Loading...
Dalam rangka melaksakakan tata kelola sekolah yang baik, ada beberapa perangkat pendukung yang harus dilengkapi, seperti Dokumen KTSP, Rencana Kerja Sekolah atau Rencana Kerja Jangka Mengah, Rencana Kerja Tahunan Sekolah, Program Kerja Kepala Sekolah serta beberapa perangkat lainnya.
Pada kesempatan ini saya coba untuk mengulpoad contoh Program Kerja Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) atau Pembantu Kepala Sekolah Bidang Kurikulum. contoh Program Kerja Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) atau Pembantu Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dan Program Bimbingan Konseling serta contoh program kerja supervisi akademik.
Contoh ini diperuntukkan bagi mereka yang mengelola SMP Satu Atap atau SMP Negeri dan Swasta yang masih berstatus sekolah tumbuh. Bagi Anda yang membutuhkan silahkan download link di bawah ini:
Mudah-mudahan contoh Program Kerja Wakasek/PKS Kurikulum, contoh Program Kerja Wakasek/PKS Kesiswaan, dan Program Kerja BP di atas dapat memberikan inpirasi kepada para kepala sekolah dan guru untuk membuat program kerja yang lebih baik, serta dapat mengimplemntasikan program kerja tersebut dalam pelaksanaan kegiatan di sekolah.
Untuk Anda yang membutuhkan contoh Dokumen KTSP, Rencana Kerja Sekolah atau Rencana Kerja Jangka Mengah, Rencana Kerja Tahunan Sekolah, Program Kerja Kepala Sekolah klik link di bawah ini
Contoh Program Kesiswaan SMP
PROGRAM KERJA KESISWAAN SMPN 1 CIBALIUNG
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
A. LATAR BELAKANG
Salah satu pilar utama fungsi sekolah adalah fungsi Pendidikan, disamping fungsi pengajaran dan pelatihan. Secara kelembagaan, Sekolah Menengah Pertama (SMP) merupakan sekolah yang dirancang untuk mempersiapkan muridnya melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang tinggi yaitu, Sekolah Menengah Atas (SMA). Di sisi lain, kehidupan remaja pada usia tingkat SMP, terutama tingkat SMP sangatlah rentan terhadap penyalahgunaan obat-obat terlarang, tawuran, pergaulan bebas dan permasalahan remaja lainnya.
Keadaan tersebut di atas, merupakan masalah yang sangat banyak dihadapi dunia pendidikan Indonesia. Jumlah tenaga produktif yang besar tidaklah cukup jika tidak ditunjang oleh kualitas kemampuan yang diperlukan dalam persaingan pasar tenaga kerja. Besarnya jumlah lulusan yang tidak melanjutkan sekolah merupakan masalah sosial yang perlu segera ditanggulangi.
Namun, persoalan yang paling mendasar dari penyelenggaraan pendidikan di jenjang pendidikan dasar dan menengah adalah kenyataan bahwa proses pembelejaran terlalu berorientasi kepada penguasaan materi pembelajaran, dan bukan dari makna atau nilai yang dikandungnya. Artinya, model pengajaran yang diterapkan selama ini cenderung terlalu banyak berteori dan tidak terkait dengan lingkungan. Akibatnya, murid tidak mampu menerapkan apa yang dipelajarinya di sekolah untuk memecahkan masalah yang dihadapinya dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan seakan-akan tercabut dan terasingkan dari lingkungan kehidupan masayarakatnya sendiri dan acapkali menghasilkan angkatan kerja yang tidak produktif atau bahkan menganggur. Inilah salah satu faktor penentu yang memicu munculnya penyimpangan tingkah laku yang mengganggu ketertiban dan ketentraman keluarga, masayarakat, bangsa dan negara.
Salah satu jalan keluar yang dicoba diterapkan di SMP 1 Cibaliung Pandeglang untuk membenahi pendidikan ialah konsep penyelenggaraan pendidikan berbasis luas kecakapan hidup (broad based education-life skill). Konsep ini mengandung pengertian bahwa pendidikan harus mampu mewadahi berbagai kebutuhan masyarakat luas dengan dukungan keikutsertaan masyarakat dan penguasaan mata pelajaran bukan lagi menjadi tujuan utama pengajaran, melainkan sarana untuk menanamkan nilai kehidupan dan menumbuhkembangkan kecakapan hidup.
