LATIHAN SOAL PAT (UKK) PPKn - PKn KELAS 7 SMP - MTS KURIKULUM 2013

Loading...

Latihan Soal PAT (UKK) PPKn - PKn Kelas 7 SMP Kurikulum 2013. Sebagaimana di ketahui istilah Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) sekarang sudah diganti dengan PAT atau Penilaian Akhir Tahun. Menurut Buku Pedoman atau Panduan Penilaian SMP, Penilaian Akhir Tahun (PAT) adalah penilaian yang dilaksanakan pada akhir semester genap dengan materi semua KD pada semester genap. Jadi silahkan konfirmasikan kepada guru kamu apabila ada soal PAT yang di luar ketentuan tersebut.

Berdasarkan ketentuan tersebut maka materi Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) atau PAT (Penilaian Akhir Tahun) PPKn - PKn SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 atau Soal Latihan PAT (UKK) PPKn - PKn Kelas 7 SMP Kurikulum 2013 adalah Materi Aktivitas Manusia Dalam Memenuhi Kebutuhan dan Materi Masyarakat Indonesia pada Masa Praaksara, Hindu-Buddha, dan Islam.

Berikut ini contoh Latihan Soal PAT (UKK) PPKn - PKn Kelas 7 SMP Kurikulum 2013


I. Pilihan Ganda
Pilihlah salah satu jawaban yang dianggap paling benar!

1. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika pertama kali diungkapkan oleh Empu Tantular dalam sebuah buku berjudul ....
A. Nagarakertagama
B. Sundayana
C. Sutasoma
D. Pararaton
Jawaban C

2. Keberagaman harus membentuk masyarakat Indonesia yang memiliki toleransi dan sikap saling menghargai. Oleh karena itu, diperlukan adanya ….
a. komitmen persatuan bangsa dalam keberagaman
b. komitmen untuk membangun daerahnya masing-masing
c. komitmen untuk mensejahterakan rakyat di daerah tertinggal
d. komitmen untuk memajukan daerahnya dalam bingkai persatuan
Jawaban A

3. Lambang negara Indonesia ialah Garuda Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang ditegaskan dalam pasal 36A Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Bhinneka Tunggal Ika memiliki ciri-ciri tertentu, salah satunya yaitu ....
A. tidak berkembangnya paham rasialisme
B. adanya sikap diskriminasi di berbagai bidang
C. berkembangnya semangat kesukuan dan kedaerahan
D. tidak adanya perbedaan hak dan kewajiban bagi setiap warga negara

Jawaban D

4. Lagu Apuse dan Yamko Rambe Yamko berasal dari daerah ....
a. Maluku
b. Papua
c. Sulawesi
d. Ambon
Jawaban B

5. Persatuan dalam keberagaman harus dipahami oleh setiap warga masyarakat agar dapat mewujudkan hal-hal berikut ini, kecuali ….
a. Pergaulan antarsesama yang lebih akrab
b. Kehidupan yang serasi, selaras dan seimbang
c. Perbedaan yang ada tidak menjadi sumber masalah
d. Terbentuknya satu masyarakat yang sama ras, agama, suku dan bahasa
Jawaban D

6. Rumah Gadang adalah rumah adat dari daerah ....
a. Sumatra Barat
b. Sumatra Selatan
c. Sumatra Utara
d. Jambi
Jawaban A

7. Setiap daerah di Indonesia memiliki bahasa daerah. Bahasa daerah yang satu dan lainnya berbeda. Perbedaan bahasa dapat menyebabkan komunikasi antardaerah terganggu. Melalui bahasa Indonesia seluruh rakyat Indonesia dapat berkomunikasi saling mengerti. Berdasarkan uraian tersebut bahasa Indonesia dapat menciptakan ....
A. kerukunan dan ketertiban
B. persatuan dalam keberagaman
C. kemudahan dan kebahagiaan hidup
D. kebahagiaan hidup dalam keberagaman
Jawaban B

8. Persatuan dan kesatuan bangsa sangat penting bagi bangsa Indonesia, hal itu karena ….
a. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang beragam
b. Bangsa Indonesia memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika
c. Pengalaman sejarah bangsa Indonesia pernah dijajah oleh bangsa barat selama 350 tahun
d. persatuan dan kesatuan dapat memperkokoh bangsa Indonesia
Jawaban D

