PENDAFTARAN MAHASISWA BARU JALUR UJIAN MANDIRI PTN WILAYAH BARAT MELAUI LAMAN https://pendaftaran.smmptnbarat.id/

Loading...
Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur Ujian Mandiri tahun 2018 Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Universitas Andalas (Unand), Universitas Jambi (Unja), Universitas Lampung (Unila), Universitas Bengkulu (Unib), Institut Seni Indonesia (ISI), Universitas Palangkaraya (UPR). Universitas Malikussaleh (Unimal), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Universitas Bangka Belitung (UBB). Universitas Teuku Umar (UTU), Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh, dan Universitas Samudera (Unsam) dilakukan melalui portal program SMM PTN-BARAT 2018.  Pendaftaran dimulai sejak tanggal 02 Mei 2018 sampai dengan tanggal 10 Juli 2018

Seperti disebutkan dalam Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 126 Tahun 2016, bahwasanya penerimaan mahasiswa baru program sarjana (S1) pada perguruan tinggi negeri, (PTN) selain dilakukan melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, dapat juga dilakukan melalui Jalur Mandiri yang diselenggarakan oleh masing-masing perguruan tinggi.

Bahwasanya para Rektor PTN yang tergabung dalam Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri Indonesia Wilayah Barat (BKS Wilayah Barat) memandang penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri yang merupakan kewenangan pimpinan perguruan tinggi merupakan kegiatan penting yang harus dilakukan secara profesional, terukur, terjamin dan efesien. Oleh karena itu, maka para Rektor dari 16 PTN anggota BKS Wilayah Barat, dalam pertemuannya di Jakarta pada tangga 22-23 Maret 2018, telah bersepakat untuk dapat menyelenggarakan program seleksi masuk perguruan tinggi jalur mandiri secara bersama yang dinamakan program SMM PTN-BARAT 2018. Lima belas PTN yang tergabung dalam penyelenggaraan SMM PTN-BARAT 2018 adalah:
·          Universitas Syiah Kuala (Unsyiah)
·          Universitas Andalas (Unand)
·          Universitas Jambi (Unja)
·          Universitas Lampung (Unila)
·          Universitas Bengkulu (Unib)
·          Institut Seni Indonesia (ISI)
·          Universitas Palangkaraya (UPR)
·          Universitas Malikussaleh (Unimal)
·          Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta)
·          Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH)
·          Universitas Bangka Belitung (UBB)
·          Universitas Teuku Umar (UTU)
·          Institut Teknologi Sumatera (ITERA)
·          Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh
·          Universitas Samudera (Unsam)

Program SMM PTN-BARAT 2018, pada dasarnya merupakan jalur seleksi mandiri oleh masing-masing perguruan tinggi yang teknis pelaksanaannya dilakukan secara bersama-sama. Seperti halnya SBMPTN, SMM PTN-BARAT adalah seleksi berdasarkan hasil ujian tulis dalam bentuk cetak (UTBC) atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa yang dilakukan secara bersama dibawah koordinasi panitia SMM PTN-BARAT.

Pembiayaan penyelenggaraan SMM PTN-BARAT 2018 sepenuhnya bersumber dari biaya registrasi dan seleksi para calon mahasiswa. Informasi lebih lanjut meliputi ketentuan dan persyaratan umum, tata cara pembayaran biaya registrasi dan seleksi, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan pilihan PTN serta program studinya, secara rinci dapat dilihat pada laman www.smmptnbarat.id dan website masing-masing perguruan tinggi peserta SMM PTN-BARAT tahun 2018.


Latar Belakang

Kegiatan seleksi penerimaan mahasiswa baru merupakan hal yang penting, yaitu untuk mendapatkan calon mahasiswa baru yang berkualitas dan memiliki kompetensi dasar yang baik sesuai dengan standar yang ditetapkan. Kegiatan ini merupaka suatu kegiatan rutin bagi seluruh institusi pendidikan, karena itu penyelenggaraannya harus profesional, terjamin, terukur dan efesien.

Seleksi calon mahasiswa jalur mandiri yang dilakukan oleh masing-masing perguruan tinggi selama ini telah berjalan baik, namun bagi peserta, penyelenggaraan ini belum menguntungkan, kurang fleksibel, dan kurang efisien karena bersifat lokal dan tidak memiliki opsi untuk memilih program studi pada perguruan tinggi lain yang tergabung dalam BKS Wilayah Barat. Melalui program SMM PTN-BARAT 2018 ini, para peserta memiliki opsi untuk memilih program studi pada perguruan tinggi lain yang diminatinya seperti yang ditawarkan pada program SBMPTN.

