Loading...
Upaya peningkatan mutu pendidikan di SD/SMP dapat dilaksanakan melalui berbagai cara. Salah satu di antaranya yaitu melalui lomba inovasi pembelajaran (Inobel) bagi guru SD/SMP.
Pelaksanaan lomba tersebut merupakan ajang kompetisi inovasi pembelajaran bagi guru SD/SMP, baik dalam hal pendekatan, model, metode, strategi, dan media pembelajaran untuk memecahkan masalah pembelajaran. Suatu inovasi yang dapat membantu memecahkan permasalahan pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan mutu proses dan hasil belajar siswa. Melalui lomba ini, karya-karya inovasi pembelajaran yang terpilih dapat dimanfaatkan menjadi rujukan bagi guru SD/SMP dalam peningkatan mutu pembelajaran. Berkenaan dengan hal di atas Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kembali akan menggelar Lomba Inovasi Pembelajaran (INOBEL) Untuk Guru SD dan SMP Tahun 2016
Pelaksanaan lomba tersebut merupakan ajang kompetisi inovasi pembelajaran bagi guru SD/SMP, baik dalam hal pendekatan, model, metode, strategi, dan media pembelajaran untuk memecahkan masalah pembelajaran. Suatu inovasi yang dapat membantu memecahkan permasalahan pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan mutu proses dan hasil belajar siswa. Melalui lomba ini, karya-karya inovasi pembelajaran yang terpilih dapat dimanfaatkan menjadi rujukan bagi guru SD/SMP dalam peningkatan mutu pembelajaran. Berkenaan dengan hal di atas Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kembali akan menggelar Lomba Inovasi Pembelajaran (INOBEL) Untuk Guru SD dan SMP Tahun 2016
Berikut Ini Pedoman Lomba Inovasi Pembelajaran atau Inobel Guru Sekolah Dasar (SD) Tahun 2016 adalah sebagai berikut:
UNTUK PEDOMAN LOMBA INOVASI PEMBELAJARAN GURU SMP TAHUN 2016 (disini)
PEDOMAN LOMBA INOVASI PEMBELAJARAN GURU SMA SMK TAHUN 2016 (DISINI)
PEDOMAN LOMBA INOVASI PEMBELAJARAN GURU SMA SMK TAHUN 2016 (DISINI)
Tujuan diselenggarakannya Lomba Inovasi pembelajaran bagi Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2016 adalah sebagai berikut.
1. Menghasilkan karya inovasi pembelajaran bagi guru SD;
2. Menampilkan hasil karya inovasi pembelajarannya/ pelayanannya;
3. Mendiseminasikan hasil inovasi pembelajaran kepada teman sejawat;
4. Memotivasi guru SD untuk melakukan inovasi pembelajaran;
5. Memotivasi guru dalam berkarier melalui karya inovasi pembelajaran;
6. Memberikan penghargaan kepada guru SD yang berprestasi melalui kompetisi penciptaan inovasi pembelajaran yang sehat, objektif, terbuka, dinamis, dan akuntabel.
Sasaran kegiatan Lomba Inovasi Pembelajaran bagi Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2016 adalah guru SD di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang mencakup guru:
1. Guru kelas yang melakukan inovasi di bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA)
2. Guru kelas yang melakukan inovasi di bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa
3. Guru Mata Pelajaran yang melakukan inovasi di bidang Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Seni Budaya dan Keterampilan/Prakarya, Pendidikan Agama, dan Mulok.
Tema Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2016: “Inovasi Pembelajaran sebagai Upaya Mewujudkan Indonesia Pintar, Terampil, dan Berkarakter”
Adapun isi karya lomba inovasi pembelajaran mengacu pada kurikulum yang berlaku di sekolah terkait dengan pendekatan, metode, model, strategi, dan media pembelajaran.
PEDOMAN LOMBA INOVASI PEMBELAJARAN ( INOBEL ) GURU SD TAHUN 2016 |
Persyaratan Peserta
Peserta Lomba Karya Inovasi Pembelajaran bagi Guru Sekolah Dasar Tahun 2016:
a. memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK);
b. melampirkan surat tugas mengikuti lomba dari atasan langsung;
c. melampirkan biodata (contoh terlampir);
d. melampirkan surat keterangan sehat dari dokter;
e. melampirkan surat pernyataan belum pernah menjadi juara 1, 2, atau 3 Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD tahun 2013 sampai 2015; dan
f. melampirkan salinan ijazah terakhir minimal S1/D4.
