduduk.Tujuan utama pemerintah kolonial Belanda melakukan transmigrasi penduduk Jawa ke luar Jawa adalah ….
A. meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat dari Pulau Jawa
B. menyebarkan tenaga murah di berbagai perkebunan Sumatera dan Kalimantan
C. membantu Belanda perang melawan tentara Jepang yang ingin menguasai Indonesia
D. membantu Belanda membangun sarana transportasi dan komunikasi

19. Perhatikan pernyataan di bawah ini
1)       RI dan Belanda akan bekerja sama membentuk Negara Indonesia Serikat (NIS) dengan nama RIS
2)        RIS dan Belanda akan membentuk Uni Indonesia Belanda dengan Ratu Belanda sebagai Ketua UNI
3)       Belanda tetap berdaulat atas seluruh wilayah Indonesia sampai diserahkan pada Republik Indonesia Serikat yang segera dibentuk;
4)       RIS memiliki kedudukan yang sejajar dengan negara Belanda dalam Uni Indonesia-Belanda;
5)       Belanda akan menyerahkan kedaulatan kepada RIS pada akhir Desember 1949
6)       Dibentuk Uni Indonesia Belanda Berdasarkan kerjasama sederajat

Bedasarkan pernyataan di atas yang merupakan hasil dari perundingan Renville antara Indonesia dan Belanda ditunjukkan oleh nomor...
A. 1 dan 2
B. 3 dan 4
C. 4 dan 5
D.5 dan 6

20. Akhir masa Orde Baru ditandai dengan banyaknya kritikan dan tuntutan perubahan di berbagai bidang kehidupan. Berikut yang bukan menjadi sebab tuntutan masyarakat terhadap perubahan kebijakan politik, ekonomi, dan hukum adalah .....
A. kebebasan pers untuk mengkritisi pemerintah
B. terjadinya monopoli terhadap kelompok tertentu
C. kebijakan ekonomi telah menimbulkan ketimpangan ekonomi
D. keberadaan partai politik dianggap tidak mampu memenuhi aspirasi politik masyarakat

Anda sedang mengerjakan Latihan Soal USBN IPS SMP / MTs berdasarkan Kurikulum 2013 tahun 2019 Tahun Pelajaran 2018/2019. Ingat ini Bukan Bocoran Soal UN USBN IPS SMP/MTS kurikulum 2013, tetapi soal-soal latihan yang mirip dengan soal-soal USBN IPS SMP/MTS kurikulum 2013. Cara menjawabnya juga sangat mudah, Anda tinggal mengklik pada bulatan di samping jawaban yang dianggap paling benar. Selamat berlatih!

21. Peninggalan kebudayaan megalithikum ternyata masih dapat dilihat sampai sekarang, karena pada beberapa suku-suku bangsa di Indonesia masih memanfaatkan kebudayaan tersebut. Bukti dari hal ini adalah .....
A. ditemukan alat-alat untuk menyimpan hasil panen petani
B. banyak peninggalan prasejarah masih digunakan masyarakat 
C. banyak masyarakat masih melanjutkan tradisi masyarakat prasejarah
D. sistem kepercayaan tentang asal-usul pemujaan terhadap arwah leluhur

22.  Perhatikan gambar pahlawan nasional berikut ini !


Dari gambar tersebut yang termasuk tokoh yang merumuskan teks proklamasi kemerdekaan adalah ….

A. 1, 2 dan 3
B. 2, 3 dan 4
C. 1, 2 dan 4
D.  1, 3 dan 4

23. 10. Perhatikan pernyataan di bawah ini
1)       Kembali ke UUD 1945
2)       Tidak berlakunya UUDS 1950
3)       Akan dibentuk MPRS dan DPAS
4)       Pembentukan Kabinet Presidensiil 
Dari pernyataan di atas yang merupakan isi dari Dekrit Presiden 5 Juli 1959 ditunjukkan oleh nomor...

