PERATURAN MENPAN - PERMENPAN RB NOMOR 30 TAHUN 2014 TENTANG PEDOMAN INOVASI PELAYANAN PUBLIK

Loading...
 Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi  PERATURAN MENPAN - PERMENPAN RB NOMOR 30 TAHUN 2014 TENTANG  PEDOMAN INOVASI PELAYANAN PUBLIK

Pada Pasal 1 Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) Nomor 30 Tahun 2014 Tentang  Pedoman Inovasi Pelayanan Publik, dinyatakan bahwa 1)  Dalam  rangka percepatan  peningkatan  kualitas  pelayanan  publik, perlu  dilakukan  pembangunan  dan  pengembangan  inovasi pelayanan  publik  pada  Kementerian/Lembaga  dan  Pemerintah Daerah; 2)  Pembangunan  dan  pengembangan  tertuang  dalam  pedoman  yang  merupakan  bagian  yang tidak terpisahkan dari Peraturan Menteri ini.

Apa pengertian Inovasi dan Pengertian Pelayanan  Publik? Berdasarkan Peraturan Menpan - Permenpan RB Nomor 30 Tahun 2014 Tentang Pedoman Inovasi Pelayanan Publik, yang dimaksud Inovasi adalah proses kreatif penciptaan pengetahuan dalam melakukan penemuan baru yang berbeda dan/atau modifikasi dari yang sudah ada. Adapun yang dimaksud Pelayanan  Publik  adalah  kegiatan  atau  rangkaian  kegiatan  dalam rangka  pemenuhan  kebutuhan  pelayanan  sesuai  dengan  peraturan perUndang-Undangan  bagi  setiap  warga  negara  dan  penduduk  atas barang,  jasa, dan/atau  pelayanan  administratif  yang  disediakan  oleh penyelenggara pelayanan publik. Sedangkan Inovasi  Pelayanan  Publik  adalah  terobosan jenis pelayanan  baik  yang merupakan  gagasan/ide  kreatif  orisinal dan/atau  adaptasi/modifikasi yang  memberikan  manfaat  bagi  masyarakat,  baik secara  langsung maupun  tidak  langsung.  Dengan  kata  lain,  inovasi pelayanan  publik sendiri  tidak  mengharuskan  suatu  penemuan  baru, tetapi  dapat merupakan suatu pendekatan baru yang bersifat kontekstual dalam arti inovasi  tidak  terbatas  dari  tidak  ada  kemudian  muncul  gagasan praktik  inovasi,  tetapi  dapat  berupa  inovasi  hasil  dari perluasan maupun peningkatan kualitas pada inovasi yang ada.

Selanjutnya dalam Peraturan Menpan - Permenpan RB Nomor 30 Tahun 2014 Tentang  Pedoman Inovasi Pelayanan Publik, dinyatakan bahwa Pembangunan  inovasi  pelayanan  publik  merupakan  upaya  untuk menjaring  dan  menumbuhkan  pengetahuan  serta  terobosan  dalam rangka percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik. Adapun   Pengembangan  inovasi  pelayanan  publik  merupakan  upaya  replikasi dan  transfer  pengetahuan  dalam  rangka  percepatan  peningkatan kualitas pelayanan publik. Sedangkan Kompetisi  Inovasi  Pelayanan  Publik  yang  selanjutnya  disebut  dengan kompetisi  adalah  kegiatan  seleksi,  penilaian,  dan  pemberian penghargaan yang  diberikan  kepada  inovasi  pelayanan  publik  yang dilakukan oleh Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah.

Selain itu dalam dalam Peraturan Menpan - Permenpan RB Nomor 30 Tahun 2014 Tentang  Pedoman Inovasi Pelayanan Publik, dinyatakan pula bahwa yang dimaksud Replikasi  Inovasi  Pelayanan  Publik  adalah proses  keputusan  untuk melakukan transfer  pengetahuan dalam  implementasi gagasan atau ide baru dari praktik baik inovasi pelayanan publik, baik sebagian maupun secara keseluruhan. Adapun Transfer  pengetahuan  inovasi  pelayanan  publik  merupakan  upaya  dan proses penyampaian pengetahuan mengenai upaya peningkatan kualitas pelayanan  publik,  baik  berupa  strategi,  metoda  dan/atau  substansi pelayanan  publik,  melalui  berbagai  kegiatan  seperti  simposium, workshop,  diskusi,  pelatihan, visit  learning, coaching  clinic dan  forum pembelajaran lainnya.

Lalu apa yang dimaksud SiNoviK ? Peraturan Menpan - Permenpan RB Nomor 30 Tahun 2014 Tentang  Pedoman Inovasi Pelayanan Publik, menjelaskan bahwa Sistem  Informasi  Inovasi  Pelayanan  Publik,  yang  selanjutnya  disebut SiNoviK  adalah  sistem  informasi  pembangunan  dan  pengembangan inovasi pelayanan publik. Adapun yang dimaksud  Adaptasi  dan  Modifikasi  Inovasi  Pelayanan  Publik  adalah  proses penyesuaian dan cara merubah inovasi yang disesuaikan dengan kondisi setempat  tanpa  menghilangkan  manfaat,  serta menghasilkan inovasi yang lebih baik dari aslinya.

Selengkapnya terkait Pedoman Inovasi Pelayanan Publik silahkan download Salinan dan Lampiran Peraturan Menpan - Permenpan RB Nomor 30 Tahun 2014




Link Download Salinan dan Lampiran Peraturan Menpan - Permenpan RB Nomor 30 Tahun 2014DISINI--

Demikian informasi tentang Peraturan Menpan - Permenpan RB Nomor 30 Tahun 2014 Tentang  Pedoman Inovasi Pelayanan Publik. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.

Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PERATURAN MENPAN - PERMENPAN RB NOMOR 30 TAHUN 2014 TENTANG PEDOMAN INOVASI PELAYANAN PUBLIK"

Post a Comment