Perbedaan Antara Isim Mufrad Tatsniyah Dan Jamak

Loading...

Perbedaan Antara Isim Mufrad Tatsniyah Dan Jamak Dalam Ilmu Nahwu

Perbedaan Antara Isim Mufrad Tatsniyah Dan Jamak – Diantara sobat pembaca adinawas.com, mungkin masih ada yang merasa kebingungan atau belum faham dengan istilah isim mufrad, isim tatsniyah dan jamak. Untuk memahami ketika jenis kalimat tersebut, mari kita fahami berdasarkan makna katanya.

Kata “isim” artinya adalah kata benda, kata “mufrad” artinya tunggal, “tatsniyah” artinya dua, sedangkan “jamak” artinya banyak, jika ingin membuat kalimat yang menunjukan banyak dengan jenis laki-lakai maka gunakanlah jamak mudzakkar dan jika ingin membuat kalimat yang menunjukan banyak dengan jenis perempuan maka gunakanlah jamak muannats.

Untuk lebih memahaminya bagaimana perbedaan antara isim mufrad tatsniyah dan jamak tersebut, mari kita lihat contohnya :

Isim Mufrad : رَجُلٌ Menunjukan seorang laki-laki (bukan dua orang atau lebih).

Isim Tatsniyah : رَجُلَانِ Menunjukan Dua orang laki-laki (Bukan satu orang atau tiga orang lebih)

Isim Jamak : رَجُلُوْنَ Menunjukan banyak laki-laki (bisa tiga orang atau lebih)

Dari pemaparan dan beberapa contoh di atas dapat kita fahami dengan mudah bagaimana perbedaan dari isim mufrad, isim tatsniyah dan jamak. Untuk mengetahui penjelasannya lebih jauh mengenai ketiga jenis kalimat tersebut berdasarkan bilangannya, silahkan lihat pada link yang ada disamping contohnya masing-masing.

Bagaimana, mudah sekali untuk memahaminya bukan?

Itulah perbedaan antara isim mufrad tatsniyah dan jamak dalam gramatika ilmu nahwu bahasa arab. Semoga bermanfaat, .

Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbedaan Antara Isim Mufrad Tatsniyah Dan Jamak"

Post a Comment