Dalam kerangka dan dasar pemikiran seperti inilah profil, proses dan format pendidikan murid di SMPN 1 Cibaliung Pandeglang ingin menghasilkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas tinggi, baik di bidang akhlaknya, intelektualnya dan keahlian/keterampilannya.
Kondisi kerja intern sekolah sangatlah menentukan keberhasilan tercapainya tujuan Visi dan Misi pendidikan SMPN 1 Cibaliung. Dimana fungsi dan proses pengajaran dan pelatihan menjadi fokus tanggung jawab koordinasi dan wewenang bagian Wakil Kepala Sekolah Kurikulum atau PKS Kurikulum, sedangkan fungsi dan proses pembudayaan/pembiasaan merupakan fokus tanggung jawab bagian Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan atau PKS Kesiswaan SMPN 1 Cibaliung beserta seluruh unsur pengelola program Ekstrakurikuler lainnya, agar apa yang kita cita-citakan dapat tercapai dengan baik ada dalam ridlo Allah SWT.
Dalam melaksanakan tupokasi sebagai bagian Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan atau PKS Kesiswaan SMPN 1 Cibaliung, maka maka dipandang perlu menyusun suatu Program Kerja Wakil Kepala Urusan Kesiswaan atau PKS Kesiswaan SMP 1 Cibaliung yang komprehensif dan aplikatif, baik di tingkat strategis, taktis, maupun teknis operasionalnya.
B. KEBIJAKAN UMUM
Program Kerja Kesiswaan SMP. Kesiswaan bertugas mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan siswa. Harapan utamanya adalah bagaimana siswa menjadi insan bertaqwa, cerdas dan berahlaq mulia selalu mengembangkan kepribadiaannya untuk keman pribadi, lingkungan dan orang lain.
Semua kegiatan siswa sudah terakomodir dan difasilitasi oleh sekolah. Berkenaan dengan tugas tersebut, PKS kes sudah menentukan garis besar semua kegiatan yang boleh diiikuti oleh siswa, diantaranya :
· Semua kegitan dilaksanakan dengan izin kepala sekolah dan orang tua siswa
· Semua kegiatan tidak melupakan tugas utamanya, yaitu belajar.
· Semua kegiatan selalu berorientasi untuk pengembangan diri setiap siswa
· Semua kegiatan didanai oleh Bos Pusat, Bos Provinsi dan Komite Sekolah Jadwal kegiatan harus disesuaikan dengan agenda kegiatan sekolah.
· Semua kegiatan sudah terencana dengan baik dan matang.
· Semua kegiatan tidak menyebabkan ekses negatif baik untuk SMP Negeri 2 Saketi maupun sekolah lainnya.
· Semua kegiatan ekstra kurik uler harus dilaksanakan di luar jam sekolah kecuali dalam keadaan mendesak denga kepala sekolah.
C. LANDASAN HUKUM
· Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 1 butir 6 yang mengemukakan konselor adalah pendidik, Pasal 3 bahwa pendidikan nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik,dan Pasal 4 ayat (4) bahwa pendidikan diselenggarakan dengan memberi keteladanan, membangun kemaua mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran, dan Pasal 12 Ayat (1b) yang menyatakan b setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan pelayanan pendidikan sesuai dengan ba minat, dan kemampuannya.
· Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar NasionalPendidikan, Pasal 5 s.d Pasal 18 tentang st isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah.
· Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Permendikbud No 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, yang memuat pengembangandiri peserta didik dalam struktur kurikulum setiap satuan pendidikan difasilitasi dan/atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan.
· Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 39 Tahun 2008 tentang materi pembinaan kesiswaan Dasar Standarisasi Profesi Konseling yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Tahun 2004 untu memberi arah pengembangan profesi konseling di sekolah dan di luar sekolah.
