BEASISWA UNGGULAN BIDANG PERFILMAN TAHUN 2018 BAGI LULUSAN SMA YANG BERMINAT DALAM BIDANG FILM DAN TELEVISI

Loading...
Bagi Anda Lulusan SMA/SMK/MA/MA atau yang mau Lulus SMA/SMK/MA/MA dan berminat dalam Bidang Film dan Televisi segera daftar Ke Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta (FFTV-IKJ) dan dapatkan Beasiswa Unggulan dari Kemendikbud. Bahwa  dalam  rangka  peningkatan  mutu  pendidikan  dan pengembangan  potensi sumber daya daerah guna melahirkan insan terbaik bangsa yang memiliki pemahaman kebangsaan  secara  komprehensif,  integritas  dan  kredibilitas  tinggi,  berkepribadian unggul,  moderat,  serta  peduli  terhadap  kehidupan  bangsa  dan  negara  khususnya  di bidang  PERFILMAN  dan  PERTELEVISIAN,  Pusat  Pengembangan  Perfilman, Sekretariat  Jenderal,  Kementerian  Pendidikan  dan  Kebudayaan  bermaksud  mengirim calon  mahasiswa  berprestasi  untuk  mengikuti  program  pendidikan  film  yang diselenggarakan  oleh Biro  Perencanaan  dan  Kerjasama  Luar  Negeri,  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2018.

Tujuan  Beasiswa Unggulan Bidang Perfilman Tahun 2018
1.  Tujuan umum program Beasiswa Unggulan Tahun 2018 adalah untuk meningkatkan kemampuan  sumberdaya  manusia  yang  mendukung  percepatan  pembangunan daerah,  peningkatan  inovasi  teknologi,  kebudayaan  dan  kesenian  dan  peningkatan mutu serta daya saing daerah.
2.  Tujuan  khusus menyiapkan sumber  daya  manusia  serta  meningkatkan  kompetensi bidang perfilman berdasarkan pada produk unggulan pendidikan dan kebudayaan.
3.  Beasiswa  Unggulan  Tahun  2018 Biro  PKLN  dan  Pusbang-film  Kemdikbud  adalah program beasiswa nasional dalam rangka menyiapkan insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif sesuai dengan visi pendidikan nasional dan perfilman di Indonesia.

Sasaran Beasiswa Unggulan Bidang Perfilman Tahun 2018
Sesuai Permendikbud  Nomor 95 tahun 2013 tentang Beasiswa Unggulan  dan  tujuan khusus  dari  program  beasiswa  kelas  khusus,  maka  sasaran  penerima Beasiswa Unggulan  Program  Kelas  Khusus  adalah  lulusan  satuan  pendidikan SMA/SMK/MA/MAK tahun, 2016, 2017 dan 2018 yang memiliki potensi akademik yang baik dan berprestasi dalam bidang perflman dan pertelevisian.

Program Beasiswa Bidang Perfilman Tahun 2018
1. Beasiswa Unggulan Bidang Perfilman 
Peserta  Beasiswa  Unggulan  Tahun  2018  Program  Studi  Film  dan  Televisi  Strata  1 jenjang  SARJANA  yang  diselenggarakan  oleh  FAKULTAS  FILM  DAN  TELEVISI INSTITUT  KESENIAN  JAKARTA berjumlah  tiga  puluh  (30) orang  yang  telah menjalani  proses  seleksi  dan harus  menjalani  proses  belajar  di  Fakultas  Film  dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta.

2. Ketentuan Umum
1.  Mahasiswa  adalah  Warga  Negara  Indonesia  sebagai  peserta  didik  berprestasi yang telah memenuhi syarat akademis dan ketentuan penyelenggaraan Beasiswa Unggulan  Tahun  2018  Biro  Perencanaan  dan  Kerja  Sama  Luar  Negeri, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.  Program  Studi  Film  dan  Televisi  Strata  1  adalah  pendidikan  formal  jenjang SARJANA  yang  diselenggarakan  oleh  FAKULTAS  FILM  DAN  TELEVISI INSTITUT KESENIAN JAKARTA (FFTV-IKJ).
3.  Seleksi  adalah  proses  penjaringan  calon  peserta  yang  dilakukan  oleh  FFTV-IKJ dan  Pusbang-film,  baik  tertulis  maupun  wawancara  dan  memenuhi  persyaratan yang  ditentukan Biro  Perencanaan  dan  Kerja  Sama  Luar  Negeri dan FFTV-IKJ. Peserta yang dinyatakan lulus berhak mendapat Beasiswa Unggulan Tahun 2018 serta  mengikuti  pendidikan  di  FAKULTAS  FILM  DAN  TELEVISI  INSTITUT KESENIAN JAKARTA.
4.  Proses  pendidikan  adalah  serangkaian  proses  belajar-mengajar  yang dilaksanakan untuk berlangsungnya pendidikan sampai dengan pencapaian gelar akademik termasuk proses wisuda.