A. 1, 2, 3
B. 1, 2, 4
C. 1, 3, 4
D. 2, 3, 4

24. Perhatikan tabel di bawah ini!
I
II
1.        Penurunan nilai mata Uang (Devaluasi)
2.        Deklarasi ekonomi
3.        Pencetakan uang baru
1.        Gunting syafrudin
2.         Sistem ekonomi gerakan Benteng
3.        Nasionalisasi De Javasche Bank
III
IV
1.        Program jangka pendek
2.        Program jangka Panjang
3.        Trilogi pembangunan

1.        Mengurangi subsidi bahan bakar minyak
2.        Pemberian bantuan langsung tunai
3.        Pengurangan utang luar negeri
Dari tabel di atas yang merupakan kebijakan ekonomi pada masa Demokrasi terpimpin adalah.

A. I
B. II
C. III
D. IV

25.  Pemilu I telah terlaksana dengan baik namun ternyata anggota DPR dan Dewan Konstituante tidak mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Hal ini disebabkan oleh adanya kencenderungan partai-partai politik yang lebih mementingkan kelompoknya. Kondisi tersebut menyebabkan Presiden RI mengeluarkan Dekrit Presiden 5 Juli 1959. Faktor penyebab  dikeluarkan Dekrit tersebut adalah .....
A. keinginan presiden menjadi pemimpin besar revolusi
B. PKI ikut campur tangan dalam bidang pemerintahan
C. konstituante membubarkan diri sebelum sidang berakhi
D. kegagalan konstituante dalam menyusun konstitusi baru

26. Bacalah kutipan berita berikut  ini !

“Sumpah Pemuda merupakan hasil Kongres Pemuda Kedua yang dilaksanakan pada tanggal 27 - 28 Oktober 1928 di Batavia atau kini dikenal sebagai Jakarta. Kongres ini melibatkan seluruh organisasi pemuda di Hindia Belanda saat itu seperti Jong Java, Jong Ambon, Jong Celebes, Jong Batak, Jong Sumatranen Bond, Jong Islamieten Bond, Sekar Rukun, PPPI, Pemuda Kaum Betawi, dan masih banyak lagi. Peristiwa ini menjadi satu tonggak penting dalam sejarah pergerakan nasional bangsa Indonesia dengan menghasilkan keputusan penting yang menegaskan cita-cita akan adanya "tanah air Indonesia", "bangsa Indonesia", dan "bahasa Indonesia".  Selain itu lagu 'Indonesia Raya' ciptaan Wage Rudolf Supratman ditetapkan sebagai lagu kebangsaan.
Sumber : http://www.tribunnews.com/nasional/2017/10/28

Berdasarkan kutipan berita di atas, pernyataan yang kurang tepat terkait dengan makna yang terkandung dalam peristiwa tersebut adalah ...

A. Munculnya perubahan pola pikir dari lingkup kedaerahan ke cakrawala nasional
B. Munculnya kesadaran nasional bahwa seluruh penduduk yang mendiami kepulauan nusantara menjadi satu  bangsa
C. Munculnya kesepakatan penggunaan bahasa persatuan sebagai media perjuangan mencapai kemerdekaan
D. Munculnya kesadaran untuk menuntut kemerdekaan dengan menentang ketidakadilan selama masa penjajahan

27. Pada awal Negara Republik Indonesia berdiri, kehidupan bangsa Indonesia belum stabil. Bidang politik, ekonomi, sosial,   dan kebudayaan masih mengalami kekurangan di sana-sini. Pernyataan kemerdekaan Indonesia  belum berarti kehidupan  bangsa Indonesia berubah secara drastic.  Proklamasi hanyalah merupakan titik awal  untuk mengantar rakyat Indonesia ke pintu gerbang menuju kemajuan dan kesejahteraan sosial.

Berikut ini pernyataan yang tidak sesuai dengan wacana di atas adalah…..