D. FUNGSI KESISWAAN
1. Mewakili Kepala Sekolah/Wakil Kepala Sekolah apabila berhalangan hadir kecuali masalah keuangan dan penandatanganan surat-surat yang tidak didelegasikan.
2. Menyusun program kegiatan kesiswaan setiap awal tahun pelajaran dan melaporkannnya kepada Wakil Kepala Sekolah / Kepala Sekolah untuk mendapatkan pengesahannya.
3. Merencanakan dan melaksanakan penerimaan peserta didik baru
4. Bersama staf kurikulum mengelola mutasi siswa dan melaporkannya kepada Wakil Kepala Sekolah / Kepala Sekolah
5. Merencanakan dan melaksanakan masa orientasi peserta didik baru.
6. Mengorganisir:
a. Kegiatan pembinaan OSIS
b. Kegiatan Ekstrakurikuler
c. Kegiatan Upacara Bendera
d. 7K (Keamanan, Kebersihan, Ketertiban, Keindahan, Kerindangan,Kedamaian dan Kekeluargaan)
e. Kegiatan pelepasan peserta didik kelas IX.
f. Kegiatan pengayaan dan tryout kelas IX
g. Pembinaan siswa berprestasi
f. Kegiatan memberikan informasi tentang lembaga pendidikan SMA/SMK bagi peserta didik kelas IX.
7. Mengatur tata tertib peserta didik dan mengurus peserta didik yang melanggar tata tertib.
8. Mengatur seluruh aktivitas peserta didik baik di dalam maupun di luar sekolah
9. Mengorganisir pelaksanaan karya wisata peserta didik. 10. Melaksanakan pemilihan calon peserta didik teladan dan calon siswa penerima beasiswa bersama-sama dengan BK.
E. VISI DAN MISI
Program kerja kesiswaan SMP 1 Cibaliung ini mempunyai Visi dan Misi yang sesuai dengan visi dan misi sekolah yaitu: Visi : Kerja Bersama, Bersama Kerja Mewujudkan Peserta Didik yang Unggul dalam berbagai bidang.
Misi :
1. Melaksanaan pembinaan agama secara rutin
2. Mengoptimalisasi kinerja seluruh komponen
3 Menanamkan nilai-nilai etika dalam pergaulan di sekolah maupun di masyarakat
4. Mendorong kreatifitas dan produktifitas untuk berkarya dan berprestasi.
F. STRATEGI
1. Mengembangkan kreatifitas, bakat, dan minat siswa
a. Membuat kegiatan-kegiatan yang berguna buat siswa
b. Melaksanakan kegiatan yang kreatif dan inovatif
c. Membuat program kerja setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh OSIS dan ekstrakurikuler.
d. Membuat anggaran yang proporsional untuk setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh OSIS dan kegiatan esktra kulikuler
2. Mencetak siswa yang berprestasi di dalam akademik dan organisasi
a. Memantau seluruh kegiatan ekstra kurikuler dan OSIS.
b. Mengikuti seluruh turnamen, lomba-lomba, kuis-kuis, seleksi siswa teladan di Banten maupun di luar Banten .
c. Mengirim siswa berprestasi ke tingkat Provinsi Banten dan tingkat nasional di bidang seni/olahraga dan akademik.
d. Mengutus siswa mengikuti seminar dan diklat yang dilaksanakan oleh lembagalembaga tertentu yang berhubungan dengan pengembangan kepribadian siswa.
e. Mendata kegiatan-kegiatan yang diikuti oleh siswa
G. PROGRAM KERJA KESISWAAN
1. PROGRAM KERJA JANGKA PENDEK
Adapun program jangka pendek merupakan suatu rencana pencapaian tujuan kegiatan dalam kurun waktu 1 semester sampai 1 tahun, diantaranya:
a. Menyusun program kerja
b. Mewajibkan setiap peserta didik untuk memilih maximal 2 kegiatan ekstra kurikuler dengan persetujuan orang tua/wali
c. Menyusun jadwal kegiatan setiap kegiatan OSIS dan ekskul ( semua jadwal terlampir)
d. Membuat Tata Tertib Siswa ( terlampir)
e. Menyusun pengurus dan pembina OSIS dan ekskul ( terlampir)
f. Membina siswa yang bermasalah.
g. Memantau dan membimbing kegiatan yang dilaksanakan oleh OSIS dan ekskul ( jenis kegiatanterlampir)
h. Menjalin hubungan baik dengan Wakasek, Kurikulum, Sarpras dan Humas.
