INI PETUNJUK TEKNIS KEMITRAAN SEKOLAH DENGAN ORANG TUA DAN MASYARAKAT

Loading...
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah menerbitkan 6 Jenis Petunjuk Teknis (JUKNIS) Kemitraan Sekolah Dengan Orang Tua dan Masyarakat yakni 1) Petunjuk Teknis Kemitraan Sekolah Dengan Orang Tua dan Masyarakat untuk TK/PUAD; 2) Petunjuk Teknis Kemitraan Sekolah Dengan Orang Tua dan Masyarakat untuk SD; 3) Petunjuk Teknis Kemitraan Sekolah Dengan Orang Tua dan Masyarakat untuk SMP; 4) Petunjuk Teknis Kemitraan Sekolah Dengan Orang Tua dan Masyarakat untuk SMA/SMK; 5) Petunjuk Teknis Kemitraan Sekolah Dengan Orang Tua dan Masyarakat untuk SLB; 6) Petunjuk Teknis Kemitraan Sekolah Dengan Orang Tua dan Masyarakat untuk Program Kesetaraan;


Mengapa kemitraaan sekolah dengan orang tua dan masyarakat itu sangat penting?  Orang tua adalah pendidik utama dan terpenting, namun juga yang paling tak tersiapkan. Pasalnya, mereka harus mencari sendiri informasi dan pengetahuan tentang bagaimana menumbuhkan dan mendukung pendidikan anak-anak mereka dalam kondisi positif. Selama ini, jika berbicara pendidikan maka fokus pembicaraan hanya kerap jatuh kepada siswa dan guru. Sementara orangtua seperti diabaikan dalam pendidikan.

Padahal, orang tua memiliki peran sangat besar dalam pendidikan anak. Keberhasilan pendidikan anak bergantung kepada keterlibatan keluarga. Banyak penelitian menunjukan bahwa keterlibatan orang tua di sekolah bermanfaat, antara lain: (1) bagi peserta didik mendukung prestasi akademik, meningkatkan kehadiran, kesadaran terhadap kehidupan yang sehat, dan meningkatkan perilaku positif; (2) bagi orang tua memperbaiki pandangan terhadap sekolah, meningkatkan kepuasan terhadap guru, dan mempererat hubungan dengan anak; dan (3) bagi sekolah memperbaiki iklim sekolah, meningkatkan kualitas sekolah, dan mengurangi masalah kedisiplinan.

Sekolah tidak dapat memberikan semua kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan peserta didiknya, sehingga diperlukan keterlibatan bermakna dari orangtua/keluarga dan anggota masyarakat. Anak-anak belajar dengan lebih baik jika lingkungan sekitarnya mendukung, yakni orang tua, guru, dan anggota keluarga lainnya serta masyarakat sekitar. Artinya, sekolah, keluarga, dan masyarakat merupakan “tri sentra pendidikan” yang sangat penting untuk dapat menjamin pertumbuhan anak secara optimal. Untuk itu, perlu dibangun kemitraan antara sekolah, keluarga, dan masyarakat.

Kemitraan antara sekolah dengan keluarga dan masyarakat dalam membangun ekosistem pendidikan sejalan dengan visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu “Terbentuknya insan serta ekosistem pendidikan dan kebudayaan yang berkarakter dengan berlandaskan gotong royong”. Oleh karena itu, diharapkan kemitraan antar tri sentra pendidikan tersebut dapat berjalan dengan baik dan bermakna.

Sebagai unsur dalam ekosistem yang terdekat dengan anak, keluarga mempunyai banyak kesempatan melalui interaksi dan komunikasi seharihari. Bentuk dan cara-cara interaksi dengan anak di dalam keluarga akan mempengaruhi tumbuh kembangnya karakter anak. Proses interaksi yang diterima anak dari keluarga inilah yang akan digunakan oleh anak sebagai dasar untuk proses perkembangan selanjutnya di luar rumah, termasuk di sekolah dan masyarakat

Petunjuk teknis ini disusun untuk memberikan panduan kepada satuan pendidikan dalam menjalin kemitraan dengan keluarga dan masyarakat yang diharapkan dapat memberikan dampak kepada keluarga, antara lain: (1) meningkatnya prestasi akademik anak, (2) meningkatnya komunikasi antara orang tua dan anak, (3) meningkatnya kehadiran siswa di sekolah, (4) berkurangnya perilaku destruktif anak, (5) meningkatnya kepercayaan diri orang tua, (6) meningkatnya kepuasan orang tua terhadap sekolah, (7) orang tua berhasil mendidik anak, (8) meningkatnya ekspektasi orang tua pada anak, (9) meningkatnya kebiasaan belajar anak, (10) meningkatnya keinginan anak untuk melanjutkan sekolah, (11) meningkatnya kecenderungan orang tua melanjutkan pendidikan, (12) sikap dan perilaku anak yang lebih positif, (13) meningkatnya moral guru, (14) iklim sekolah menjadi lebih baik, dan (15) mendukung kemajuan sekolah secara keseluruhan

Berikut ini Link download Petunjuk Teknis Kemitraaan Sekolah Dengan Orang Tua dan Masyarakat

1) Petunjuk Teknis (JUKNIS) Kemitraan Sekolah Dengan Orang Tua dan Masyarakat untuk TK/PUAD; (DISINI)

2) Petunjuk Teknis (JUKNIS) Kemitraan Sekolah Dengan Orang Tua dan Masyarakat untuk SD; (DISINI)

3) Petunjuk Teknis Kemitraaan Sekolah Dengan Orang Tua dan Masyarakat untuk SMP; (DISINI)

4) Petunjuk Teknis (JUKNIS) Kemitraan Sekolah Dengan Orang Tua dan Masyarakat untuk SMA/SMK; (DISINI)

5) Petunjuk Teknis (JUKNIS) Kemitraan Sekolah Dengan Orang Tua dan Masyarakat untuk SLB; (DISINI)

6) Petunjuk Teknis (JUKNIS) Kemitraan Sekolah Dengan Orang Tua dan Masyarakat untuk Program Kesetaraan (DISINI)

Demikian informasi tengang Petunjuk Teknis Kemitraaan Sekolah Dengan Orang Tua dan Masyarakat SD SMP SMA SMK, semoga bermanfaat.

==================================


Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "INI PETUNJUK TEKNIS KEMITRAAN SEKOLAH DENGAN ORANG TUA DAN MASYARAKAT"

Post a Comment