Loading...    
        
     Upaya peningkatan  mutu pendidikan di SD/SMP dapat dilaksanakan  melalui berbagai cara. Salah satu di  antaranya  yaitu  melalui  lomba inovasi pembelajaran (Inobel)  bagi guru  SD/SMP. 
 
Pelaksanaan lomba tersebut merupakan ajang kompetisi inovasi pembelajaran bagi guru SD/SMP, baik dalam hal pendekatan, model, metode, strategi, dan media pembelajaran untuk memecahkan masalah pembelajaran. Suatu inovasi yang dapat membantu memecahkan permasalahan pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan mutu proses dan hasil belajar siswa. Melalui lomba ini, karya-karya inovasi pembelajaran yang terpilih dapat dimanfaatkan menjadi rujukan bagi guru SD/SMP dalam peningkatan mutu pembelajaran. Berkenaan dengan hal di atas Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kembali akan menggelar Lomba Inovasi Pembelajaran (INOBEL) Untuk Guru SD dan SMP Tahun 2016
 Pelaksanaan lomba tersebut merupakan ajang kompetisi inovasi pembelajaran bagi guru SD/SMP, baik dalam hal pendekatan, model, metode, strategi, dan media pembelajaran untuk memecahkan masalah pembelajaran. Suatu inovasi yang dapat membantu memecahkan permasalahan pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan mutu proses dan hasil belajar siswa. Melalui lomba ini, karya-karya inovasi pembelajaran yang terpilih dapat dimanfaatkan menjadi rujukan bagi guru SD/SMP dalam peningkatan mutu pembelajaran. Berkenaan dengan hal di atas Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kembali akan menggelar Lomba Inovasi Pembelajaran (INOBEL) Untuk Guru SD dan SMP Tahun 2016
 Berikut Ini Pedoman Lomba Inovasi Pembelajaran  atau Inobel Guru Sekolah Dasar (SD) Tahun 2016 adalah sebagai berikut:
 
 
 
  UNTUK PEDOMAN LOMBA INOVASI PEMBELAJARAN GURU SMP TAHUN 2016 (disini)
 
