CONTOH LAPORAN PELAKSANAAN PROGRAM GURU BK

Loading...
 Contoh Laporan Pelaksanaan Program BK di sekolah   CONTOH LAPORAN PELAKSANAAN PROGRAM GURU BK

Contoh Laporan Pelaksanaan Program Guru Bimbingan dan Konseling (BK). Dalam buku Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Bab V disebutkan bahwa seluruh pelaksanaan layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah harus ada evaluasi, pelaporan dan tindak lanjut. Buku ini merupakan rangkaian dari hasil evaluasi pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling yang disusun sebagai laporan selama satu tahun pelaksanaan. Selanjutnya hasil laporan ini akan dijadikan acuan tindak lanjut demi perbaikan layanan dimasa yang akan datang.

Pelaporan merupakan langkah lanjutan setelah evaluasi. Isi dalam pelaporan lebih bersifat mendeskripsikan dan memberi uraian analisis terhadap hasil-hasil yang telah dicapai dalam kegiatan evaluasi sebelumnya. Pelaporan pada hakikatnya merupakan kegiatan menyusun dan mendeskripsikan seluruh hasil yang telah dicapai dalam evaluasi proses maupun hasil.

Tujuan yang diharapkan dari pelaporan pelaksanaan program bimbingan dan konseling ini secara umum adalah:
a)  Memberikan informasi perkembangan kemajuan, dinamika permasalahan dan keunggulan, serta capaian akhir program bimbingan dan konseling kepada seluruh pihak yang terlibat dan berkepentingan
b)  Menyediakan mekanisme umpan balik bagi pihak yang terlibat dan berkepentingan terhadap program bimbingan dan konseling dalam rangka modifikasi dan pengembangan
c)  Memberikan jaminan akuntabilitas kepada publik bahwa program bimbingan dan konseling yang telah dilaksanakan dan dievaluasi telah memenuhi prinsip program yang efektif, efisien, dan berkualitas

Langkah-langkah penyusunan laporan pelaksanaan program bimbingan dan konseling dibagi dalam tiga tahap, yaitu persiapan, pengumpulan dan penyajian data, dan penulisan laporan.
a)  Persiapan
Pada tahap persiapan ini guru BK/konselor menetapkan informasi yang akan dilaporkan, alasan penyusunan laporan, dan waktu pelaporan.
b)  Pengumpulan dan Penyajian Data
Data yang dikumpulkan dan disajikan adalah data dan informasi mengenai keterlaksanaan dan ketercapaian tujuan program bimbingan dan konseling. Data yang dikumpulkan dan disajikan adalah data yang diperoleh dari hasil evaluasi.
c)  Penulisan Laporan
Laporan bimbingan dan konseling harus mengacu pada sistematika sehingga laporan tersaji secara runtut dan mudah dipahami. Setidak-tidaknya, sistematika laporan dibagi menjadi 3 (tiga) bab besar, yaitu pendahuluan, pelaksanaan, dan penutup.

Bab pendahuluan terdiri dari latar belakang dan tujuan penyusunan laporan. Bab pelaksanaan terdiri dari uraian pelaksanaan komponen program bimbingan dan konseling beserta layanan-layanan yang dilakukan, hasil analisis pencapaian keberhasilan yang telah dilakukan dalam kegiatan evaluasi, dan hambatan-hambatan serta strategi mengatasi hambatan. Bab penutup merupakan simpulan akhir dari keberhasilan pelaksanaan program bimbingan dan konseling secara keseluruhan dan saran-saran kepada berbagai pihak yang berkepentingan.

Laporan pelaksanaan program bimbingan dan konseling selanjutnya disampaikan kepada kepala sekolah untuk di sahkan. Laporan pelaksanaan program bimbingan dan konseling disusun sebagai pertanggung jawaban terhadap tugas yang diberikan kepala sekolah untuk melaksanakan bimbingan dan konseling pada kelas yang menjadi tanggung jawabnya.

Berikut ini Contoh Laporan Pelaksanaan Program Guru Bimbingan Dan Konseling (BK), bagi Anda yang membutuhkan silahkan didownload melalui link yang tersedia.

Link download Contoh Laporan Pelaksanaan Program Guru BK (disini)

Demikian informasi tentang Contoh Laporan Pelaksanaan Program Guru Bimbingan Dan Konseling (BK). Semoga ada manfaatnya terima kasih.



Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CONTOH LAPORAN PELAKSANAAN PROGRAM GURU BK"

Post a Comment