HATI-HATI KIRIMAN NEW COLORS FOR WHATSAPP TERNYATA SCAM ALIAS VIRUS

Loading...
HATI-HATI KIRIMAN NEW COLORS FOR WHATSAPP TERNYATA SCAM ALIAS VIRUS


Pada psoting kali ini Admin mengutip Informasi dari laman tekno.kompas.com, karena hampir seluruh grup WA ada yang mensharre pesan New Colors For Whatsapp, Choose your favorite color. Ternyata pesan New Colors For Whatsapp tersebut adalah Scam alias Virus seperti hanya WannaCry yang menyerang dunia internet Indonesia.

Sebagaimana dirilis dalam tekno.kompas.com, Pesan yang diberikan menggunakan pemendek tautan/URL shortener Go Daddy dengan alamat http://x.co/6lsC9. URL itu mengarah ke situs http://wp8.link.color.

Seperti biasa, pengakses kemudian akan diberi janji-janji indah dimana syarat mengakses fitur baru tersebut hanya perlu mengundang 10 kontak WhatsApp, atau 5 grup percakapan Whatsapp.

Jika hal itu dilakukan, maka menyebabkan banjir scam New Colors for Whatsapp.

Dampak dari penerima scam ini bisa ringan seperti menerima iklan instalasi aplikasi Fast Cleaner sampai aplikasi Opera Mini, agak mengancam seperti pemberitahuan aplikasi smartphone dalam bahaya dan diarahkan untuk install aplikasi yang diiklankan sampai yang sangat berbahaya seperti tampilnya iklan dewasa dengan konten pornografi.

Bagaimana cara terhidndari dari scam atau virus New Colors For Whatsapp. Pemerhati keamanan cyber Alfons Tanujaya yang sekaligus pendiri Vaksincom menyarankan para pengguna WhatsApp untuk tidak mengklik scam yang beredar dan bagi Anda yang sudah menjadi korban, harap menginformasikan kepada rekan/grup yang Anda kirimkan untuk berhati-hati terhadap konten scam ini.

Scam akan datang dalam pesan WhatsApp dari kontak yang Anda kenal dengan tampilan seperti gambar di bawah ini :




Tautan yang diberikan dalam scam tersebut adalah http://x.co/6lsCq yang menurut pantauan Vaksincom merupakan pemendek tautan gratis yang disediakan oleh penyedia layanan Go Daddy.

Tujuan dari penggunaan pemendek tautan/URL Shortener adalah untuk mengantisipasi pemblokiran oleh WhatsApp dimana jika diblokir, maka pembuat scam tinggal membuat URL Shortener baru yang tetap mengarah pada situs penipuan yang telah dipersiapkan. 


Para pengguna WhatsApp yang teliti harusnya tahu kalau url ke situs ini adalah situs palsu dan biasanya digunakan untuk tujuan phishing (mencuri password) atau Scam (mengecoh korban untuk mendapatkan keuntungan finansial).

Disebutkan bahwa syarat untuk menggunakan fitur baru Whatsapp ini harus melakukan Verifikasi User. Dan caranya mudah, yaitu hanya dengan mengundang 10 teman atau share informasi ini ke lima grup percakapan.

Ini merupakan indikasi kedua setelah alamat situs yang palsu, bahwa ini bukan dari WhatsApp, karena WhatsApp tidak perlu meminta Anda mengundang 10 teman atau sharing ke lima grup WhatsApp hanya untuk memverifikasi penggunanya. Karena jika Anda sedang menggunakan WhatsApp, tentunya sudah terverifikasi secara otomatis dan tidak memerlukan verifikasi lagi.(Sumber: http://tekno.kompas.com/read/2017/05/25/20090087/awas-penipuan-new-color-for-whatsapp-bikin-android-banjir-iklan?page=all)




Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "HATI-HATI KIRIMAN NEW COLORS FOR WHATSAPP TERNYATA SCAM ALIAS VIRUS"

Post a Comment