PEDOMAN LOMBA INOVASI PEMBELAJARAN GURU SMA SMK TAHUN 2016 (DISINI)
 PEDOMAN LOMBA INOVASI PEMBELAJARAN GURU SMA SMK TAHUN 2016 (DISINI)
 Tujuan  diselenggarakannya  Lomba Inovasi  pembelajaran  bagi  Guru  SD  Tingkat  Nasional  Tahun  2016 adalah sebagai berikut. 
  1.  Menghasilkan karya inovasi pembelajaran bagi guru SD; 
  2.  Menampilkan hasil karya inovasi pembelajarannya/ pelayanannya; 
  3.  Mendiseminasikan  hasil inovasi pembelajaran kepada teman sejawat;  
  4.  Memotivasi guru SD untuk melakukan inovasi  pembelajaran; 
  5.  Memotivasi guru dalam berkarier melalui karya inovasi pembelajaran; 
  6.  Memberikan  penghargaan  kepada  guru  SD  yang  berprestasi  melalui  kompetisi  penciptaan  inovasi pembelajaran yang sehat, objektif, terbuka, dinamis, dan akuntabel. 
  Sasaran kegiatan Lomba Inovasi Pembelajaran bagi Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2016 adalah guru SD di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang mencakup guru: 
  1.  Guru kelas yang melakukan inovasi di bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan  Alam (MIPA)  
  2.  Guru kelas yang melakukan inovasi di bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa 
  3.  Guru Mata Pelajaran yang melakukan inovasi di bidang Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Seni Budaya  dan Keterampilan/Prakarya, Pendidikan Agama, dan Mulok.
  Tema Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2016:   “Inovasi Pembelajaran sebagai Upaya Mewujudkan Indonesia Pintar, Terampil, dan Berkarakter”  
  Adapun  isi  karya  lomba inovasi  pembelajaran  mengacu  pada  kurikulum  yang  berlaku  di  sekolah  terkait dengan pendekatan, metode, model, strategi, dan media pembelajaran.  
 |  | 
| PEDOMAN LOMBA INOVASI PEMBELAJARAN ( INOBEL ) GURU SD TAHUN 2016 | 
 Persyaratan Peserta 
  Peserta Lomba Karya Inovasi Pembelajaran bagi Guru Sekolah Dasar Tahun 2016: 
  a.  memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK); 
  b.  melampirkan surat tugas mengikuti lomba dari atasan langsung; 
  c.  melampirkan biodata (contoh terlampir); 
  d.  melampirkan surat keterangan sehat dari dokter; 
  e.  melampirkan  surat  pernyataan  belum  pernah  menjadi  juara 1,  2,  atau  3  Lomba  Inovasi Pembelajaran Guru SD tahun 2013 sampai 2015; dan 
  f.  melampirkan salinan ijazah terakhir minimal S1/D4. 
  Persyaratan Karya 
  Karya  inovasi  pembelajaran  yang  diikutkan  dalam  Lomba  Karya  Inovasi  Pembelajaran  Guru  SD 
  tingkat Nasional Tahun 2016:  
  a.  bersifat individual, 
  b.  asli hasil inovasi guru, 
  c.  sudah diimplementasi  dan dievaluasi dalam proses pembelajaran, 
  d.  belum pernah diikutsertakan atau sedang diikutsertakan dalam lomba sejenis baik secara nasional maupun internasional,  
  e.  disahkan oleh atasan langsung dalam bentuk lembar pengesahan, 
  f.  jika  karya  inovasi  berupa  media/alat peraga  pembelajaran,  diutamakan  memanfaatkan  bahan/alat yang mudah didapat, ramah lingkungan, dan berbiaya rendah, 
  g.  mudah diaplikasi, didiseminasi, dan direplikasi,  
  h.  merupakan karya maksimal dua tahun terakhir, dan 
  i.  tidak  memuat  unsur  pornografi, serta tidak  bertentangan  dengan  unsur  Suku,  Agama,  Ras,  dan Antargolongan (SARA). 
  Catatan: butir b, c, dan d dibuat dalam satu surat pernyataan bermaterai yang ditandatangani oleh peserta dan atasan langsung (lampiran 3). 
  Persyaratan Naskah 
  a.  Naskah  diketik  mengikuti  teknik dan  sistematika penulisan  yang  ditentukan  dalam Pedoman Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2016. 
  b.  Karya inovasi  pembelajaran yang  dikirim  berupa naskah  atau  dokumen  tertulis  dalam bentuk hardcopy  dan softcopy  dalam CD/DVD/flashdisk,  serta  melalui  pos-el  (e-mail)  dengan  alamat inobelsd2016@gmail.com
  Sistematika Penulisan Naskah 
  Penulisan  naskah  karya  yang  diikutkan  dalam Lomba  Inovasi  Pembelajaran  Bagi Guru  SD  Tingkat 
  Nasional Tahun 2016 harus menggunakan sistematika sebagai berikut.  
  SAMPUL NASKAH 
  HALAMAN JUDUL 
  SURAT PERNYATAAN 
  LEMBAR PENGESAHAN 
  KATA PENGANTAR 
  ABSTRAK 
  DAFTAR ISI 
  DAFTAR TABEL 
  DAFTAR GAMBAR/FOTO 
  DAFTAR LAMPIRAN 
  BAB I PENDAHULUAN 
  A. Latar Belakang 
  B. Rumusan Masalah 
  C. Tujuan 
  D. Manfaat 
  BAB II LANDASAN TEORI 
  Konsep/Teori yang Melandasi Karya Inovasi Pembelajaran 
  BAB III  KARYA INOVASI PEMBELAJARAN 
  A. Ide Dasar 
  B. Rancangan Karya Inovasi Pembelajaran 
  C. Proses Penemuan/Pembaharuan 
  D. Aplikasi Praktis dalam Pembelajaran 
  E.  Data Hasil Aplikasi Praktis Inovasi Pembelajaran 
  F.  Analisis Hasil Aplikasi Praktis Inovasi Pembelajaran 
  G. Diseminasi 
  BAB IV PENUTUP 
  A. Simpulan 
  B. Saran 
  DAFTAR PUSTAKA 
  LAMPIRAN
  Ruang  lingkup  kegiatan Lomba Inovasi  Pembelajaran bagi Guru SD Tingkat Nasional Tahun  2016 berisi  tentang  pengalaman  pembelajaran  terbaik  guru  SD  yang  merupakan  hasil  inovasi/hal-hal  baru/pembaharuan  dalam  model,  pendekatan,  strategi,  metode,    dan  media  pembelajaran  untuk meningkatkan mutu  proses  pembelajaran  dan hasil belajar  siswa. Hasil  inovasi  dituangkan  dalam bentuk naskah yang didokumentasikan dalam bentuk hardcopy dan softcopy (CD/DVD/flashdisc).  
  Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tahun 2016 dikelompokkan menjadi 3 bidang, yaitu: 
  1.  Guru kelas yang melakukan inovasi di bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan  Alam (MIPA)  
  2.  Guru kelas yang melakukan inovasi di bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa  
  3.  Guru  Mata  Pelajaran  yang  melakukan  inovasi  di  bidang  Pendidikan  Jasmani  dan Kesehatan,  Seni  Budaya dan Keterampilan/Prakarya, Pendidikan Agama, dan Mulok.
  Dokumen Inovasi Pembelajaran dapat dikirim ke:
  Panitia Lomba Karya Inovasi Pembelajaran  
  Guru Sekolah Dasar (SD)  
  Tingkat Nasional Tahun 2016 
  Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar 
  Kompleks Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 
  Gedung D Lt. 15 
  Jalan Jenderal Sudirman Senayan  
  Jakarta Kode Pos 10270 
  Pos-el (E-mail): inobelsd2016@gmail.com
  Informasi Selengkapnya Download PEDOMAN  LOMBA INOVASI PEMBELAJARAN ( INOBEL ) GURU SD TAHUN 2016 (Disini)
 
 
  
  Loading... 
    
 
     

 
0 Response to "PEDOMAN LOMBA INOVASI PEMBELAJARAN INOBEL TAHUN 2016"
Post a Comment