PEDOMAN LOMBA INOVASI PEMBELAJARAN INOBEL TAHUN 2016

Loading...
Upaya peningkatan  mutu pendidikan di SD/SMP dapat dilaksanakan  melalui berbagai cara. Salah satu di  antaranya  yaitu  melalui  lomba inovasi pembelajaran (Inobel)  bagi guru  SD/SMP. 

Pelaksanaan  lomba tersebut  merupakan  ajang  kompetisi  inovasi  pembelajaran bagi  guru  SD/SMP,  baik dalam hal pendekatan,  model,  metode, strategi,  dan  media  pembelajaran untuk   memecahkan  masalah  pembelajaran.  Suatu  inovasi  yang  dapat membantu memecahkan permasalahan  pembelajaran  diharapkan dapat meningkatkan  mutu    proses  dan  hasil belajar  siswa. Melalui  lomba  ini, karya-karya  inovasi  pembelajaran  yang  terpilih  dapat dimanfaatkan menjadi rujukan bagi guru SD/SMP dalam peningkatan mutu pembelajaran. Berkenaan dengan hal di atas Direktorat  Jenderal  Guru  dan  Tenaga  Kependidikan  (GTK),  Kementerian  Pendidikan  dan Kebudayaan (Kemdikbud)  kembali akan menggelar Lomba Inovasi Pembelajaran  (INOBEL) Untuk  Guru SD  dan SMP Tahun 2016

Berikut Ini Pedoman Lomba Inovasi Pembelajaran  atau Inobel Guru Sekolah Dasar (SD) Tahun 2016 adalah sebagai berikut:


UNTUK PEDOMAN LOMBA INOVASI PEMBELAJARAN GURU SMP TAHUN 2016 (disini)

PEDOMAN LOMBA INOVASI PEMBELAJARAN GURU SMA SMK TAHUN 2016 (DISINI)

Tujuan  diselenggarakannya  Lomba Inovasi  pembelajaran  bagi  Guru  SD  Tingkat  Nasional  Tahun  2016 adalah sebagai berikut.
1.  Menghasilkan karya inovasi pembelajaran bagi guru SD;
2.  Menampilkan hasil karya inovasi pembelajarannya/ pelayanannya;
3.  Mendiseminasikan  hasil inovasi pembelajaran kepada teman sejawat; 
4.  Memotivasi guru SD untuk melakukan inovasi  pembelajaran;
5.  Memotivasi guru dalam berkarier melalui karya inovasi pembelajaran;
6.  Memberikan  penghargaan  kepada  guru  SD  yang  berprestasi  melalui  kompetisi  penciptaan  inovasi pembelajaran yang sehat, objektif, terbuka, dinamis, dan akuntabel.

Sasaran kegiatan Lomba Inovasi Pembelajaran bagi Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2016 adalah guru SD di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang mencakup guru:
1.  Guru kelas yang melakukan inovasi di bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan  Alam (MIPA) 
2.  Guru kelas yang melakukan inovasi di bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa
3.  Guru Mata Pelajaran yang melakukan inovasi di bidang Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Seni Budaya  dan Keterampilan/Prakarya, Pendidikan Agama, dan Mulok.

Tema Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2016:   “Inovasi Pembelajaran sebagai Upaya Mewujudkan Indonesia Pintar, Terampil, dan Berkarakter” 
Adapun  isi  karya  lomba inovasi  pembelajaran  mengacu  pada  kurikulum  yang  berlaku  di  sekolah  terkait dengan pendekatan, metode, model, strategi, dan media pembelajaran. 

PEDOMAN LOMBA INOVASI PEMBELAJARAN ( INOBEL ) GURU SD TAHUN 2016


Persyaratan Peserta
Peserta Lomba Karya Inovasi Pembelajaran bagi Guru Sekolah Dasar Tahun 2016:
a.  memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK);
b.  melampirkan surat tugas mengikuti lomba dari atasan langsung;
c.  melampirkan biodata (contoh terlampir);
d.  melampirkan surat keterangan sehat dari dokter;
e.  melampirkan  surat  pernyataan  belum  pernah  menjadi  juara 1,  2,  atau  3  Lomba  Inovasi Pembelajaran Guru SD tahun 2013 sampai 2015; dan
f.  melampirkan salinan ijazah terakhir minimal S1/D4.

