Tanda-Tanda Kalimat Isim Dan Contohnya

Loading...

Tanda-Tanda Kalimat Isim Beserta Contohnya

Tanda-Tanda Kalimat Isim – Kalimat isim adalah kalimat yang tidak bisa dibarengi oleh waktu sebagaimana telah dibahas pada tulisan saya sebelumnya. Setelah kita memahami apa kalimat isim tersebut, maka harus diketahui bagaimana tanda-tanda yang melekat pada kalimat isim tersebut, hal ini perlu diketahui supaya kita bisa lebih mudah mengetahui apakah kalimat itu termasuk kalimat isism atau bukan.

Pelajari Juga : Pengertian Kalimat Isim

 Kalimat isim adalah kalimat yang tidak bisa dibarengi oleh waktu sebagaimana telah dibaha Tanda-Tanda Kalimat Isim Dan Contohnya

TandaKalimat Isim

Adapun tanda-tanda kalimat isim ditinjau dari segi lafadnya ada empat, yaitu :

  • Berakhiran kasrah (khofad)

Tanda yang pertama adalah kalimat tersebut berakhiran kasrah. Sebuah kalimat bahasa arab dengan berakhiran kasrah bisa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah karena statusnya sebagai mudlof ilah atau bisa juga terdapat huruf jar pada awal kalimatnya. Contoh : مِنَ المَدْرسَةِ kata “madrasati” menjadi kalimat isim karena akhirannya kasrah.

  • Terdapat tanwin.

Tanda kalimat isim yang kedua adalah terdapat tanwin pada kalimat tersebut. Contoh جَاءَ رَجُلٌ kara “rajulun” termasuk kalimat isim karena terdapat tanwin pada kalimat tersebut yaitu tanwin domah.

  • Terdapat alif lam pada awal kalimatnya.

Tanda kalimat isim yang ketiga adalah terdapat alif lam pada awal kalimatnya. Contoh مِنَ المَدْرسَةِ kata “al-marasati” termasuk kalimat isim karena terdapat alif lam.

  • Terdapat huruf jar atau huruf qosam.

Yang termasuk tanda-tanda kalimat isim yang terakhir adalah terdapat huruf jar atau juga huruf qosam pada awal kalimatnya. Contohnya عَلَى السَيَّارَةِ kata “as-sayyaroti” termasuk kalimat isim karena pada awal kalimatnya terdapat huruf jar yaitu huruf على.

Ada banyak contoh kalimat isim misalnya dalam al-quran dengan tanda-tanda yang sangat beragam, anda bisa belajar sendiri mencari kalimat isim dalam al-quran tersebut, caranya cocokanlah tanda-tanda kalimat isim yang sudah saya sebutkan di atas dengan kalimat yang anda temukan dalam al-Quran.

Perlu diketahui, dalam satu kalimat tidak munkin terdapat tanda kalimat isim tanwin dan alif lam karena tanwin adalah tanda nakirah (kata umum) sedangkan alif lam adalah tanda ma’rifat (kata khusus).

Demikanlah tanda-tanda kalimat isim yang pasti akan anda temui dalam mempelalajari bahasa arab.

 

Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tanda-Tanda Kalimat Isim Dan Contohnya"

Post a Comment