Hadits Tentang Menikahi Wanita Karena 4 Perkara

Loading...

Hadits Tentang Menikahi Wanita Karena 4 Perkara

Hadits Tentang Menikahi Wanita Karena 4 Perkara – Menikah merupakan takdir tuhan yang sangat diidam-idamkan oleh seluruh umat mamusia karena dengan menikah maka kita akan memperoleh kebahagiaan baik di dunia maupun di kahirat. Namun, ketika kita ingin menikah maka hendaknya kita mempertimbangkan empat perkara sebagai pegangan untuk memilih seorang perempaun untuk dijadikan istri.

Baca Juga : Hadits Tentang Ilmu

 Menikah merupakan takdir tuhan yang sangat diidam Hadits Tentang Menikahi Wanita Karena 4 Perkara

Hadits Tentang Menikahi Wanita

Nabi muhammad SAW telah mengajarkan kita tentang hadits tentang menikahi wanita karena 4 perkara, dimana ini adalah sebuah hadits yang diriwayatkan oleh imam bukhori dan imam muslim dari abu hurairah r.a. Adapun bunyi dari hadits tersebut adalah sebagai berikut :

تُنْكَحُ الْمَرْأَةُ ِلأَرْبَعٍ لِمَالِهَا وَلِحَسَبِهَا وَلِجَمَالِهَا وَلِدِيْنِهَا فَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّيْنِ تَرِبَتْ يَدَاكَ

(رواه البخاري و مسلم عن أبى هريرة)

Artinya :

Seorang wanita dinikahi karena empat perkara; karena hartanya, keturunannya, kecantikannya, dan karena agamanya, maka pilihlah karena agamanya, niscaya kamu beruntung. (Dikutip dari kitab mukhtar al-hadits an-nabawi hal 63 n0 21.)

Baginda nabi Muhammad SAW memberikan pedoman kepda kita ketika kita ingin menikahi seorang perempuan maka hendaknya mempertimbangkan empat hal, yaitu :

  1. Hartanya
  2. Keturunannya
  3. Kecantikannya
  4. Agamanya

Keempat faktor tersebut adalah unsur ideal kenapa seorang perempuan dipilih untuk dijadikan pendamping hidup. Namun yang terpenting dari keempat unsur tersebut adalah unsur agamanya, karena agama akan menjadi fondasi utama dalam membangun sebuah keluarga yang sakinah mawaddah warahmah sebagaimana ditegaskan pada kalimat terakhir dari hadits di atas “فَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّيْنِ تَرِبَتْ يَدَاكَ” maka pilihlah karena agamanya, niscaya kamu beruntung.

Demikianlah Hadits tentang menikahi wanita karena 4 perkara yang diwasiatkan nabi Muhammad kepada agar kita tepat memilih pasangan hidup.

Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hadits Tentang Menikahi Wanita Karena 4 Perkara"

Post a Comment