JUKLAK JUKNIS OPSI SMP (MTS) TAHUN 2018

Loading...
JUKLAK JUKNIS OPSI SMP (MTS) TAHUN 2018

Ada yang mencari Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) atau Petunjuk Teknis (Juknis) Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia Jenjang SMP/MTs tingkat Nasional. Jika, ya berikut ini Juklak Juknis OPSI SMP (MTs) Tahun 2018. Berdasarkan Juklak Juknis OPSI SMP Tahun 2018 dinyatakan bahwa OPSI SMP adalah suatu ajang kompetisi karya ilmiah yang berbasis kegiatan penelitian siswa SMP/MTs negeri dan swata atau yang sederajat yang dilaksanakan secara nasional. Sebelumnya, kegiatan ini pernah bernama Lomba Penelitan Ilmiah Remaja (LPIR) SMP, Lomba Penelitian Ilmiah Pelajar (LPIP) SMP dan Lomba Penelitian Siswa Nasional (LPSN).

Juklak Juknis OPSI SMP Tahun 2018 ini disusun agar pelaksanaan  OPSI dapat mencapai target yang telah ditetapkan. Melalui Juklak Juknis OPSI SMP Tahun 2018  ini diharapkan pihak-pihak terkait dalam pengelolaan kegiatan dapat menggunakan petunjuk pelaksanaan ini sebagai pedoman pelaksanaan, sehingga kegiatan dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Berdasarkan Juklak Juknis OPSI SMP Tahun 2018, kegiatan OPSI SMP tahun 2018 dilaksanakan tidak melalui seleksi berjenjang, namun seleksi langsung ke Direktorat Pembinaan SMP. Petunjuk Pelaksanaan OPSI SMP Tahun 2018 ini tidak hanya berisi juknis pelaksanaan lomba OPSI, tapi juga memberikan perspektif pentingnya OPSI SMP tahun 2018 untuk diikuti oleh para siswa dalam pengembangan dunia penelitian di Indonesia.

A.   Pengertian OPSI
Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) adalah suatu kegiatan penelitian siswa yang diarahkan pada pengembangan Ipteks, dan ditulis dalam sebuah makalah ilmiah sebagai bahan penilaian dalam kompetisi ilmiah.

B.   Ruang Lingkup OPSI menurut Juklak Juknis OPSI SMP Tahun 2018
Ruang lingkup OPSI 2018 mencakup 3 bidang ilmu, yaitu;
1.   Ilmu Pengetahuan Sosial, Kemanusiaan dan Seni;
2.   Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan;
3.   Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa.

C.   Tema OPSI 2018
Tema OPSI 2018 adalah ”Meningkatkan Karakter Kreatif dan Kritis Siswa melalui  Penelitian Ilmiah”.
Sub Tema adalah ”Meningkatkan Kemampuan Berinovasi dalam
Memanfaatkan Sumber Daya Lingkungan Sekitar demi Memberi Nilai Tambah bagi Masyarakat”.

D.   Sasaran OPSI
Sasaran OPSI adalah siswa SMP/MTs negeri dan swasta atau yang sederajat di seluruh wilayah Indonesia sesuai ketentuan.

E.   Persyaratan Peserta menurut Juklak Juknis OPSI SMP (MTs) Tahun 2018
1.   Berkewarganegaraan Indonesia;
2.   Terdaftar dan aktif sebagai siswa SMP/MTs Negeri/Swasta atau yang sederajat pada kelas 7 dan 8 tahun pembelajaran 2017/2018 pada saat mengikuti lomba;
3.   Memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan terdaftar di Data Pokok Peserta Didik (Dapodik);
4.   Bukan juara 1, 2 dan 3 LPSN SMP tahun sebelumnya;
5.   Berkelompok 2 - 3 siswa dalam setiap topik penelitian yang dipilih. Untuk kaderisasi, disarankan salah satu anggota kelompok dari kelas di bawahnya; dan
6.   Hasil penelitian belum pernah dilombakan pada lomba lain tingkat nasional.

F.   Judul Penelitian menurut Petunjuk Pelaksanaan OPSI SMP Tahun 2018
Judul karya ilmiah/topik penelitian ditentukan oleh peneliti utama dan atau bersama anggota kelompoknya yang mengacu pada tema dan sub tema OPSI 2018. Judul hendaknya ekspresif, sesuai dengan topik yang ditulis serta tidak membuka peluang penafsiran ganda.

G.   Materi
Materi yang diajukan harus berupa ide/gagasan aktual, kreatif, objektif dan kritis. Data yang diperoleh melalui hasil penelitian kemudian dianalisis dan dibahas secara kritis dan sistematis serta diberikan simpulan sesuai dengan rumusan masalah. Hasil penelitian ilmiah ditulis sesuai dengan kaidah karya tulis ilmiah.

