Zhanna Dan Saudaranya | Zhanna Wa Akhawatuha

Loading...

Zhanna Dan Saudaranya Serta Contohnya Dalam Bahasa Arab

Zhanna Dan Saudaranya – Amil terakhir yang sering memasuki rangkaian mubtada dan khabar ialah zhanna dan saudara-saudaranya atau zhanna wa akhawatuha, yang mana jumlahnya ada 10 anggota. Sebelumnya telah dibahas tentang amil yang sering memasuki mubtada dan khabar yaitu inna dan saudara-saudaranya.

Untuk melihat penjelasannya silahkan baca : Inna Dan Saudaranya

Pada tulisan ini akan dibahas mengenai kaidah zhanna dan saudaranya dalam ilmu nahwu bahasa arab.

Zhanna Dan Saudaranya Serta Contohnya Dalam Bahasa Arab Zhanna Dan Saudaranya | Zhanna Wa Akhawatuha

Zhanna & Saudaranya

Zhanna dan saudara-saudaranya berfungsi me-nashabkan keduanya yaitu mubtada dan khabarnya, ini berbeda dengan amil kana dan inna dimana ia hanya menashabkan salahsatunya. Dengan menashabkan keduanya (mubtada dan khbarnya) maka kedudukan dari mubtada dan khbarnya tersebut menjadi maf’ul pertama dan maf’ul kedua.

Contoh :

زَيْدٌ مُنْطَلِقٌ ( Zaid berangkat ) → menjadi → ظَنَنْتُ زَيْدًا مُنْطَلِقًا ( aku telah menduga zaid berangkat)

Dari contoh di atas bisa dilihat bahwa i’rab mubtada dan khabarnya (زَيْدٌ مُنْطَلِقٌ) yang tadinya rafa’ berubah menjadi nashab زَيْدًا مُنْطَلِقًا setelah ia dimasuki amil ظَنَنْتُ dimana nashabnya ditandai dengan tanda fathah. Lihat : Tanda-Tanda Irab Nashob

Adapun anggota dari Zhanna dan saudaranya ialah sebagai berikut :

ظَنَنْتُ = aku menduga

حَسِبْتُ = aku menduga

خِلْتُ = aku menduga

زَعَمْتُ = aku menduga

رَأَيْتُ = aku telah mengetahui dengan yakin

عَلِمْتُ = aku telah mengetahui dengan yakin

وَجَدْتُ = aku telah mengetahui dengan yakin

اِتَّخَذْتُ = aku menjadikan

جَعَلْتُ = aku menjadikan

سَمِعْتُ = aku telah mendengar

Dan lafadz yang menjadi derivasinya

Baca juga : Isim-isim Yang Dirafakan

Itulah beberapa anggota zhanna dan saudaranya serta aturannya dalam kaidah ilmu nahwu bahasa arab. Semoga bermanfaat, .

Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Zhanna Dan Saudaranya | Zhanna Wa Akhawatuha"

Post a Comment