Persyaratan Karya
Karya  inovasi  pembelajaran  yang  diikutkan  dalam  Lomba  Karya  Inovasi  Pembelajaran  Guru  SD
tingkat Nasional Tahun 2016: 
a.  bersifat individual,
b.  asli hasil inovasi guru,
c.  sudah diimplementasi  dan dievaluasi dalam proses pembelajaran,
d.  belum pernah diikutsertakan atau sedang diikutsertakan dalam lomba sejenis baik secara nasional maupun internasional, 
e.  disahkan oleh atasan langsung dalam bentuk lembar pengesahan,
f.  jika  karya  inovasi  berupa  media/alat peraga  pembelajaran,  diutamakan  memanfaatkan  bahan/alat yang mudah didapat, ramah lingkungan, dan berbiaya rendah,
g.  mudah diaplikasi, didiseminasi, dan direplikasi, 
h.  merupakan karya maksimal dua tahun terakhir, dan
i.  tidak  memuat  unsur  pornografi, serta tidak  bertentangan  dengan  unsur  Suku,  Agama,  Ras,  dan Antargolongan (SARA).

Catatan: butir b, c, dan d dibuat dalam satu surat pernyataan bermaterai yang ditandatangani oleh peserta dan atasan langsung (lampiran 3).

Persyaratan Naskah
a.  Naskah  diketik  mengikuti  teknik dan  sistematika penulisan  yang  ditentukan  dalam Pedoman Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2016.
b.  Karya inovasi  pembelajaran yang  dikirim  berupa naskah  atau  dokumen  tertulis  dalam bentuk hardcopy  dan softcopy  dalam CD/DVD/flashdisk,  serta  melalui  pos-el  (e-mail)  dengan  alamat inobelsd2016@gmail.com

Sistematika Penulisan Naskah
Penulisan  naskah  karya  yang  diikutkan  dalam Lomba  Inovasi  Pembelajaran  Bagi Guru  SD  Tingkat
Nasional Tahun 2016 harus menggunakan sistematika sebagai berikut. 
SAMPUL NASKAH
HALAMAN JUDUL
SURAT PERNYATAAN
LEMBAR PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
ABSTRAK
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR/FOTO
DAFTAR LAMPIRAN

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan
D. Manfaat

BAB II LANDASAN TEORI
Konsep/Teori yang Melandasi Karya Inovasi Pembelajaran

BAB III  KARYA INOVASI PEMBELAJARAN
A. Ide Dasar
B. Rancangan Karya Inovasi Pembelajaran
C. Proses Penemuan/Pembaharuan
D. Aplikasi Praktis dalam Pembelajaran
E.  Data Hasil Aplikasi Praktis Inovasi Pembelajaran
F.  Analisis Hasil Aplikasi Praktis Inovasi Pembelajaran
G. Diseminasi

BAB IV PENUTUP
A. Simpulan
B. Saran

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

Ruang  lingkup  kegiatan Lomba Inovasi  Pembelajaran bagi Guru SD Tingkat Nasional Tahun  2016 berisi  tentang  pengalaman  pembelajaran  terbaik  guru  SD  yang  merupakan  hasil  inovasi/hal-hal  baru/pembaharuan  dalam  model,  pendekatan,  strategi,  metode,    dan  media  pembelajaran  untuk meningkatkan mutu  proses  pembelajaran  dan hasil belajar  siswa. Hasil  inovasi  dituangkan  dalam bentuk naskah yang didokumentasikan dalam bentuk hardcopy dan softcopy (CD/DVD/flashdisc). 
Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tahun 2016 dikelompokkan menjadi 3 bidang, yaitu:
1.  Guru kelas yang melakukan inovasi di bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan  Alam (MIPA) 
2.  Guru kelas yang melakukan inovasi di bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa 
3.  Guru  Mata  Pelajaran  yang  melakukan  inovasi  di  bidang  Pendidikan  Jasmani  dan Kesehatan,  Seni  Budaya dan Keterampilan/Prakarya, Pendidikan Agama, dan Mulok.

Dokumen Inovasi Pembelajaran dapat dikirim ke:
Panitia Lomba Karya Inovasi Pembelajaran 
Guru Sekolah Dasar (SD) 
Tingkat Nasional Tahun 2016
Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar
Kompleks Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Gedung D Lt. 15
Jalan Jenderal Sudirman Senayan 
Jakarta Kode Pos 10270
Pos-el (E-mail): inobelsd2016@gmail.com


Informasi Selengkapnya Download PEDOMAN  LOMBA INOVASI PEMBELAJARAN ( INOBEL ) GURU SD TAHUN 2016 (Disini)


UNTUK PEDOMAN LOMBA INOVASI PEMBELAJARAN GURU SMP TAHUN 2016 (disini)

PEDOMAN LOMBA INOVASI PEMBELAJARAN GURU SMA SMK TAHUN 2016 (DISINI)

Demikian informasi tentang PEDOMAN  LOMBA INOVASI PEMBELAJARAN ( INOBEL ) GURU SD TAHUN 2016. Terima kasih.


===============================




Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PEDOMAN LOMBA INOVASI PEMBELAJARAN INOBEL TAHUN 2016"

Post a Comment