INFORMASI PENDAFTARAN SELEKSI CPNS 2016

Loading...
INFORMASI PENERIMAAN ATAU PENDAFTARAN  SELEKSI CPNS 2016, Para peminat kursi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) masih punya waktu untuk mempersiapkan diri.. Pemerintah akan mengadakan penerimaan CPNS 2016. Proses pendaftarannya mulai dibuka Agustus dan tesnya sekitar September-Oktober.

Saat ini pemerintah sudah menetapkan kuota CPNS 2016 secara nasional sebanyak 81 ribuan. Sedangkan penetapan kuota masing-masing daerah baru dimulai sekitar Juni-Juli.

"Seluruh pelamar CPNS baik pelamar umum maupun khusus semuanya melalui proses tes computer assisted test (CAT). Tidak ada ‎yang tanpa tes," tegas Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi usai penyerapan 32 Top Inovasi Pelayanan Publik di Jakarta, Kamis (26/5).

‎Dia menegaskan, rekrutmen CPNS tahun ini akan lebih ketat karena yang direkrut adalah orang-orang dibutuhkan. Semuanya baik formasi khusus maupun umum tetap melalui CAT. 

Hanya untuk pelamar khusus, tes CAT tujuannya perangkingan. Sedangkan untuk formasi umum, tujuannya mencari yang terbaik.

Persaingan juga dipastikan ketat. Pasalnya, rencana Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) merekrut 151.042 CPNS yang akan mengisi 108 jenis jabatan, tidak mendapat persetujuan dari Kementerian Keuangan.

MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi menyebut, kemenkeu hanya menyetujui perekrutan sebanyak 81 ribuan CPNS. 

"Awalnya kami ajukan kebutuhan formasi 150 ribuan. Namun, yang sudah disetujui Kementerian Keuangan dan telah disiapkan anggarannya hanya 81 ribu," ujar Yuddy Chrisnandi di sela sebuah acara di Jakarta, kemarin (26/5).

Itu pun, dari 81 ribuan kursi yang diperbutkan itu, mayoritas sudah diplot untuk lulusan sekolah ikatan dinas, tenaga kesehatan yang diurus kemenkes, guru GTT yang berada dalam nauangan kemendikbud., dan aparat penegak hukum. 

"Yang prioritas tahun ini lulusan sekolah ikatan dinas, tenaga kesehatan, pendidik, dan penegak hukum," ujarnya.

Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Setiawan Wangsaatmadja pernah menyampaikan, tahun ini hampir 600 instansi pusat dan daerah mengajukan kebutuhan pegawai baru. 
Hanya saja, dari usulan kebutuhan yang diajukan lewat e-formasi, setengahnya tidak memenuhi syarat. 

"Kami terpaksa menolak usulan tambahan formasi yang disampaikan instansi pusat dan daerah. Sebab, 50‎ persen usulannya bukan menempati jabatan prioritas (108 jabatan yang sudah ditetapkan, red)" kata Setiawan Wangsaatmadja.

Dia mengaku heran melihat usulan tambahan formasi yang diajukan didominasi tenaga administrasi. Padahal, KemenPAN-RB sudah melakukan sosialisasi ke daerah-daerah terkait pengadaan CPNS 2016

Sumber: jpnn




Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "INFORMASI PENDAFTARAN SELEKSI CPNS 2016"

Post a Comment