Tujuan
Tujuan penyelenggaraan SMM PTN-BARAT 2018 adalah sebagai berikut:
·          Memfasilitasi para calon mahasiswa peserta seleksi mahasiswa baru jalur mandiri, memiliki opsi untuk memilih dan masuk menjadi mahasiswa pada program studi dari berbagai perguruan tinggi.
·          Menyeleksi secara bersama, calon-calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik.

Ketentuan Umum dan Persyaratan
1. Ketentuan Umum
SMM PTN-BARAT 2018 merupakan seleksi calon mahasiswa baru jalur mandiri yang penyelenggaraannya dilakukan secara bersama antar perguruan tinggi negeri yang tergabung dalam BKS Wilayah Barat. Penyelenggaraan seleksinya mengadopsi pola yang dilakukan pada jalur SBMPTN yaitu berdasar hasil ujian tulis berbasis cetak (UTBC) atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan yang dilakukan secara bersama dibawah koordinasi panitia SMM PTN-BARAT.

2. Persyaratan
Pendaftaran
·          Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C, harus memiliki ijazah.
·          Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2018, telah memiliki Surat Keterangan Lulus yang memuat sekurang-kurangnya informasi jati diri, pas foto yang bersangkutan, serta dibubuhi cap yang sah.
·          Peserta seleksi dalam kondisi kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran pada program studinya.
·          Ijazah adalah 3 tahun terakhir 2016, 2017, dan 2018 kecuali untuk UMRAH, Unja, UPR, dan Unimal tahun ijazah 5 tahun yaitu 2014, 2015, 2016, 2017, dan 2018 dan Paket C maksimal umur 25 tahun. Khusus untuk Institut Seni Budaya Indonesia Aceh (ISBI), tahun ijazah 10 tahun terakhir atau tidak lewat dari tahun ijazah 2009.
·          Ujian TOEFL dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2018 bagi peserta yang memilih Program Studi Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Andalas.

Penerimaan
·          Peserta seleksi lulus pendidikan menengah, lulus SMM PTN-BARAT 2018, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditetapkan oleh masing-masing PTN penerima, termasuk besaran nilai UKT dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) yang besarnya dapat dilihat pada website perguruan tinggi masing-masing.

Prosedur Pendaftaran
·          Pendaftaran SMM PTN-BARAT 2018 dilakukan secara online. Tata cara pendaftaran dapat dilihat dan diunduh disini.
·          Proses pendaftaran diawali dengan mengisi biodata singkat pada laman pendafaran untuk mendapatkan Kode Pembayaran dan PIN. Setelah Kode Pembayaran diperoleh, proses pembayaran dapat dilakukan melalui bank mitra yaitu Mandiri, BNI, dan BTN. Lihat tata cara pembayaran di sini.
·          Pengisian borang (formulir) pendaftaran ujian tulis dan keterampilan dilakukan melalui website https://pendaftaran.smmptnbarat.id/ dengan cara memasukan seluruh data yang diperlukan secara benar.
·          Pendaftaran dimulai sejak tanggal 02 Mei 2018 sampai dengan tanggal 10 Juli 2018.
·          Pada saat melakukan pendaftaran secara online, bagi peserta yang mengikuti SBMPTN 2018, diminta memasukkan nomor tes SBMPTN 2018 pada kolom yang disediakan.

Jenis Ujian
1. Ujian Tulis (UTBC)
Materi Ujian Tulis terdiri atas:
·          Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA).
·          Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
·          Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi dan Ekonomi.
2. Ujian Keterampilan
Ujian Keterampilan diperuntukkan bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan keolahragaan terdiri dari :
·          Ujian keterampilan seni rupa dengan mata tes menggambar, tes pengetahuan dan wawasan seni rupa.
·          Ujian keterampilan seni tari dengan mata tes tari bentuk, tes kreatifitas tari, tes imitasi gerak, serta tes pengetahuan dan wawasan seni tari (dalam bentuk wawancara)
·          Ujian keterampilan seni musik dengan mata tes musikalitas, tes praktek instrumen, serta tes pengetahuan dan wawasan seni musik (dalam bentuk wawancara)
·          Ujian keterampilan seni drama/teater dengan mata tes praktek monolog, tes praktek pantomim, serta tes pengetahuan dan wawasan seni drama/teater (dalam bentuk wawancara).
·          Ujian keterampilan olah raga dengan mata tes kesehatan dan tes keterampilan motorik.
·          Ujian TOEFL bagi peserta yang memilih Program Studi Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Andalas dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 18 Juli 2018.