H.   Sifat dan Isi Makalah
Isi makalah harus memenuhi syarat-syarat kode etik penelitian ilmiah sebagai berikut;
1.   Kreatif dan Objektif
a.   Tulisan berisi ide/gagasan yang didukung penelitian ilmiah yang menggunakan data yang relevan.
b.   Tulisan harus didukung oleh data empiris/informasi yang valid dan dapat dipercaya.
c.   Tulisan bersifat asli (bukan plagiasi) dan bukan duplikasi dari hasil penelitian sebelumnya.

2. Sistematika Penulisan/ Laporan Penelitian sesuai ketentuan penulisan BAB III ada Buku Petunjuk Pelaksanaan ini.

I.   Ketentuan Lomba OPSI 2018 menurut Juklak Juknis OPSI SMP Tahun 2018
1.   OPSI 2018 dibuka sejak diumumkan. Semua naskah untuk lomba tingkat nasional telah diterima oleh panitia selambat-lambatnya 15 Juni 2018.
2.   Nama urutan pertama dalam kelompok adalah sebagai penulis utama dan ketua kelompok.
3.   Untuk  naskah  yang  dipanggil  final,  ketua  kelompok  bertugas mempresentasikan hasil penelitiannya, dan dapat dibantu anggotanya. Panitia hanya membiayai satu orang (ketua kelompok);
4.   Naskah karya ilmiah yang dilombakan menjadi  hak  milik  panitia dan dapat disebarluaskan oleh panitia melalui media massa dengan mencantumkan nama penelitinya sebagai sumber data;
5.   Peneliti yang terpilih sebagai finalis akan diundang mengikuti acara final pada bulan Juli 2018 untuk mengikuti tahapan presentasi di depan dewan juri dan menampilkan hasil penelitiannya dalam bentuk display karya/pameran.
6.   Para finalis diwajibkan membawa pas foto berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 1 lembar dan surat keterangan dari kepala sekolah.
7.   Para finalis diwajibkan menyerahkan file  softcopy  makalah (format MS- Word) dan bahan presentasi (format MS-Powerpoint, untuk video: format MP4).
8.   Para Finalis diwajibkan membawa hardcopy makalah satu set untuk setiap bidang.
9.   Bila ada prototipe/alat peraga hasil ciptaan, maka pada saat presentasi dan saat display karya/pameran alat tersebut harus dapat dioperasikan sesuai dengan fungsinya.
10.  Para  finalis  yang  tidak  hadir  dalam  tes  presentasi  dinyatakan  gugur sebagai finalis.
11.  Para  finalis  wajib  mengenakan  pakaian  seragam  sekolah  pada  saat presentasi dihadapan dewan juri.

J.   Pembimbing
Siswa sebagai peneliti berhak mendapatkan bimbingan dan arahan dari guru pembimbing sekaligus pendamping dalam penelitian, namun ide/gagasan dan isi makalah hasil penelitian tetap merupakan tanggung jawab peneliti.

K.   Hadiah dan Penghargaan
1.   Para juara di tingkat nasional akan diberikan hadiah dan piagam penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.   Setiap peserta OPSI SMP tingkat nasional tahun 2018 sesuai dengan persyaratan peserta akan mendapatkan Beasiswa Bakat dan Prestasi SMP tahun 2018 sebesar Rp3.000.000 (tiga juta rupiah).

L.   Pengiriman Naskah menurut Petunjuk Pelaksanaan OPSI SMP Tahun 2018
Naskah/makalah karya ilmiah dikirimkan dengan mengikuti aturan pada Petunjuk Teknis Registrasi Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) sebagai berikut:
1.   Siswa wajib melakukan pendaftaran daring (registration online) sebelum mengirim naskah, melalui laman: ditpsmp.kemdikbud.go.id/pesertadidik paling lambat 15 Juni 2018. (Petunjuk Registrasi dapat diakses melalui laman ditpsmp.kemdikbud.go.id/pesertadidik)
2.   Naskah Penelitian yang akan dilombakan, dikirimkan ( upload) dalam format PDF pada laman dimaksud.

Selengkapnya silahkan download Juklak Juknis OPSI SMP Tahun 2018.


Demikian info tentang Juklak Juknis OPSI SMP Tahun 2018. Selamat mengikuti Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia Jenjang SMP/MTs tingkat Nasional tahun 2018, Semoga sukses.








Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "JUKLAK JUKNIS OPSI SMP (MTS) TAHUN 2018"

Post a Comment