Arti Ulul Azmi Serta Ayatnya Dalam Al-Quran

Loading...

Pengertain Ulul Azmi

Secara bahasa, arti Ulul Azmi adalah orang yang memiliki keteguhan hati, gelar Ulul Azmi sendiri diberikan kepada para rasul yang memiliki ketabahan yang luar biasa ketika menyebarkan ajaran tauhid kepada umatnya. Namun bukan berarti rasul-rasul yang lain tidak memiliki ketabahan yang luar biasa juga.

Jadi, yang dimaksud dengan Rasu Ulul Azmi adalah gelar yang diberikan kepada rasul yang memiliki keteguhan hati yang luar biasa ketika mereka menyampaikan ajaran tauhid kepada umat-umatnya karena ketika mereka menyampaikan ajaran tauhid tidak semua umatnya mau menerimanya bahkan tidak sedikit yang menentangnya.

Jika dilihat dari sejarah nabi-nabi, kita pasti bakal mengetahui betapa beratnya perjuangan para rasul dalam menyampaikan ajaran agama.

 adalah orang yang memiliki keteguhan hati Arti Ulul Azmi Serta Ayatnya Dalam Al-Quran

Arti Ulul Azmi

Adapun rasulrasul yang memiliki gelar Ulul Azmi ada 5, yaitu Nabi Muhammad, Nabi Ibrahim, Nabi Musa, Nabi Isa dan Nabi Nuh atau sering disingkat menjadi MIMIN supaya lebih mudah untuk mengingatnya.

Ayat Tentang Ulul Azmi

Adapun ayat yang berkaitan dengan Ulul Azmi terdapat dalam surat Al Ahqaf ayat 35 sebagai berikut :

فَاصْبِرْ كَمَا صَبَرَ أُولُو الْعَزْمِ مِنَ الرُّسُلِ وَلا تَسْتَعْجِلْ لَهُمْ كَأَنَّهُمْ يَوْمَ يَرَوْنَ مَا يُوعَدُونَ لَمْ يَلْبَثُوا إِلا سَاعَةً مِنْ نَهَارٍ بَلاغٌ فَهَلْ يُهْلَكُ إِلا الْقَوْمُ الْفَاسِقُونَ (٣٥)

35. Maka bersabarlah kamu seperti orang-orang yang mempunyai keteguhan hati dari Rasul-rasul telah bersabar dan janganlah kamu meminta disegerakan (azab) bagi mereka. pada hari mereka melihat azab yang diancamkan kepada mereka (merasa) seolah-olah tidak tinggal (di dunia) melainkan sesaat pada siang hari. (inilah) suatu pelajaran yang cukup, Maka tidak dibinasakan melainkan kaum yang fasik.

Demikian pengertian Ulul Azmi berikut dengan Ayat yang berkaitan dengan Ulul Azmi tersebut. Semoga bermanfaat, Waallahu A’lam Bishawab..

Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Arti Ulul Azmi Serta Ayatnya Dalam Al-Quran"

Post a Comment