2. PROGRAM KERJA JANGKA PANJANG
Program jangka panjang merupakan suatu rencana pencapaian tujuan kegiatan dalam kurun waktu 2 - 5 tahun, diantaranya:
a. Membangun sekolah yang berwawasan disiplin dan patuh terhadap aturan yang berlaku.
b. Mencetak siswa yang berprestasi di Banten dan Nasional.
c. Mengembangkan kepribadian siswa sesuai dengan tuntutan kurikulum yang berlaku.
d. Mengirimkan wakil atau duta siswa yang mengikuti OSN, O2SN, LPIR, FLS2N dan lomba tingkat internasional.
e. Mencetak siswa yang mempunyai kemampuan bertaraf nasional dan internasional
3. RINCIAN PROGRAM KERJA DALAM 1 TAHUN
1. Kegiatan Awal Tahun
a. Menyusun program kerja,OSIS, Wakil kesiswaan dan para Pembina OSIS
b. Melaksanakan rapat koordinasi kesiswaan
c. Bersama PKS Humas menyusun jadwal petugas upacara pengibaran bendera serta pembina upacara.
d. Mendata jadwal petugas piket OSIS
e. Rapat koordinasi, pembentukan panitia dan pelaksanaan MOPD (Masa Orientasi Siswa) sesuai juklak dan juknis
f. Pengenalan dan pembinaan wawasan wiyata mandala, pengarahan dan pengendalian kegiatan kesiswaan / OSIS dalam rangka penegakan disiplin melalui penerapan tata tertib siswa.
g. Membina dan melaksanakan koordinasi 5K yakni keamanan, kebersihan, ketertiban, kerindangan dan kekeluarg
h. Mengarahkan siswa untuk memilih salah satu kegiatan ekstrakulikuler yang wajib diikuti sesuai minat dan baka i. Mempublikasikan para pembina, pelatih dan kordinator kesiswaann.
j. Registrasi dan pencatatan anggota masing masing EKSKUL
k. Melaksanakan uji kelayakan pengurus OSIS dan MPK
l. Mengadakan latihan dasar kepemimpinan bagi siswa baru dan pengurus OSIS
m. Pempublikasian 5K pengurus OSIS dan MPK
n. Pempublikasian jadwal kegiatan mencakup: sarat calon penerima beasiswa dan jenis beasiswa, calon siswa tela serta karyawisata dan yang lainnya.
o. Pendataan biodata siswa diklasifikasikan sesuai minatnya dalam kegiatan ekskul.
2. Kegiatan Harian
a. Membina siswa untuk tetap disiplin dan patuh pada aturan yang berada disekolah baik yang tertulis maupun ya tertulis.
b. Mengamatti dan mendata serta menggali informasi calon siswa berprestasi di SMP Negeri 2 Saketi
c. Mendata dan memberikan point nilai pelanggaran bagi siswa yang melangggar peraturan
d. Mengontrol pelaksanaan 5K dilingkungban sekolah
e. Melaksanakan tugas-tugas pendelegasian dari kepala sekolah
f. Menandatangani penggunaan anggaran kesiswaan sesuai keperluan dan terdapat pada mata anggaran sekolah persetujuan pimpinan.
g. Mewakili guru piket jika yang bersangkutan tidak hadir sesuai jadwal piket pimpinan.
