INI DAFTAR GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR HASIL PILKADA 2017 YANG SUDAH DILANTIK

Loading...
Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo  melantik 5 (lima) Gubernur dan 6 (enam) Wakil Gubernur di Istana Negara, Jumat (12/5) sore. Lima pasang Gubernur dan Wakil Gubernur merupakan hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Februari lalu, dan seorang Wakil Gubernur mengisi posisi yang sedang kosong.


Pelantikan berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 46P Tahun 2017 tanggal 10 april 2017, Nomor 50 Tahun 2017 tanggal 27 April 2017, dan Nomor 52P-55P Tahun 2017 masing-masing tertanggal 10 Mei 2017, Tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur ditetapkan di Jakarta 10 Mei 2017. Berikut Daftar Nama Gubernur dan Wakil Gubernur hasil Pilkada 2017 yang  sudah dilantik, secara berurutan yaitu:
1. Dominggus Mandacan sebagai Gubernur Papua Barat;
2. Mohammad Lakotani sebagai Wakil Gubernur Papua Barat;
3. Erzaldi Rosman sebagai Gubernur Bangka Belitung;
4. Abdul Fatah Wakil Gubernur Bangka Belitung;
5. Wahidin Halim sebagai Gubernur Banten;
6. Andika Hazrumy  sebagai Wakil Gubernur Banten;
7. Ali Baal Masdar sebagai Gubernur Sulawesi Barat;
8. Enny Anggraeni Anwar sebagai Wakil Gubernur Sulawesi Barat;
9. Rusli Habibie sebagai Gubernur Gorontalo;
10. Idris Rahim  sebagai Wakil Gubernur Gorontalo;
11. Wan Thamrin Hasyim sebagai Wakil Gubernur Riau (menggantikan posisi yang kosong).

Upacara pelantikan diawali dengan penyerahan petikan Keputusan Presiden kepada masing-masing Gubernur dan Wakil Gubernur di Istana Merdeka. Kemudian Presiden dan Wakil Presiden diikuti oleh para Gubernur dan Wakil Gubernur melakukan prosesi kirab dari Istana Merdeka menuju Istana Negara.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan gubernur  dan wakil gubernur yang dilantik tersebut secara langsung dipimpin oleh Presiden Joko Widodo.

Usai pengambilan sumpah jabatan, acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara serta pemberian ucapan selamat oleh Presiden Joko Widodo dan tamu undangan yang menghadiri upacara pelantikan.

Tampak hadir dalam acara pelantikan itu antara lain Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menko Polhukam Wiranto, Mendagri Tjahjo Kumolo, Mensesneg Pratikono, Seskab Pramono Anung, Menteri PANRB Asman Abnur, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Kapolri Jenderal Tito Karnavian,  serta kepala lembaga tinggi negara lainnya. 

Gubernur Banten Siap Benahi Jalan Provisni Yang Rusak
Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan, Banten masih terbelakang dibanding daerah lain. Karena itu, yang pertama akan dilakukannya adalah membangun infrastruktur, pendidikan, dan sarana kesehatan.

“Itu yang menjadi prioritas pertama saya ketika saya mulai bertugas sebagai Gubernur Banten,” kata Gubernur Banten Wahidin Halim kepada wartawan usai dilantik Presiden Joko Widodo.

Menurut Wahidin, pihaknya akan membangun jalan, antar provinsi antar kota se-Banten. Kemudian jalan yang selama ini rusak, sekian banyak jalan rusak hampir 60 persen jalan rusak, terutama di wilayah selatan, mulai Serang, Pandeglang.

Sementara Kota dan Kabupaten Tangerang, dinilai Gubernur Banten itu, relatif sudah cukup.

Mengenai program prioritas pertama yang akan dilakukannya, Wahidin Halim mengatakan, sesuai dengan visinya yang pertama setelah dilantik adalah segera membenahi aparatur, etos kerja.

Yang kedua infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan, yang secara simultan akan dilakukan juga terhadap program-program lainnya, ketenagakerjaan.


“Kira-kira saya punya 21 isu yang kita tawarkan kepada masyarakat dan masyarakat memilih saya, sehingga isu-isu tadi memang kita kemas dalam bentuk prioritas,” terang Wahidin seraya menegaskan, bahwa pemerintah provinsi Banten yang dipimpinnya akan bekerja seperti mulai dari nol.



Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "INI DAFTAR GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR HASIL PILKADA 2017 YANG SUDAH DILANTIK"

Post a Comment