JUKNIS FLS2N SD DAN FLS2N SMP TAHUN 2018

Loading...
A. JUKNIS FLS2N SD TAHUN 2018
Juknis FLS2N SD Tahun 2018. Pendidikan di sekolah dasar merupakan bagian dan sistem pendidikan yang menyeluruh dalam rangka pembinaan karakter anak agar tumbuh dan berkembang secara seimbang baik jasmani maupun rohani. Pembinaan karakter anak yang dimaksudkan meliputi penguasaan ilmu pengetahuan, pembentukan kepribadian, moral, religius serta memilki keterampilan hidup menuju generasi muda yang potensial.

Kegiatan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N-SD) bertujuan untuk memberikan wadah berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif peserta didik sekolah dasar dengan mengedepankan sportivitas dalam pengembangan din secara optimal sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan. Di sisi lain kegiatan FLS2N-SD diharapkan dapat meningkatkan kreativitas, dan memotivasi peserta didik untuk mengekspresikan din melalui kegiatan sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuannya. Melalui kegiatan FLS2N-SD mi pula diharapkan dapat tetap terpeliharanya semangat dan komitmen para praktisi pendidikan di daerah, sehingga memungkinkan mereka selalu berupaya mengembangkan proses pendidikan khususnya bidang seni dan budaya.


Juknis FLS2N SD Tahun 2018


Petunjuk teknis FLS2N SD Tahun 2018 atau Juknis FLS2N SD Tahun 2018 ini disusun sebagai acuan bagi panitia penyelenggara baik di tingkat kecamatan, kabupaten/kota maupun provinsi serta pihak-pihak terkait sehingga pelaksanaan Festival dan Lomba Seni dapat berjalan sesuai yang diharapkan.

Sesuai Petunjuk teknis FLS2N SD Tahun 2018 atau Juknis FLS2N SD Tahun 2018, Tema Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Sekolah Dasar Tahun 2018 adalah:“Kecintaan terhadap seni dan budaya bangsa menguatkan karakter, menggugah daya cipta, serta membentuk kelembutan hati”. Adapun ruang Lingkup Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional SD tahun 2018 terdiri atas 4 (empat) jenis bidang lomba, yaitu: 1) Lomba Menyanyi Tunggal; 2) LombaSeniTari; 3) Lomba Pantomim; 4. Lomba Gambar Bercerita.


Demikian terkait info Juknis FLS2N SD Tahun 2018


B. JUKNIS FLS2N SMP TAHUN 2018
Juknis FLS2N SMP Tahun 2018. Pendidikan seni dan budaya dapat menunjang pengembangan karakter peserta didik baik secara organis, neuromuskuler, intelektual, emosional dan sosial, serta meningkatkan daya cipta, rasa dan karya para siswa.  Muaranya adalah pada upaya peningkatan mutu pendidikan khususnya dibidang seni, serta Penguatan Pendidikan Karakter.

Dalam Agenda prioritas pembangunan 8 (Nawa Cita 8) : melakukan revolusi karakter Bangsa Pendidikan sejatinya merupakan hakikat revolusi mental, yang bertumpu pada pembangunan manusia yang berkarakter kuat, berpikiran maju dan berpandangan modern, serta berperilaku baik sebagai perwujudan warga negara yang baik.

Sebagai upaya memberikan ruang untuk mengembangkan kreativitas dalam penguatan pendidikan karakter dan potensi seni peserta didik SMP, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menyelenggarakan kegiatan yang mampu mewadahi bakat dan minat seni peserta didik, yaitu Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N).



Juknis FLS2N SMP Tahun 2018


Kegiatan FLS2N tidak hanya berorientasi pada kompetisi peserta didik. Esensi kegiatan ini terletak pada nilai pendidikannya, yaitu menjadikan FLS2N sebagai pengalaman belajar (learning experience). Tidak dipungkiri bahwa dalam FLS2N ini ada aktivitas kompetisi dan unjuk kemampuan. Tetapi satu hal yang harus diingat bahwa FLS2N dibangun untuk menjadi ajang pembelajaran terutama dalam hal olah pikir, olah hati, dan olah rasa. Selain itu FLS2N diharapkan juga dapat mengembangkan sikap dan kepribadian, seperti sikap saling menghargai, saling menghormati, solidaritas dan toleransi. Oleh karena itu, keberadaan FLS2N Tahun 2018 sangat penting untuk mewujudnya tujuan pendidikan nasional dalam peningkatan mutu pendidikan dan penguatan pendidikan karakter.

Dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan FLS2N SMP Tahun 2018 terlaksana secara baik, disusun petunjuk teknis pelaksanaan FLS2N SMP Tahun 2018 atau Juknis FLS2N SMP Tahun 2018 sebagai acuan bagi panitia pelaksana kegiatan seleksi di setiap jenjang pelaksanaan. Dengan adanya juknis ini diharapkan program kegiatan FLS2N SMP Tahun 2018 yang akan dilaksanakan secara berjenjang dari tingkat sekolah hingga tingkat Nasional dapat berjalan dengan lancar dan dengan hasil yang baik.

Sesuai petunjuk teknis pelaksanaan FLS2N SMP Tahun 2018 atau Juknis FLS2N SMP Tahun 2018, Cabang yang dilombakan pada FLS2N 2018 terdiri atas 5 (lima) jenis cabang seni yakni :1)   Festival Kreativitas Tari; 2)   Festival Kreativitas Musik Tradisional; 3)   Lomba Gitar Solo; 4)  Lomba Menyanyi Solo; dan 5) Lomba Desain Poster. Adapaun Persyaratan peserta FLS2N adalah siswa SMP, MTs negeri dan swasta atau yang sederajat dengan ketentuan sebagai berikut :
1.   Bukan juara I, II, III, Harapan I, Harapan II, Harapan III, dan Penyaji Terbaik FLS2N SMP Tingkat Nasional tahun sebelumnya;
2.   Siswa kelas VII atau VIII yang masih berstatus sebagai siswa SMP dan masih aktif saat mengikuti lomba dengan dibuktikan surat keterangan dari Kepala Sekolah yang bersangkutan;
3.   Siswa yang terpilih sebagai peserta terbaik dari setiap jenis/cabang lomba yang dilombakan di Tingkat Provinsi;
4.   Memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan terdaftar di data pokok peserta didik yang diperoleh dari Data Pokok Pendidikan (Dapodik)


Baca Juga
Link Download Juknis OSN SD dan OSN SMP Tahun 2018 (disini)
Link Download Juknis O2SN SD dan O2SN SMP Tahun 2018 (disini)
Link Download Juknis FLS2N SD dan FLS2N SMP Tahun 2018 (disini)

Demikian info tentang Juknis FLS2N SD dan FLS2N SMP Tahun 2018. Semoga bermanfaat.







Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "JUKNIS FLS2N SD DAN FLS2N SMP TAHUN 2018"

Post a Comment