h. Mengirimkan siswa unntuk mengikuti undangan dan penataran atas persetujuan kepala sekolah
i. Mengirimkan pembina atau pelatih guna membimbing atau mengikuti berbagai latihan atau perlombaan
3. Kegiatan Mingguan
a. Mengawasi, mengontrol dan mengabsen pelaksanaan kegiatan ekstra kurikiler
b. Melaksanakan pengibaran dan penurunan bendera tiap satu minggu sekali
c. Pembinaan tentang perlunya siswa disiplin dan mentaati peraturan tata tertib sekolah dan melaksanakan 5K
4. Kegiatan Bulanan
a. Membimbing pengurus OSIS untuk melaksanakan berbagai kegiatan OSIS sesuai jadwal kegiatan seperti hari be agama atau nasional
b. Penerbitan majalah siswa WaW / Mading c. Melaksanakan koordinasi dengan pengurus OSIS dan MPK dan para Pembina OSIS atau dengan para Pembina l
d. Bersama para pembina dan petugas piket mengadakan razia.
e. Melaksanakan rapat koordinasi dengan para Pembina.
5. Kegiatan Semester I
a. MOPD (Masa Orientasi Peserta Didik) / MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah
b. Upacara Bendera
c. Pengumuman berbagai hasil penilaian kreativitas siswa menyangkut 5K, absensi dan pelaksanaan upacara pengibaran bendera.
d. Pemilihan MPK
e. Pemilihan OSIS
f. Pesantren kilat
g. Diklat ekstrakulikuler
h. Lomba Cepat Tepat Siswa
i. Latihan dasar kepemimpinan siswa (LDKS).
6. Kegiatan semester II
a. Karyawisata
b. Menyiapkan dan melaksanakan perpisahan kelas IX
c. Mengadakan rapat koordinasi dengan pengurus OSIS dan para Pembina
d. Mengadakan razia
e. Mengadakan clasmeeting dengan mata lomba wajib :
• Pidato Bahasa Inggris, Bahasa Sunda dan Bahasa Indonesia.
• LCC
• Dakwah
• Lomba Baca Puisi
• Bola voli
• Tenis Meja
• Catur
f. Upacara pengibaran bendera
g. Peringatan Isra Miraj
h. Peringatan maulid Nabi Muhammad SAW
i. EXPO
7. Kegiatan Akhir Tahun
a. Menyiapkan dan menyusun kelompok kerja panitia siswa baru
b. Memberikan SK kepala Sekolah pada panitia penerimaan siswa baru
c. Menyiapkan dan menyusun kelompok kerja panitia MOPD
d. Memberikan SK kepsek pada panitia MOPD
e. Melaksanakan PSB dan MOPD
f. Laporan evaluasi Program
H. PENUTUP
Semua kegiatan yang akan dilaksanakan, baik langsung oleh sekolah maupun oleh siswa yang berkaitan dengan pengembangan kepribadian selalu terencana dengan baik dan matang dengan selalu membuat rencana program kerja atau kegiatan dan rencana anggaran kegiatan. Semua rencana harus dilaksanakan dengan baik sesuai dengan agenda sekolah dan selalu dipantau oleh Wakasek dan Kepala Sekolah melalui kesiswaan. Peran serta yang sangat aktif dari seluruh siswa sangat diharapkan demi terwujudnya kepribadian siswa yang menuju ke arah yang positif.
