HIMBAUAN KEMENDIKBUD AGAR SEKOLAH MELAKUKAN SIMULASI EVAKUASI BENCANA

Loading...

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) serta Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menerbitkan surat edaran perihal Himbauan Simulasi Evakuasi Bencana Serentak. Dalam surat Kemendikbud yang ditujukan kepada seluruh kepala dinas pendidikan provinsi dan kabupaten kota, dihimbau seluruh satuan pendidikan melaksanakan Simulasi Evakuasi Bencana sekaligus dilanjutkan dengan mengadakan evaluasi terhadap kelengkapan keselamatan di satuan pendidikan masing-masing.

Adapun tujuan Simulasi Evakuasi Bencana ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada semua pihak untuk menemukenali ancaman dan risiko bencana di lingkungannya, memikirkan cara evakuasi yang benar, melaksanakan evakuasi secara terencana dan terorganisir, melakukan evaluasi untuk menguji apakah sarana prasarana keselamatan sudah memadai atau belum dan dilanjutkan dengan perbaikan rencana kedaruratan atau SOP kesiapsiagaan yang lebih balk. Simulasi evakuasi yang dilaksanakan secara rutin diharapkan dapat membangun budaya aman dan menumbuhkan naluri penyelamatan diri, menyelamatkan anggota keluarga dan membantu penyelamatan bagi sesama di sekitarnya.

Latihan Evakuasi Bencana, latihan evakuasi ini sifatnya sederhana, tidak memerlukan biaya yang besar dan dapat dilaksanakan di lingkungan (Sekolah/Madrasah, Lingkungan Perkantoran Pemerintah/ Swasta, Kawasan perdagangan dan industry, lingkungan tempat ibadah, rumah sakit, permukiman dll). Kegiatan Simulasi Evakuasi Bencana Serentak di Satuan Pendidikan diperkirakan berdurasi 2 jam dengan slogan Siap untuk Selamat.

Adapun beberapa pilihan latihan evakuasi bencana yang dapat dilaksanakan adalah sebagai berikut: (1). Evakuasi Mandiri Bencana Gempabumi; (2). Evakuasi Mandiri Bencana Gempa yang disertai Tsunami; (3). Evakuasi Mandiri Bencana Kebakaran; (4). Evakuasi Mandiri Bencana Banjir; (5). Evakuasi Mandiri Bencana Erupsi Gunungapi (6). Evakuasi ancaman bencana lain yang sesuai dengan data dan fakta di lapangan (cek risiko bencana daerah anda di: inarisk.bnpb.go.id)

Selengkap silahkan download

Surat Edaran Kemendikbud tentang Himbauan Simulasi Evakuasi Bencana Serentak ---- disini---

Buku Pedoman Latihan Kesiapsiagaan Bencana / Pedoman Simulasi Evakuasi Bencana ---- disini---

Buku Saku Siaga Bencana ---- disini---

Demikian info tentang Himbauan Agar Sekolah Melakukan Simulasi Evakuasi Bencana,  semoga bermanfaat.



Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "HIMBAUAN KEMENDIKBUD AGAR SEKOLAH MELAKUKAN SIMULASI EVAKUASI BENCANA"

Post a Comment