9. Perhatikan pernyataan berikut ini
1)  Letak strategis wilayah Indonesia
2) Berasal dari nenek moyang yang berbeda
3)  Kondisi negara kepulauan
4) Perbedaan kondisi alam
5) Perbedaaan pendapatan dan mata pencaharian
6)  Keadaan transportasi dan komunikasi
Faktor yang menyebabkan keanekaragaman bangsa Indonesia di tunjukkan pernyataan nomor ….
a. 1, 2, 3 dan 4
b. 1, 3, 4, dan 6
c. 2, 3, 4 dan 5
d. 3, 4, 5 dan 6

10. Toleransi antarumat beragama dapat tumbuh berkembang subur serta berakar dengan baik dan kuat apabila ....
A. umat beragama mendapat bimbingan dari pemuka agama
B. setiap warga negara selalu menghayati dan mengamalkan Pancasila
C. selama mendapat pengawasan dari pemerintah dengan ketat dan teratur
D. setiap umat manusia mendapat kebebasan untuk mengeluarkan pendapat
Jawaban B

11. Indonesia adalah negara yang sangat rentan akan terjadinya perpecahan dan konflik. Hal ini disebabkan ….
a. Adanya pemisahan TNI dan POLRI
b. Banyaknya partai politik yang ingin berkuasa
c. Adanya otonomi daerah menyebabkan kecemburuan antar daerah karena kemajuan daerah merata
d. Indonesia adalah negara dengan keberagaman SARA.
Jawaban D

12. Bangsa Indonesia selalu berupaya mewujudkan masyarakat multikultural yang menghargai semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Adapun sikap yang perlu dikembangkan untuk mewujudkan semboyan tersebut ialah ....
A. menilai kebudayaan lain secara subjektif
B. menganggap budaya sendiri paling baik dan benar
C. menerima dan menghargai perbedaan kebudayaan
D. mengutamakan pemimpin yang berasal dari golongan sendiri
Jawaban C
                              
13. Persatuan dalam keberagaman memiliki arti yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Persatuan dalam keberagaman harus dipahami oleh setiap warga masyarakat agar dapat mewujudkan hal-hal sebagai berikut, kecuali
a. Pergaulan antarsesama yang lebih akrab 
b. Kehidupan yang serasi, selaras, dan seimbang
c. Persatuan demi kebersamaan dan kepedulian kelompok tertentu
d. Perbedaan yang ada tidak menjadi sumber masalah
JAWAABAN A

14. Momentum yang merupakan konsensus nasional yang merupakan konsep integrasi bangsa Indonesia menjadi suatu bangsa yang resmi dan berdaulat adalah ….
a. Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928
b. Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945
c. Penetapan Pancasila pada tanggal 17 Agustus 1945
d. Penetapan UUD NRI Tahun 1945 pada tanggal 17 Agustus 1945
Jawaban A

15. Keberagaman suku yang ada di Indonesia harus dimaknai sebagai ....
a. Perpecahan bangsa
b. Kemunduran negara
c. Kekayaan bangsa
d. Kelemahan negara
JawabanC

16. Perhatikan cerita berikut!
Siregar pindah rumah dari Medan ke Lampung. Sekarang Siregar tinggal satu kompleks perumahan dengan Anto. Anto penduduk asli Lampung. Meskipun berbeda suku, Anto dan Siregar berteman baik. Suatu malam, musibah menimpa keluarga Siregar. Rumahnya mengalami kebakaran.
Sebagai tetangga dan teman yang baik, Anto memiliki kewajiban ...
A. meringankan beban yang diderita Siska.
B. menanyakan suku bangsanya dan menolongnya
C. mencari berita tentang musibah yang sedang terjadi
D. mencari penyebab kebakaran dan menghitung kerugian yang di derita
Jawaban A

17. Kerja sama didorong oleh kodrat manusia sebagai makhluk . . .
A. Sosial
B. Berakal
C. Beragam
D. Indvidual
Jawaban A

18. Bila kerja sama antarumat beragama  terwujud dengan baik akan tercipta ....
A. keseragaman agama
B. perpaduan ajaran agama
C. ketahanan nasional yang mantap
D. keindahan dan kebersihan leingkungan
Jawaban C

19. Perhatikan pernyataan berikut.
(1) Melindungi bangsa dari ancaman dan gangguan.
(2) Mempertahankan kedaulatan negara.
(3) Memperkuat kedudukan militer.
(4) Menjaga keutuhan wilayah.

