Loading...
Berikut ini Prakiraan Kisi-Kisi UN (UNBK) Bahasa Indonesia SMP Tahun 2019 Perbutir Soal berdasarkan hasil bedah Kisi-kisi UN SMP Tahun 2018/2019. Semoga contoh prakiraan Kisi-Kisi UN (UNBK) Bahasa Indonesia SMP Tahun 2019 Perbutir Soal dapat membantu para siswa SMP dalam menghadapi pelaksanaan Ujian Nasional yang pada umumnya akan dilaksanakan dengan moda UNBK.
PERKIRAAAN KISI-KISI UN SMP TAHUN 2019
(HASIL BEDAH KISI-KISI UN 2018/2019)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
No Urut. | Indikator Yang Diuji | |
1. MEMBACA NONSASTRA | ||
1 | Menentukan makna kata sesuai konteks paragraf tersebut. | |
2 | Menentukan maksud salah satu kalimat pada paragraf tersebut. | |
3 | Menentukan pernyataan sesuai isi pragraf tersebut. | |
4 | Menentukan kalimat yang menyatakan pertentangan dr paragraf terdiri atas 4 atau 5 kalimat | |
5 | Menentukan ide pokok paragraf yg terdiri atas 4 atau 5 kalimat | |
6 | Menentukan kalimat utama paragraf terdiri atas 4 kalimat dengan diberi nomor | |
7 | Menentukan simpulan isi paragraf terdiri atas 5 atau 6 kalimat | |
8 | Menentukan ringkasan isi teks terdiri atas dua paragraf | |
9 | Menentukan perbedaan penggunaan bahasa dua paragraf | |
10 | Menentukan perbedaan pola pengembangan dua kutipan cerpen | |
2. MEMBACA SASTRA | ||
11 | Menentukan makna ungkapan pada kutipan cerpen | |
12 | Menentukan pernyataan yg merupakan isi dialog salah satu tokoh pada kutipan | |
13 | Menentukan keistimewaan tokoh pada kutipan biografi | |
14 | Menentukan tindakan tokoh yang patut diteladani pada kutipan kutipan teks biografi | |
15 | Menentukan tokoh utama pada kutipan cerpen | |
16 | Menentukan latar (tempat, waktu, suasana) cerita pendek pada kutipan | |
17 | Menentukan cara pengarang menggambarkan watak tokoh pd kutipan cerpen | |
18 | Menentukan makna simbol dari kata tertentu pada kutipan cerpen | |
19 | Menentukan amanat pada kutipan cerpen | |
20 | Menentukan nilai kehidupan (moral, sosial, budaya) pada kutipan fabel | |
21 | Menentukan penyebab/akibat konflik pd kutipan cerpen | |
22 | Menentukan perbedaan pola pengembangan dua kutipan fabel tersebut | |
23 | Menentukan perbedaan penggunaan bahasa pada dua kutipan cerpen | |
24 | Menentukan kebiasaan tokoh yang tergambar pada kutipan fabel | |
25 | Menentukan keunggulan/kelemahan pd kutipan karya sastra (cerpen/fabel) | |
3. MENULIS TERBATAS | ||
26 | Menentukan kata depan (di, ke, dari) untuk melengkapi kalimat rumpang | |
27 | Menentukan kata seru yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang | |
28 | Menentukan urutan yang tepat pada 5 kalimat petunjuk | |
29 | Menentukan susunan yang tepat pada 5 kalimat laporan | |
30 | Menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang | |
31 | Mengubah kutipan cerpen dg sudut pandang pengarang berbeda (orang pertama ke orang ketiga atau sebaliknya) | |
32 | Menentukan cerpen yang tepat sesuai dengan kutipan naskah drama | |
33 | Menentukan paragraf yang tepat berdasarkan data hasil pengamatan suatu objek | |
4. MENYUNTING KATA, KALIMAT, PARAGRAF | ||
34 | Menentukan kata dari kalimat menggunakan pilihan kata salah | |
35 | Menentukan kalimat tidak efektif dalam paragraf | |
36 | Menentukan pilihan kata yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang | |
37 | Menentukan kata sandang yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang | |
38 | Menentukan kt penghubung yg tepat untuk melengkapi 2 atau 3 kalimat rumpang dlm paragraf | |
39 | Menentukan istilah yg tepat untuk mengganti istilah dlm penggunaan 2 atau 3 istilah tidak tepat dlm paragraf | |
40 | Menentukan perbaikan kesalahan kaidah penggunaan kata berimbuhan, kata gabung/kata ulang dlm kalimat | |
41 | Menentukan perbaikan kalimat kalimat tidak efektif | |
42 | Menentukan perbaikan paragraf tidak padu | |
43 | Menentukan alasan kesalahan kaidah penggunaan kata dlm kalimat | |
44 | Menentukan alasan ketidakefektifan dr kalimat tidak efektif | |
45 | Menentukan perbaikan kesalahan penggunaan ejaan | |
5. MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA | ||
46 | Menentukan kata dr kalimat yang menggunakan kata salah penulisan huruf | |
47 | Menentukan tanda baca dr penggunaan tanda baca yang salah atau yang lain dlm paragraf | |
48 | Menentukan perbaikan kesalahan dr 2 kesalahan penulisan huruf kapital pada kata dlm paragraf | |
49 | Menentukan perbaikandr kesalahan penggunaan tanda baca dlm kalimat | |
50 | Menentukan alasan kesalahan penggunaan tanda baca dalam paragraf |
Catatan: nomor urut bukan menunjukkan nomor soal
Link download Prakiraan Kisi-Kisi UN (UNBK) Bahasa Indonesia SMP Tahun 2019 Perbutir Soal ----disini
Demikian informasi tentang Prakiraan Kisi-Kisi UN (UNBK) Bahasa Indonesia SMP Tahun 2019 Perbutir Soal hasil bedah kisi-kisi UN SMP Tahun Pelajaran 2018/2019 Semoga bermanfaat, terima kasih.
Loading...
0 Response to "KISI-KISI UN (UNBK) BAHASA INDONESIA SMP TAHUN 2019 PERBUTIR SOAL"
Post a Comment