Saketi, Juli 2018
Mengetahui,
Kepala Sekolah Wakasek Kesiswaan,
LAMPIRAN
Program ke-1 : Menyusun petunjuk pelaksanaan operasional proses penerimaan peserta didik (PPD)
NO | BENTUK KEGIATAN | SASARAN | TUJUAN | |
1. | Menyusun petunjuk pelaksanaan operasional proses penerimaan peserta didik (PPD) | Panitia PPD | Proses pendaftaran dan penerimaan berjalan sesuai prosedur/alur | |
2. | Sosialisasi PPD | Sekolah Dasar (SD)/ Madrasah terdekat | Mempromosikan/mengenalkan sekolah kepada SD/Madrasah | |
3. | Pendaftaran dan penerimaan peserta didik (PPD) | Pendidik dan Tenaga Kependidikan | Mengetahui jumlah pendaftar yang masuk | |
Program ke-2 : Masa Orientasi Sekolah / Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah
NO | BENTUK KEGIATAN | SASARAN | TUJUAN | |
1. | Menyusun jadwal kegiatan MOS / MPLS | Calon peserta didik | Kegiatan berjalan sesuai jadwal | |
Program ke-3 : Pelayanan Bimibingan dan konseling
NO | BENTUK KEGIATAN | SASARAN | TUJUAN | |
1. | Pelayanan Bimibingan dan konseling | Peserta didik | Sebagai solusi untuk mendapatkan layanan bimbingan/konseling terhadap masalah yang dihadapai peserta didik |
Program ke-4 : Pembinaan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan YME
NO | BENTUK KEGIATAN | SASARAN | TUJUAN | |
1. | Shalat berjama’ah | Semua warga sekolah | Menumbuhkan semangat persatuan,kesatuan dan persaudaraan | |
2. | Memperingati hari-hari besar keagamaan | Semua warga sekolah | - Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa - Menambah pengetahuan agama | |
3. | Mengadakan lomba yang bernuansa keagamaan | Peserta didik | - Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa - Menambah pengetahuan agama | |
4. | Istighasah | Peserta didik kelas IX,Bp/Ibu Guru ,Staf TU/karyawan dan orang tua/wali murid | - Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa |
Program ke-5 : Pembinaan budi pekerti luhur
NO | BENTUK KEGIATAN | SASARAN | TUJUAN | |
1. | Melaksanakan tata tertib dan kultur sekolah | Semua warga sekolah | Menanamkan ketaatan dan kepatuhan terhadap aturan yang berlaku | |
2. | Kebersihan kelas dan lingkungan | Ruang kelas | Tercipta dan terjaganya kebersihan dan kesehatan pribadi dan lingkungan | |
3. | Santunan yatim piatu | Peserta didik | - Meringankan beban kebutuhan hidupnya - Menanamkan rasa peduli sosial | |
4. | Santunan kematian/bencana alam | Peserta didik,orangtua/wali murid dan masyarakat | - Meringankan beban kebutuhan hidupnya - Menanamkan rasa peduli sosial | |
5. | Melakukan kegiatan infaq tiap Jum’at | Peserta didik | - Menanamkan rasa rela berkorban untuk orang lain | |
6. | Melaksanakan penerimaan dan penyaluran zakat fitrah | Peserta didik,orangtua/wali murid dan masyarakat | - Meringankan beban kebutuhan hidupnya - Menanamkan rasa peduli sosial | |
7. | Melaksanakan penyembelihan hewan kurban | Peserta didik,orangtua/wali murid dan masyarakat | - Menanamkan rasa peduli sosial |
Program ke-6 : Pembinaan kepribadian kebangsaan dan bela negara
NO | BENTUK KEGIATAN | SASARAN | TUJUAN | |
1. | Melaksanakan upacara bendera hari Senin dan hari-hari besar nasional | Semua warga sekolah | - Menanamkan jiwa patriotisme - Menanamkan nilai-nilai luhur para pejuang bangsa | |
2. | Melaksanakan PERSAMI | Peserta didik terpilih | Menanamkan dan mengikat tali persatuan,kesatuan dan persaudaraan | |
3. | Mengunjungi tempat-tempat nilai bersejarah | Kelas VIII | - Mengenalkan kekayaan aneka ragam nilai sejarah - Menanamkan nilai cinta tanah air |
Program ke-7 : Pembinaan prestasi akademik,seni dan olah raga
NO | BENTUK KEGIATAN | SASARAN | TUJUAN | |
1. | Menyelenggarakan festival dan lomba seni | Peserta didik | - Mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki peserta didik | |