A. dengan kemerdekaan Bangsa Indonesia berhak mengatur sendiri negaranya
B. bangsa Indonesia telah terbebas dari segala bentuk ikatan bangsa-bangsa asing
C. kemerdekaan merupakan tonggak pembaharuan kehidupan bangsa Indonesia
D. kemerdekaan Indonesia merupakan titik akhir perjuangan bangsa Indonesia

28. Pasar berfungsi memperlancar proses penyaluran barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Fungsi pasar tersebut adalah sebagai…. 

A. sarana promosi 
B. sarana distribusi
C. sarana informasi
D. sarana pembentuk harga

29. ASEAN Free Trade Area (AFTA) merupakan wujud  kesepakatan dari Negara-negara ASEAN untuk membentuk kawasan bebas perdagangan. Keikut sertaan Indonesia dalam AFTA menimbulkan konsekwensi....
A. mengurangi komoditas ekspor sesuai ketentuan AFTA
B. mengekspor komoditas ke Negara yang di tunjuk AFTA 
C. mengenakan tariff impor sesuai ketentuan AFTA 
D. mengenakan tariff ekspor yang dikehendaki AFTA 

30. Koperasi sebagai salah satu lembaga operator diharapkan memiliki pengaruh terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Berikut ini yang bukan termasuk peranan koperasi dalam perekonomian nasional adalah …..
A. membantu meningkatkan penghasilan dan kemakmuran anggota khususnya dan masyarakat umumnya 
B. memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional
C. mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional yang merupakan usaha bersama atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi
D. mengelola cabang-cabang produksi yang menguasa hajat hidup orang banyak dan dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat 

Anda sedang mengerjakan Latihan Soal USBN IPS SMP / MTs Kurikulum 2013 tahun 2019 Tahun Pelajaran 2018/2019. Ingat ini Bukan Bocoran Soal USBN IPS SMP/MTS Kurikulum 2913, tetapi soal-soal latihan yang mirip dengan soal-soal UN USBN IPS SMP/MTS Kurikulum 2013. Cara menjawabnya juga sangat mudah, Anda tinggal mengklik pada bulatan di samping jawaban yang dianggap paling benar. Selamat berlatih!

31.Faktor produksi   asli  terdiri atas  sumberdaya alam berupa hasil tambang, hasil hutan, sumberdaya energi, dan  tenaga kerja. Sedangkan faktor produksi turunan terdiri atas modal seperti mesin, saham, obligasi dan kewirausahaan.
Perbedaan faktor produksi asli dan turunan adalah faktor produksi asli ….
A. berhubungan langsung dengan sumberdaya, sedangkan faktor produksi turunan sarana prasarana  yang dibutuhkan dalam proses produksi
B. berhubungan dengan kredit untuk modal, sedangkan faktor produksi turunan berhubungan dengan bahan baku yang dipakai sekali habis
C. dapat digunakan kembali dalam proses produksi berikutnya, sedangkan faktor produksi turunan berhubungan dengan daya dukung untuk produksi
D. merupakan bahan baku utama, sedangkan faktor produksi turunan berhubungan dengan barang komplementer atau pengganti untuk produksi

32. Pembentukan Gerakan Non Blok tidak dapat terlepas dari   perkembangan setelah berakhirnya Perang Dunia II (PD II). Salah satu latar belakang munculnya Gerakan Non Blok adalah......
A. sebagian besar negara-negara di kawasan Asia dan Afrika belum mendapat kemerdekaan 
B. kekalahan Jepang karena P Hirosima dan Nagasaki di bom oleh tentara Sekutu
C. munculnya dua blok yaitu Blok Barat dan Blok Timur yang bersaing memperebutkan pengaruh dunia Internasional
D. menentang berbagai bentuk pakta pertahanan militer

33. Perbedaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan Badan Usaha Milik Swasta (BUMS), terletak pada ….


Pilihan
Kategori
BUMN
BUMS
1.
tujuan
menyediakan barang/jasa hidup orang banyak
mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya
2.
sifat usaha
sektor informal
sektor formal
3.
modal usaha
pemerintah pusat secara keseluruhan
pemerintah daerah 51% dan individu 49%
4.
badan hukum
berbentuk toko penjualan retail, bengkel, penjahit,
berbentuk perusahaan komanditer, perseorangan, firma