3. Persyaratan
Adapun persyaratan pengajuan usulan Beasiswa Unggulan Kelas Khusus adalah sebagai berikut.
a) Persyaratan
1.  Lulusan  satuan pendidikan  SMA/SMK/MA/MAK  tahun  2016,  2017,  dan 2018 yang berusia maksimal 22 tahun saat mendaftar. 
2.  Tidak sedang menerima beasiswa atau berada dalam status ikatan dinas lembaga atau instansi lain.

b) Persyaratan Dokumen
1.  Ijazah/Surat  Keterangan  Lulus dari sekolah/Bagi siswa  yang  masih duduk dikelas  XII  bisa  menyerahkan  surat  keterangan  dari  sekolah  yang menyatakan bahwa siswa yang bersangkutan merupakan siswa di sekolah tersebut.  (Wajib  upload  di  website  Penerimaan  Mahasiswa  Baru  FFTV-IKJ).
2.  Sertifikat/penghargaan/prestasi  dibidang  film  minimal  tingkat kabupaten/kota.  (Wajib  upload  di  website  Penerimaan  Mahasiswa  Baru FFTV-IKJ).
3.  Pas Foto  3X4  dan  2X3 berwarna masing-masing  2  lembar.  (Wajib  upload di website Penerimaan Mahasiswa Baru FFTV-IKJ).
4.  Foto  copy  Kartu  Keluarga.  (Wajib  upload  di  website  Penerimaan Mahasiswa Baru FFTV- IKJ).
5.  Foto  copy  Akte  Kelahiran  (Wajib  upload  di  website  Penerimaan Mahasiswa Baru FFTV- IKJ).
6.  Transkrip nilai terakhir.
7.  Nilai Ujian Akhir Nasional
8.  Memiliki bukti karya di bidang film.
9.  Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
10. Surat Keterangan Sehat.         
11. Surat  Keterangan  Bebas  Narkoba  dari  RSUD  atau  minimal  Rumah  Sakit Tipe C.
12. Menulis esai dengan minimal 3 s.d 5 lembar (A4) dengan tema ‘Aku Generasi Unggul Kebanggaan Bangsa Indonesia’.
Catatan: Semua berkas persyaratan wajib dibawa saat pelaksanaan ujian.

d) Pendaftaran dan Seleksi
Pelaksanaan Program Beasiswa bidang perfilman:
a.  Sosialisasi program pada bulan April sampai dengan 30 Juni 2018.
b.  Pendaftaran  dibuka  tanggal  1  Mei sampai  dengan  30  Juni  2018  di  website pmb.ikj.ac.id dan buonline.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/kolektif 
c.  Seleksi dilaksanakan dalam dua tahap:
·          Seleksi administrasi tanggal 1 Mei sampai dengan 7 Juli 2018.
·          Pengumuman calon mahasiswa yang lolos seleksi administrasi diumumkan tanggal 21 Juli 2018 di website Penerimaan Mahasiswa Baru FFTV-IKJ.
·          Seleksi tertulis dan wawancara tanggal 28 Juli 2018. 
d.  Pengumuman hasil seleksi dilaksanakan pada 6 Agustus 2018 melalui website Penerimaan Mahasiswa Baru FFTV-IKJ.
e.  Seluruh proses pendaftaran dan seleksi administrasi tidak dipungut biaya.
f.  Biaya  akomodasi  dan  transportasi  seleksi  ujian  tertulis  dan  wawancara ditanggung oleh masing-masing calon mahasiswa.

Demikian info tentang Beasiswa Unggulan Bidang Perfilman Tahun 2018 Bagi Lulusan SMA yang Berminat dalam Bidang Film dan Televisi, semoga bermanfaat.



Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BEASISWA UNGGULAN BIDANG PERFILMAN TAHUN 2018 BAGI LULUSAN SMA YANG BERMINAT DALAM BIDANG FILM DAN TELEVISI"

Post a Comment