Tujuan kerja sama dalam bidang pertahanan dan keamanan ditunjukkan oleh nomor . . . .
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan (4)
Jawaban B

20. Contoh kerja sama di lingkungan keluarga adalah . .
A. Membantu orang tua menjaga adik
B. Mengerjakan tugas makalah di rumah
C. Mengadakan belajar kelompok
D. Melaksanakan kegiatan ronda
Jawaban A

21. Gotong royong sebagai kebiasaan bangsa Indonesia mengandung manfaat untuk ....
A. mewujudkan keselamatan dan kesejahteraan bersama
B. meningkatkan taraf hidup setiap warganya
C. mewujudkan masyarakat yang lebih maju
D. meringankan beban orang di sekitar kita
Jawaban D

22. Prinsip kerja sama dalam kegiatan ekonomi diatur dalam UUD 1945 yang menyatakan perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan asas ....
A. manfaat
B. kekeluargaan
C. usaha bersama
D. efektif dan efisien
Jawaban B


23. Musyawarah mufakat merupakan salah satu contoh kerja sama yang ada di masyarakat yang bertujuan . . .
A. Mengembangkan kehidupan demokrasi
B. Melestarikan kebudayaan bangsa
C. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat
D. Menciptakan situasi sosial yang kondusif
Jawaban A

24. Berikut ini bentuk kegiatan gotong royong demi kepentingan umum, kecuali ....
A. membersihkan lingkungan sekitar
B. membantu tetangga berjualan
C. memperbaiki tempat ibadah
D. memperbaiki jalan lingkungan
Jawaban B

25. Perhatikan pernyataan berikut.
(1) Mempererat rasa kekeluargaan antarsesama.
(2) Menghindari adanya perbedaan di masyarakat.
(3) Menyelesaikan masalah secara bersama-sama.
(4) Menghilangkan hubungan saling ketergantungan.

Tujuan gotong royong ditunjukkan oleh nomor . . . .
A. (1) dan (3)
B. (1) dan (2)
C. (2) dan (4)
D. (3) dan (4)
Jawaban A

26. Dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara kita harus memelihara dan membina kerukunan hidup antarumat beragama, misalnya dengan cara ....
A. belajar dan berdiskusi tentang masalah agama
B. menghormati orang lain yang melaksanakan ibadah
C. menghadiri upacara ibadah umat agama lain
D. melaksanakan ibadah bersama umat pemeluk agama lain
Jawaban B

27. Dalam merumuskan atau menyelesaikan suatu permasalahan bangsa Indonesia menggunakan cara yaitu ....
A. pawai
B. kampanye
C. demonstrasi
D. musyawarah mufakat
Jawaban D

28. Perhatikan pernyataan berikut.
(1) Sikap tenggang rasa.
(2) Kesediaan untuk tolong-menolong.
(3) Rasa kekeluargaan dan silaturahmi.
(4) Kemandirian dalam menyelesaikan pekerjaan.
(5) Kemauan berkorban untuk kepentingan pribadi.
Nilai-nilai hidup bermasyarakat yang terkandung dalam budaya gotong royong ditunjukkan oleh nomor . . . .
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (3), dan (5)
C. (2), (4), dan (5)
D. (3), (4), dan (5)
Jawaban A

29. Para pemuda yang mendengar bahwa Jepang telah menyerah kepada sekutu segera mendesak Ir. Soekarno dan Drs. Moh Hatta untuk ....
a. Memberontak kepada sekutu
b. Memproklamasikan kemerdekaan
c. Menyerah kepada sekutu juga
d. Menolong Jepang dari kekalahan
Jawaban B

30. Tujuan mengheningkan cipta ketika upacara yaitu untuk ....
a. Meneruskan jasa pahlawan
b. Mengenang jasa pahlawan
c. Istirahat sejenak
d. Menghafal lagu
Jawaban B

31. Proklamasi membangun peradaban baru dari bangsa yang digolongkan pribumi (pada masa penjajahan Belanda) menjadi bangsa yang mengakui persamaan harkat, derajat, dan martabat manusia yang sama. Pernyataan di atas merupakan makna proklamasi kemerdekaan dilihat dari aspek
a. hukum
b. historis
c. sosiologis
d. kultural
Jawaban D

