TEMA LOGO DAN PANDUAN PERINGATAN HARI PANCASILA TAHUN 2019

Loading...
 Tema Logo dan Panduan Peringatan Hari Pancasila Tahun  TEMA LOGO DAN PANDUAN PERINGATAN HARI PANCASILA TAHUN 2019

Tema Logo dan Panduan Peringatan Hari Pancasila Tahun 2019. Program dan kegiatan datam rangka Peringatan Hari Lahir Pancasila dikemas dalam kegiatan yang hendaknya tidak bersifat seremonial belaka, melainkan diisi dengan berbagai praktlk kebajikan Pancasila sebagai wujud Implementasi kelima sila Pancasita dalam laku hidup diberbagal bidang.

Berbagai kegiatan bisa daksanakan oleh aparatur Negara dan masyarakat di seluruh tanah air, terutama dalam menguatkan simpuI-simpuI persatuan dalam keragaman, menggalang semangat berbagi, dan bermitra usaha melintasi batas-batas identitas dan golongan, serta memberikan apresiasi terhadap praktik-praktik baik dan prestasi anak-anak bangsa di berbagai bidang sebagal wujud pengamalan Pancasila

Peringatan Hari Lahir Pancasila diselenggarakan secara nasional di tingkat Pusat, Provinsi Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Perwakilan RI di luar negeri. Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2019 wajib diselenggarakan oleh lembaga pemerintah dan non pemerintah, organisasi kemasyarakatan, LSM, lembaga pendidikan dengan  berpedoman pada buku Panduan / Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019 yang dikeluarkan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasda (BPIP).

Dalam Buku Penduan / Pedoman Peringatan Hari Pancasila Tahun 2019, dinyatakan bahwa Peringatan Hari Lahir Pancasila dlselenggarakan secara terarah dan terpadu dengan menibentuk panitia pada setiap tingkatan, dimulai dari tingkat Pusat sampai tingkat Kelurahan antara lain;
1. Panitia Nasional Peringatan Hari Lahir Pancasila dibentuk melalui Surat Keputusan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancaslia.
2. Panitia Provinsi Kabupaten/Kota Kecamatan dan Kelurahan dibentuk melalui Surat Keputusan Gubemur, Bupati/Walikota Camat dan Lurah setempat.
3. Panitia Perwakilan RI diluar negeri dibentuk melalui Surat Keputusan Kepala Perwakilan RI setem pat.
4. Kepanitiaan yang diselenggarakan oleh organisasi atau lembaga non pemerintah, dibentuk oleh pimpinan organisasi yang bersangkutan.

Tema dan Logo Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019. Pada tanggal 1 Juni 2019 bangsa Indonesia mengadakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019. Upacara ini merupakan rangkaian peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019 karena bulan Juni merupakan Bulan Pancasila. Penetapan tanggal 1 Juni sebagai hari lahir Pancasila ditetapkan  berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila.Ketetapan di atas berdasar pada penyelidikan yang mendalam atas naskah otentik risalah sidang “Badan Oentoek Menyelidiki Oesaha-oesaha Persiapan kemerdekaan” yang mencatat bahwa pada 1 Juni 1945, Ir Soekarno yang mencetuskan untuk pertama kalinya Pancasila sebagai dasar Negara. Ketetapan ini bertu-juan menetapkan asal-usul dan perkembangan hidup berbangsa dan menegaskan tumpuan utama kehidupan bernegara Republik Indonesia.


Dengan merayakan hari lahirnya Pancasila, bangsa ini hendak mengenang peristiwa yang dihasilkan melalui percakapan yang sedemikian mendalam dan demokratis dari “founding fathers and mothers” bangsa kita. Para pendiri bangsa ini secara terbuka dapat menerima berbagai pikiran dan gagasan, dan meramunya menjadi konsensus dasar bernegara. Dengan penetapan Pancasila selanjutnya disusun Undang-Undang Dasar negara RI yang secara substantif dibuat demi terwujudnya Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Rangkaian peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2019 diawali dengan upacara secara serentak pada hart Sabtu, 1 Juni 2019 pukut 08.00 WIB yang dipusatkan di halaman Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeni, dan akan dipimpin oieh Presiden RI selaku Inspektur Upacara. Pada waktu yang sama (menyesuaikan dengan waktu setempat) upacara juga dilakukan di seluruh Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah seluruh Indonesia, dan Perwakitan RI di luar negeri.

Perigatan Hari Lahir Pancasila akan dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan di bulan Juni sebagai bulan Pancasila yang antara lain berupa kegiatan dialog dan temu masyarakat/komunitas di berbagai daerah di Indonesia serta silahturahmi Pancasila di Jakarta.

Apa Logo dan Tema Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019. Sebagai salah satu upaya menyemarak Perigatan Hari Lahir Pancasila kita biasanya membuat spanduk yang memuat logo dan tema. Adapun Tema Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019 adalah Kita Indonesia Kita Pancasila.

Tema Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019


Adapun logo Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019 adalah sebagai berikut:

Logo Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019



Sesuai buku Panduan / Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019, Urutan Kegiatan Upacara Bendera Pelaksanaan Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019 adalah sebagai berikut
Acara Persiapan
1. Pasukan upacara memasuki lapangan upacara
2. Komandan upacara memasuki lapangan upacara dan mengambil alih pasukan Acara Pendahuluan
3. Laporan perwlra upacara kepada Inspektur Upacara (Presiden RI)
4. Inspektur upacara menuju tempat upacara
5. Salam kebangsaan
Acara Pokok
6. Penghormatan kebesaran
7. Laporan komandan upacara kepada inspektur upacara
8. Mengheningkan cipta dipimpin oleh Inspektur upacara
9. Tanda Kebesaran buka
10. Pembacaan teks Pancasila oleh Ketua MPR RI
11. Tanda Kebesaran tutup
12. Pernbacaan Pembukaan UUD Negara RI tahun 1945 oleh Ketua DPR RI
13. Sambutan Inspektur Upacara
14. Pembacaan Do’a OIeh Menten Agama RI
15. Andhlka Bhayangkaii
16. Laporan Komandan Upacara Kepada Inspektur Upacara
17. Penghormatan Kebesaran
Acara Penutup
18. Salam Kebangsaan
19. Inspektur upacara meninggalkan tempat Upacara
20. Laporan perwira upacara kepada Inspektur Upacara
21. Komandan upacara membubarkan pasukan

22. Upacara selesai

Link download Surat Edaran Panduan - Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019 ----disini---

Link download Buku Panduan - Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019 ----disini---

Link download Tema Logo Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019 ---disini---

Demikian informasi tentang Tema Logo dan Panduan Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.


Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TEMA LOGO DAN PANDUAN PERINGATAN HARI PANCASILA TAHUN 2019"

Post a Comment