A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

34. Contoh kreatifitas yang ditunjukan seorang siswa SMK teknologi terhadap potongan kayu yang tak terpakai adalah …
A. digunakan untuk kayu bakar
B. disusun menjadi hiasan dinding
C. dijual dengan harga yang murah
D. disimpan saja

35. Perhatikan kegiatan manusia dalam memenuhi kebutuhan di bawah ini!
1)         Memberi pinjaman tanpa bunga untuk modal usaha
2)         Membeli barang yang dianggap perlu dan penting
3)         menyisihkan dana untuk membantu sesama
4)         Membeli barang yang berkualitas
5)         Membantu orang lain yang mengalami kesulitan
Berdasarkan pernyataan di atas yang merupakan kegiatan manusia sebagai mahluk sosial ditunjukkan oleh nomor…..
A. (1),  (2)  dan  (3)
B. (1),  (2)  dan  (4)
C. (1),  (3)  dan  (4)
D. (1),  (3)  dan  (5)

36. Di bawah ini yang termasuk kegiatan distribusi adalah..



A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

37. Kualitas tenaga kerja yang rendah seperti tidak menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi disebabkan tingkat pendidikan penduduk yang rendah sehingga tidak sesuai dengan jenis pekerjaan yang tersedia.
Peran pemerintah yang sangat penting dalam peningkatan mutu tenaga kerja melalui ....
A. membuka kesempatan kerja baru di daerah-daerah tujuan transmigran
B. mengembangkan usaha sektor informal di setiap perkampungan
C. mensosialisasikan informasi ketenagakerjaan melalui lembaga terkait
D. mengadakan kursus keterampilan tenaga kerja bagi siswa putus sekolah


38. Kurva permintaan dan penawaran buah naga di pasar X:


Harga dan jumlah keseimbangan pada kurva buah naga tersebut adalah ....
A. Rp. 15.000,00 dan 1
B. Rp. 20.000,00 dan 2
C. Rp. 25.000,00 dan 3
D. Rp. 30.000,00 dan 4


39. Perhatikan tabel di bawah ini !
Nama
Pekerjaan
Tindakan Ekonomi
Motif Ekonomi
Karakter yang diharapkan
Agus
Pedagang
Berdagang barang kebutuhan sehari-hari
Mencari keuntungan
Santun, jujur, dan tanggung jawab

Pernyataan yang benar dari tabel di atas adalah….
A. ketika seseorang bersikap ramah dalam bekerja, serta melakukan kewajiban yang baik maka akan mendapat apa yang dia cari
B. bersikap ramah dan santun dalam bekerja biasanya akan mendapat keuntungan yang besar
C. melakukan pekerjaan dengan tekun sesuai dengan bidangnya akan sangat menyenangkan ketika mendapat keuntungan
D. melakukan pekerjaan sebaiknya sesuai dengan keinginan agar mendapat hasil yang maksimal


40. Pak Darsa adalah seorang petani di desa. Ketika panen Pak Darsa ingin agar anaknya yang sekolah di kota ikut menikmati hasil panennya, tetapi ia tidak mungkin  mengantarkan jeruk ke kota karena takut keburu busuk. Akhirnya Pak Darsa menjual jeruknya kemudian mengirimkan uangnya kepada anaknya di kota. Hal ini menunjukan fungsi uang sebagai alat....
A. penunjuk kekayaan
B. pembentuk kekayaan
C. pemindah kekayaan 
D. penimbun kekayaan



PENASARAN MAU LAGI (DISINI)


Demikian contoh sederhana latihan online Soal USBN IPS SMP Kurikulum 2013 Tahun 2019 atau Tahun Pelajaran 2018/2019. Terima Kasih Semoga bermanfaat. 
=======================================



Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "LATIHAN SOAL USBN SMP IPS KURIKULUM 2013 TAHUN 2019"

Post a Comment