32. Di bawah ini merupakan sifat-sifat yang harus diteladani dari para pahlawan, antara lain ....
a. Pantang mundur, malas bekerja dan pemberani
b. Semangat, malas dan cinta tanah air
c. Semangat, rela berkorban dan cinta tanah air
d. Pemberani, rajin dan suka melawan
Jawaban C

33. Kita sebagai siswa harus dapat meneruskan perjuangan para pahlawan dengan ....
a. Menyerang negara penjajah
b. Menghancurkan negara lain
c. Melawan negara lain
d. Belajar dengan tekun
Jawaban D

34. Sikap pahlawan yang bisa kita teladani yaitu ....
a. Melakukan pemberontokan
b. Cinta tanah air
c. Cinta negara lain
d. Mengkhianati bangsa
Jawaban B

35. ”Negara mengakui dan menghormati kesatuan-kesatuan masyarakat hukum adat beserta hak-hak tradisionalnya sepanjang masih hidup dan sesuai dengan perkembangan masyarakat dan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia”.
Hal tersebut merupakan bunyi pasal
a. 18A ayat (1) UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
b. 18A ayat (2) UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
c. 18B ayat (1) UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
d. 18B ayat (2) UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Jawaban D

36. Kewenangan yang diberikan pemerintah pusat kepada daerah untuk mengurus rumah tangganya sendiri dalam kerangka NKRI disebut………
a. desentralisasi
b. sentralisasi
c. otonomi daerah
d. dekonsentrasi
Jawaban C

37. Pemerintahan daerah adalah penyelenggaraan urusan pemerintahan oleh pemerintah daerah dan DPRD menurut asas otonomi dan tugas pembantuan. Yang dimaksud dengan tugas pembantuan adalah ...
A. Penyerahan wewenang pemerintahan oleh pemerintah kepada daerah otonom untuk mengurus pemerintahan dalam NKRI.
B. Pelimpahan wewenang pemerintahan oleh pemerintah kepada gubernur sebagai wakil pemerintah kepada instansi vertikal di wilayah tertentu.
C. Penugasan dari pemerintah kepada daerah dan atau desa dari pemerintah propinsi kepada kabupaten/kota dan atau desa untuk melakukan tugas tertentu.
D. Wewenang, hak dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintah sesuai dengan peraturan perundang – undangan. 
Jawaban C

38. Pelimpahan wewenang dari pemerintah kepada gubernur sebagai wakil pemerintah dan/atau perangkat pusat di daerah dinamakan ...
A.Tugas pembantuan  
B.Dekonsentrasi
C.Otonomi daerah
D.Desentralisasi 
Jawaban B

39. Perilaku siswa yang menunjukkan upaya membela negara adalah …
A. Belajar giat dan menjaga nama baik bangsa
B. Anti terhadap hasil budaya bangsa lain
C. Berteman dengan mereka yang terpelajar saja
D. Selalu mengikuti perkembangan dunia
Jawaban A

40. Kewenangan daerah, mencakup kewenangan dalam seluruh bidang pemerintahan, kecuali………….
a. Pertahanan dan Keamanan
b. Pembangunan
c. Ekonomi
d. Kesehatan
Jawaban A

II. Essay
41. Jelaskan 3 (tiga) manfaat keberagaman di lingkungan sekolah!
42. Tuliskan 4 Tujuan nasional bangsa Indonesia tercantum dalam alinea keempat Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
43. Tuliskan 5 Keunggulan Koperasi dibandingkan dengan badan usaha lainnya
44. Jelaskan makna proklamasi kemerdekaan dilihat dari Aspek Hukum dan Sosiologis
45. Tuliskan tujuh prinsip yang menjadi paradigma dan arah politik yang mendasari pasal-pasal 18, 18A, dan 18B UUD 1945

Demikian informasi tentang contoh Latihan Soal PAT (UKK) PPKn - PKn Kelas 7 SMP Kurikulum 2013, semoga bermanfaat. Jika dirasakan membantu jangan lupa untuk disharekan kepada teman-teman kamu sedang menghadapi pelaksanaan Penialaian Akhir Tahun. Semoga Sukses.



Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "LATIHAN SOAL PAT (UKK) PPKn - PKn KELAS 7 SMP - MTS KURIKULUM 2013"

Post a Comment