2. | Menyelenggarakan lomba dan pertandingan olah raga | Peserta didik | - Mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki peserta didik | |
3. | Mengoptimalkan pemanfaatan perpustakaan sekolah | Semua warga sekolah | - Menambah wawasan dan perbendaharaan ilmu pengetahuan | |
4. | Mengadakan widya wisata | Kelas VIII | - Menambah wawasan dan perbendaharaan ilmu pengetahuan |
Program ke-8 : Pembinaan Pendidikan politik dan sosial
NO | BENTUK KEGIATAN | SASARAN | TUJUAN | |
1. | Mengadakan MOS | Calon peserta didik kelas VII | Mengenalkan lebih dekat segala yang berhubungan sekolah dan kegiatannya | |
2. | Mengadakan LDK | Pengurus OSIS lama dan pengurus OSIS baru | Menanamkan dasar-dasar dalam kepemimpinan | |
3. | Melaksanakan penghijauan | Semua warga sekolah | - Menciptakan lingkungan yang hijau dan asri |
Program ke-9 : Pembinaan kreativitas, ketrampilan dan kewirausahaan
NO | BENTUK KEGIATAN | SASARAN | TUJUAN | |
1. | Meningkatkan usaha koperasi siswa | Peserta didik | Menanamkan jiwa kewirausahaan dan punya ketrampilan |
Program ke-10 : Pembinaan kualitas jasmani, kesehatan dan gizi
NO | BENTUK KEGIATAN | SASARAN | TUJUAN | |
1. | Melaksanakan kebersihan kelas dan lingkungannya | Semua ruang kelas dan lingkungannya | Tercipta dan terjaganya kebersihan dan kesehatan | |
2. | Mengadakan kegiatan jalan sehat dan senam | Semua warga sekolah | Tercipta dan terjaganya kesehatan | |
3. | Melaksanakan kegiatan UKS (PMR) | Peserta didik | Menanamkan rasa bertanggungjawab dalam penanganan bidang kesehatan |
Program ke-11 : Kegiatan ekstra kurikuler
NO | BENTUK KEGIATAN | SASARAN | TUJUAN | |
1. | Atletik | Peserta didik | Sebagai wadah pengembangan minat dan bakat peserta didik | |
2. | Bola volly | Peserta didik | Sebagai wadah pengembangan minat dan bakat peserta didik | |
3. | Pencak silat | Peserta didik | Sebagai wadah pengembangan minat dan bakat peserta didik | |
4. | Drum band | Peserta didik | Sebagai wadah pengembangan minat dan bakat peserta didik | |
5. | Pramuka | Peserta didik | Sebagai wadah pengembangan minat dan bakat peserta didik | |
6. | PMR | Peserta didik | Sebagai wadah pengembangan minat dan bakat peserta didik | |
7. | BTQ | Peserta didik | Sebagai wadah pengembangan minat dan bakat peserta didik | |
8. | KIR | Peserta didik | Sebagai wadah pengembangan minat dan bakat peserta didik | |
9. | Bahasa Inggris | Peserta didik | Sebagai wadah pengembangan minat dan bakat peserta didik |
Program ke-12 : Mengikuti kegiatan lomba rumpun mapel
NO | BENTUK KEGIATAN | SASARAN | TUJUAN | |
1. | Mengikuti kegiatan lomba rumpun mapel | Peserta didik | Menyalurkan bakat dan minat serta kompetensi yang dimiliki |
Program ke-13 : Mengikuti kegiatan lomba keagamaan
NO | BENTUK KEGIATAN | SASARAN | TUJUAN | |
1. | Mengikuti kegiatan lomba keagamaan | Peserta didik | Menyalurkan bakat dan minat serta kompetensi yang dimiliki |
Program ke-14 : Mengikuti lomba KIR
NO | BENTUK KEGIATAN | SASARAN | TUJUAN | |
1. | Mengikuti lomba KIR | Peserta didik | Menyalurkan bakat dan minat serta kompetensi yang dimiliki |
Program ke-15 : Mengikuti lomba cabang olah raga
NO | BENTUK KEGIATAN | SASARAN | TUJUAN | |
1. | Mengikuti lomba cabang olah raga | Peserta didik | Menyalurkan bakat dan minat serta kompetensi yang dimiliki |
Program ke-16 : Membentuk ikatan alumni tiap angkatan
NO | BENTUK KEGIATAN | SASARAN | TUJUAN | |
1. | Menyelenggarakan reuni | Alumni sekolah | Pelacakan peserta didik lulusan sekolah (alumni) tiap angkatan |
Loading...
0 Response to "DOWNLOAD PROGRAM KERJA WAKASEK KESISWAAN, KURIKULUM, DAN PROGRAM BK/BP"
Post a Comment