CARA AGAR BISA LULUS SNMPTN, TUK PERSIAPAN AGAR LULUS SNMPTN TAHUN 2018/2019

Loading...
CARA AGAR LULUS (LOLOS) SNMPTN
Pelaksanaan SNMPTN tahun 2018/2019 yang akan datang memang masih lama, tetapi bagi siswa SMA SMK yang ingin diterima di Perguruan Tinggi Favorit tentunya harus mempersiapkan diri dengan belajar secara bersungguh-sungguh. Selain itu, Adik-adik juga harus mengetahui Cara Agar Lulus SNMPTN. Mudah-mudahan Adik-adik yang membaca tulisan ini dapat lulus pada SNMPTN 2018/2019 yang akan datang.

Berikut beberapa cara Agar bisa Lulus SNMPTN, adik-adik perlu memahami cara-cara ini agar lolos dalam SNMPTN 2018/2019 yang akan datang. Berikut caranya.

Cara pertama agar bisa lulus SNMPTN pehatikan Nilai Rapot. SNMPTN menggunakan nilai rapot untuk seleksinya. Usahakan nilai Adik-adik minimal stabil dan cenderung naik tiap semesternya. Nilai rapot yang digunakan untuk seleksi adalah nilai rapor semester 1 sampai 5 (kelas 12 semester 1). Namun perlu diingat bahwa nilai rapot yang tinggi bukan jaminan kamu akan lolos SNMPTN.

Cara Kedua agar lulus SNMPTN pehatikan PT atau Universitas yang akan kamu pilih.  Tiap tahun pasti akan muncul beberapa universitas dengan jumlah pendaftar SNMPTN terbanyak. Untuk memperbesar peluang lulus SNMPTN sebaiknya kamu tidak memilih universitas-universitas tersebut di SNMPTN karena akan memperkecil peluang untuk lolos.


Cara Ketiga agar lulus SNMPTN pehatikan Jumlah Peminat dan Daya Tampung PT pilihan kamu. Dalam pemilihan Prodi di SNMPTN usahakan kamu melihat  jumlah peminat dan daya tampung jurusan. Kamu bisa melihat Jumlah Peminat dan Daya Tampung di laman SNMPTN. Agar bisa lulus usahakan kamu bisa memilik jurusan dengan daya tampung yang cukup banyak dan jumlah peminat yang sedikit. Tetapi itu jangan dipaksakan jika Prodi tersebut tidak sesuai dengan minat kamu, bisa jadi setelah jadi sarjana nanti jadi pengangguran.

Cara Keempat agar bisa lulus SNMPTN pehatikan Prestasi yang kamu miliki. Saat pendaftaran SNMPTN kamu bisa memasukan maksimal 3 piagam. Jika kamu memiliki lebih dari 3 saya sarankan untuk memasukan yang tingkatnya paling tinggi. Seperti tingkat kota, nasional atau internasional. Bagi kamu yang tidak memiliki penghargaan atas prestasi jangan berkecil hati karena tak sedikit yang lulus SNMPTN walaupun mereka tidak menyertakan / memasukan prestasi.

Cara Kelima agar lulus SNMPTN pehatikan Alumni Sekolah kamu kebanyakan mendaftar ke PT / Universitas mana? Pengalaman membuktikan bahwa apabila lulusan SMA XXX pada tahun-tahun sebelumnya banyak siswa yang diterima di PT / Universitas YYY. Begitupula pada tahun berikutnya.

Cara Keenam agar lulus SNMPTN perhatikan Persaingan di Tingkat Sekolah. Dalam satu sekolah mungkin akan ada ratusan orang yang mengikuti SNMPTN, pasti ada beberapa siswa yang memilih prodi dan universitas yang sama. Sekarang pertanyaanya, apa mungkin dalam satu sekolah akan ada siswa yang diterima dengan pilihan yang sama? Hal itu bisa terjadi namun kemungkinanya cukup kecil. Sebagai contoh, di suatu sekolah ratusan atau puluhan siswa yang diterima SNMPTN, hanya 4 orang yang sukses masuk dengan pilihan yang sama, 2 orang di jurusan A dan 2 orang di jurusan B. Jadi, jika kamu ingin memilih prodi usahakan di sekolah hanya kamu yang memilih. Jika ada yang sama dan nilainya lebih besar saya sarankan untuk mengganti pilihan prodi karena kamu akan kalah dalam persaingan tingkat sekolah. Tetapi itu jangan dipaksakan jika Prodi tersebut tidak sesuai dengan minat kamu, bisa jadi setelah jadi sarjana nanti jadi pengangguran.

Cara Ketujuh agar lulus SNMPTN perhatikan Hasil Simulasi SNMPTN. Sebelum SNMPTN resmi dibuka banyak situs-situs atau lembaga bimbingan belajar yang melakukan uji coba/simulasi SNMPTN. Jika kamu mengikutinya, kamu akan diminta memasukan nilai rapot dan pilihan jurusan. Setelah itu mereka akan mengumumkan hasil simulasi tersebut. Hasil simulasi dari mereka setidaknya dapat dijadikan salah satu acuan dalam menentukan pilihanmu agar lulus SNMPTN.







Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA AGAR BISA LULUS SNMPTN, TUK PERSIAPAN AGAR LULUS SNMPTN TAHUN 2018/2019"

Post a Comment