Persyaratan Karya
Karya inovasi pembelajaran yang diikutkan dalam Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Guru SD
tingkat Nasional Tahun 2016:
a. bersifat individual,
b. asli hasil inovasi guru,
c. sudah diimplementasi dan dievaluasi dalam proses pembelajaran,
d. belum pernah diikutsertakan atau sedang diikutsertakan dalam lomba sejenis baik secara nasional maupun internasional,
e. disahkan oleh atasan langsung dalam bentuk lembar pengesahan,
f. jika karya inovasi berupa media/alat peraga pembelajaran, diutamakan memanfaatkan bahan/alat yang mudah didapat, ramah lingkungan, dan berbiaya rendah,
g. mudah diaplikasi, didiseminasi, dan direplikasi,
h. merupakan karya maksimal dua tahun terakhir, dan
i. tidak memuat unsur pornografi, serta tidak bertentangan dengan unsur Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan (SARA).
Catatan: butir b, c, dan d dibuat dalam satu surat pernyataan bermaterai yang ditandatangani oleh peserta dan atasan langsung (lampiran 3).
Persyaratan Naskah
a. Naskah diketik mengikuti teknik dan sistematika penulisan yang ditentukan dalam Pedoman Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2016.
b. Karya inovasi pembelajaran yang dikirim berupa naskah atau dokumen tertulis dalam bentuk hardcopy dan softcopy dalam CD/DVD/flashdisk, serta melalui pos-el (e-mail) dengan alamat inobelsd2016@gmail.com
Sistematika Penulisan Naskah
Penulisan naskah karya yang diikutkan dalam Lomba Inovasi Pembelajaran Bagi Guru SD Tingkat
Nasional Tahun 2016 harus menggunakan sistematika sebagai berikut.
SAMPUL NASKAH
HALAMAN JUDUL
SURAT PERNYATAAN
LEMBAR PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
ABSTRAK
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR/FOTO
DAFTAR LAMPIRAN
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan
D. Manfaat
BAB II LANDASAN TEORI
Konsep/Teori yang Melandasi Karya Inovasi Pembelajaran
BAB III KARYA INOVASI PEMBELAJARAN
A. Ide Dasar
B. Rancangan Karya Inovasi Pembelajaran
C. Proses Penemuan/Pembaharuan
D. Aplikasi Praktis dalam Pembelajaran
E. Data Hasil Aplikasi Praktis Inovasi Pembelajaran
F. Analisis Hasil Aplikasi Praktis Inovasi Pembelajaran
G. Diseminasi
BAB IV PENUTUP
A. Simpulan
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
Ruang lingkup kegiatan Lomba Inovasi Pembelajaran bagi Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2016 berisi tentang pengalaman pembelajaran terbaik guru SD yang merupakan hasil inovasi/hal-hal baru/pembaharuan dalam model, pendekatan, strategi, metode, dan media pembelajaran untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Hasil inovasi dituangkan dalam bentuk naskah yang didokumentasikan dalam bentuk hardcopy dan softcopy (CD/DVD/flashdisc).
Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tahun 2016 dikelompokkan menjadi 3 bidang, yaitu:
1. Guru kelas yang melakukan inovasi di bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA)
2. Guru kelas yang melakukan inovasi di bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa
3. Guru Mata Pelajaran yang melakukan inovasi di bidang Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Seni Budaya dan Keterampilan/Prakarya, Pendidikan Agama, dan Mulok.
Dokumen Inovasi Pembelajaran dapat dikirim ke:
Panitia Lomba Karya Inovasi Pembelajaran
Guru Sekolah Dasar (SD)
Tingkat Nasional Tahun 2016
Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar
Kompleks Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Gedung D Lt. 15
Jalan Jenderal Sudirman Senayan
Jakarta Kode Pos 10270
Pos-el (E-mail): inobelsd2016@gmail.com
Informasi Selengkapnya Download PEDOMAN LOMBA INOVASI PEMBELAJARAN ( INOBEL ) GURU SD TAHUN 2016 (Disini)
Loading...
0 Response to "PEDOMAN LOMBA INOVASI PEMBELAJARAN INOBEL TAHUN 2016"
Post a Comment