Alif Lam Qomariah Beserta Contohnya Dalam Surat Al Baqarah Beserta Ayatnya

Loading...

Alif Lam Qomariah Dan Contohnya Surat Al Baqarah

Alif Lam Qomariah | Ilmu tajwid adalah ilmu yang menjelaskan bagaimana caranya membaca al-quran yang baik dan benar karena al-Quran bukanlah bacaan yang bisa dibaca secara sembarangan, ada aturan aturan tertentu bagaimana cara membacanya. Pada tulisan kali ini kita akan belajar materi ilmu tajwid tentang hukum bacaan alif lam, dimana hukum bacan alif lam ini terbagi atas 2 bagian yakni Qomariah dan syamsiah.

Pelajari materi-materi ilmu tajwid sebelumnya tentang hukum nun mati dan tanwin disini : 4 Hukum Nun Mati Dan Tanwin Serta Skema Pembagiannya

Mari kita bahas hukum bacaan alif lam yang pertama terlebih dahulu, yakni qomariah sebagai berikut :

Pengertian Alif Lam Qomariah

Pengertian alif lam qomariah ialah setiap ada alif lam yang bertemu dengan salah satu huruf qomariah yang berjumlah 14 maka harus dibaca izhar alif lamnya alias dibaca jelas. Alif lam seperti ini dinamakan qomariah yang berarti “bulan” karena cara membacanya yang jelas ibarat seperti kita melihat bulan yang terlihat jelas.

Tanda yang paling mudah untuk menentukan apakah alif lam tersebut termasuk qomariah atau bukan dalam al-quran adalah dengan tidak adanya tasydid atau musyaddad pada huruf setelahnya, jika huruf setelahnya bertasydid berarti bukan qomariah tapi syamsiah.

Adapun jumlah huruf qomariah semuanya ada 14, berikut ini adalah rincian huruf-huruf beserta contoh alif lam qomariah dalam surat al baqarah lengkap dengan urutan suratnya :

No

Huruf

Contoh

Ayat

1

ا

الْأَرْضَ

Al Baqarah : 11

2

ب

الْبَرْقُ

Al Baqarah : 20

3

غ

بِالْغَيْبِ

Al Baqarah : 3

4

ح

الْحَقُّ

Al Baqarah : 26

5

ج

الْجَنَّةَ

Al Baqarah : 35

6

ك

بِالْكَافِرِينَ

Al Baqarah : 19

7

و

بِالْوَالِدَيْنِ

Al Baqarah : 83

8

خ

الْخَاسِرُونَ

Al Baqarah : 27

9

ف

الْمُفْلِحُونَ

Al Baqarah : 5

10

ع

الْعَلِيمُ

Al Baqarah : 32

11

ق

الْقَرْيَةَ

Al Baqarah : 58

12

ي

بِالْيَوْمِ

Al Baqarah : 8

13

م

الْمَوْتِ

Al Baqarah : 19

14

ه

بِالْهُدَىٰ

Al Baqarah : 16

Dari contoh-contoh di atas nampak jelas bagaimana hukum bacaan alif lam yang termasuk dalam hukum bacaan qomariah alias alif lam yang dibaca izhar atau jelas.

Sobat bisa downlaod surat al-Baqarah disini : Download Bacaan Surah Al Baqarah Full Mp3 Suara Merdu

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian alif lam qomariah serta jumlah hurufnya yang dilengkapi dengan contohnya dalam surat al Baqarah beserta ayatnya lengkap. Wallahu A’lam Bishawaab.

Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alif Lam Qomariah Beserta Contohnya Dalam Surat Al Baqarah Beserta Ayatnya"

Post a Comment