Kelompok Ujian
Kelompok ujian SMM PTN-BARAT 2018 terbagi menjadi 3 (tiga) jenis, yaitu:
·          Kelompok ujian Saintek dengan materi ujian TKPA, TKD dan Saintek.
·          Kelompok Ujian Soshum dengan materi ujian TKPA, TKD, dan Soshum.
·          Kelompok Ujian Campuran dengan materi ujian TKPA, TKS, Saintek, dan Soshum.
Setiap peserta dapat mengikuti salah satu dari kelompok Saintek, Soshum, atau Campuran.

Kelompok Program Studi dan Jumlah dan Pilihan
·          Program studi (Prodi) yang ada di PTN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek dan Soshum.
·          Peserta yang memilih prodi-prodi yang masuk pada kelompok Saintek atau Soshum saja dapat memilih sebanyak-banyak 3 prodi pada satu PTN atau lebih.
·          Peserta yang memilih prodi-prodi yang masuk kelompok Campuran (Saintek dan Soshum) dapat memilih sebanyak-banyak 4 prodi pada satu PTN atau lebih.
·          Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.
·          Peserta diwajibkan untuk memilih prodi pada PTN tempat mengikuti ujian sebagai pilihan pertama.
·          Bagi yang memilih prodi bidang keolahragaan dan seni diwajibkan mengikuti ujian keterampilan.

Biaya Register dan Seleksi Ujian Tulis dan Keterampilan
·     Biaya registrasi dan seleksi bagi peserta yang masuk kelompok Saintek atau Soshum (tidak ada materi uji keterampilan) sebesar Rp 300.000,-
·          Biaya registrasi dan seleksi bagi peserta yang masuk kelompok Campuran dan kelompok Saintek atau Soshum yang ada materi uji keterampilan dan/atau materi TOEFL adalah sebesar Rp 400.000,-
·          Biaya registrasi dan seleksi dapat dibayarkan pada waktu yang ditetapkan melalui Bank yang ditetapkan.
·          Biaya registrasi dan seleksi yang telah dibayarkan TIDAK DAPAT ditarik kembali dengan alasan apa pun.

Jadwal Ujian

Ujian Tulis (UTBC) :
UTBC dilaksanakan pada UTBC dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 17 Juli 2018. Dengan tentative sebagai berikut;



Ujian Keterampilan :
Ujian Keterampilan dilaksanakan pada hari Selasa s.d. Kamis tanggal 18 s.d. 19 Juli 2018
Tempat dan Lokasi Ujian
·          Tempat ujian peserta SMM PTN-BARAT 2018 adalah di PTN pilihan pertama.
·          Lokasi ruang ujian tulis diatur dan ditetapkan oleh panitia pada masing-masing PTN peserta program seleksi SMM PTN-BARAT 2018.
·          Lokasi ujian keterampilan dilakukan di PTN tempat ujian tulis, dan apabila tidak tersedia, maka dilakukan di PTN terdekat, dengan biaya transportasi atas tanggungan peserta.

Pengumuman Hasil Seleksi
Hasil seleksi SMMPTN 2018 akan diumumkan pada tanggal 27 Juli 2018 mulai pukul 14.00 WIB dan dapat diakses melalui laman http://pengumuman.smmptnbarat.id dan laman mirror sebagai berikut:

Lain-lain
·          Informasi resmi mengenai SMM PTN 2018 dapat diakses melalui laman  http://www.smmptnbarat.id.
·          Website SMM PTN-BARAT 2018: http://www.smmptnbarat.id
·          Website perguruan tinggi masing-masing.
·          Sekretariat panitia SMM PTN-BARAT 2018 pada masing-masing perguruan tinggi.
·          Alamat Sekretariat SMM PTN-BARAT 2018 adalah sebagai berikut:
Gedung Rektorat Unand
Kampus Unand, Limau Manis, Padang 25163, Sumbar
Telepon: 0751-71181; 71175; 71086; 71087;
Faksimil: 0751-78085; 713301

LOGIN PENDAFTARAN ONLINE https://pendaftaran.smmptnbarat.id/

Demikian info Pendaftaran mahasiswa baru jalur Ujian Mandiri Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Universitas Andalas (Unand), Universitas Jambi (Unja), Universitas Lampung (Unila), Universitas Bengkulu (Unib), Institut Seni Indonesia (ISI), Universitas Palangkaraya (UPR). Universitas Malikussaleh (Unimal), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Universitas Bangka Belitung (UBB). Universitas Teuku Umar (UTU), Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh, dan Universitas Samudera (Unsam) Tahun 2018. Semoga bermanfaat.



Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PENDAFTARAN MAHASISWA BARU JALUR UJIAN MANDIRI PTN WILAYAH BARAT MELAUI LAMAN https://pendaftaran.smmptnbarat.id/"

Post a Comment