APLIKASI PKG GURU FORMAT EXCEL MUDAH DAN SIMPEL

Loading...

Bapak/Ibu guru saat ini sudah masuk masa Penilaian Kinerja Guru (PKG) Formatif yang biasanya dilaksankan mulai bulan Oktober sampai Desember untuk mentukan hasil Penilaian Kinerja Guru yang dapat dijadikan sebagai salah satu dasar penetapan Angka Kredit guru.

Sebelum saya sharrekan lin donwload Aplikasi PKG format excel. Sebelum ingin saya ingatkan tentang hakekat PKG. Masih ingatkah tentang PKG ? Untuk sekedar mengingat kembali berikut ini penjelasan tetang hakekat PKG.


Menurut  Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  Nomor 16 Tahun 2009, PK GURU   adalah  penilaian dari tiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya. Pelaksanaan tugas utama guru tidak dapat dipisahkan dari  kemampuan  seorang guru dalam  penguasaan pengetahuan,  penerapan pengetahuan dan keterampilan,  sebagai kompetensi   yang dibutuhkan sesuai amanat Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.  Penguasaan kompetensi dan penerapan pengetahuan   serta kete rampilan   guru , sangat menentukan tercapainya kualitas proses pembelajaran   atau pembimbingan  peserta didik ,  dan  pelaksanaan tugas  tambahan  yang relevan bagi sekolah/madrasah,  khususnya bagi guru dengan tugas  tambahan  tersebut .  Sistem  PK GURU   adalah sistem penilaian yang dirancang untuk mengidenti fikasi  kemampuan guru dalam melaksanakan tugasnya melalui pengukuran penguasaan kompetensi yang ditunjukkan dalam  unjuk kerjanya .  

Secara umum,  PK GURU  memiliki 2 fungsi utama  sebagai berikut. 
1.   Untuk me nilai kemampuan  guru dalam  menerapkan semua kompetensi  dan keterampilan yang diperlukan   pada   proses pembelajaran ,  pembimbingan, atau  pelaksanaan tugas tambahan  yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah. Dengan demikian,  profil kinerja  guru   sebagai gambaran   kekuatan dan kelemahan guru   akan teridentifikasi   dan  dimaknai sebagai analisis kebutuhan atau audit keterampilan untuk setiap guru ,   yang dapat dipergunakan sebagai basis untuk merencanakan PKB . 
2.   Untuk menghitung angka kredit yang diperoleh guru atas kinerja  pembelajaran ,  pembimbingan, atau   pelaksanaan tugas   tambahan  yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah   yang dilakukannya pada tahun tersebut. Kegiatan penilaian kinerja  dilakukan setiap tahun sebagai  bagian   dari  proses pengembangan karir  dan promosi  guru untuk kenaikan pangkat dan jabatan fungsionalnya. 

Hasil PK GURU   diharapkan  dapat  bermanfaat untuk  menentukan berbagai  kebijakan yang terkait dengan peningkatan mutu  dan  kinerja guru sebagai ujung tombak pelaksanaan proses pendidikan  dalam  men ciptakan   insan yang cerdas ,  komprehensif ,  dan berdaya saing tinggi.  PK GURU   merupakan acuan bagi sekolah/madrasah untuk menetapkan pengembangan karir dan promosi guru.  Bagi guru,  PK GURU   merupakan pedoman untuk mengetahui unsur - unsur kinerja yang  dinilai  dan  merupakan  sarana untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan  ind ividu  dalam rangka memperbaiki kualitas kinerjanya.  

PK GURU   dilakukan terhadap kompetensi   guru   sesuai dengan tugas   pembelajaran ,  pembimbingan, atau   tu gas  tambahan  yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah. Khusus untuk kegiatan pembelajaran atau pembimbingan ,  kompetensi yang dijadikan dasar untuk penila ian kinerja guru adalah   kompetensi   pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian,  sebagaimana ditetapkan  dalam  Peraturan Menteri Pendidikan Nasional   Nomor 16 Tahun 2007. Keempat kompetensi ini telah  dijabarkan menjadi kompetensi guru   yang harus dapat ditunjukkan   dan  diamati dalam berbagai kegiatan,  tindakan   dan sikap  guru   dalam melaksanakan pembelajaran   atau pembimbingan. Sementara  itu,  untuk tugas tambahan  yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah, pen ilaian kinerjanya  dilakukan berdasarkan kompetensi tertentu sesuai dengan tugas tambahan  yang dibebankan  tersebut  (misalnya ;   sebagai kepala sekolah/madrasah, wakil kepala sekolah /madrasah ,  pengelola perpustakaan, d an  s ebagainya  s esuai dengan Per aturan M ent eri Neg ara Pendayagunaan Aparatur Negara  dan  Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009)

Perangkat yang harus digunakan oleh peni lai untuk melaksanakan  PK GURU   agar di peroleh hasil penilaian yang ob y ektif, akurat, tepat, valid, dan dapat dipertanggung-jawabkan  adalah: 
1.   Pedoman PK GURU. Pedoman PK GURU   mengatur tentang tata cara penilaian dan norma- norma yang harus ditaati oleh penilai, guru yang dinilai, serta unsur lain yang terlibat dalam proses penilaian. 
2.   Instrumen penilaian kinerja. Instrumen penilaian kinerja yang relevan dengan tugas guru, terdiri dari:  
a.   Instrumen-1:   Pelaksanaan Pembelajaran  untuk guru kelas/mata pelajaran;  
b.   Instrumen-2:   Pelaksanaan Pembimbingan   untuk guru Bumbingan dan Konseling/Konselor ; dan  
c.   Instrumen-3:   Pelaksanaan Tugas  Tambahan  yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah.  Instrumen-3 terdiri dari beberapa instrumen terpisah sesuai dengan tugas tambahan yang diemban guru. 



Pada kesempatan ini Admin  kembali berbagi Aplikasi Sederhana untuk pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PKG). Mungkin Aplikasi PKG Guru ini tidak jauh berbeda dengan Aplikasi PKG Guru lainnya, tetapi Aplikasi PK Guru ini memiliki kelebihan: 1) mudah digunakan 2) hasil print out bisa langsung digunakan untuk melangkapi berkas kenaikan pangkat (Usulan DUPAK); 3) Softcopy bisa langsung diserahkan kepada MKPS untuk input data PKG di Dapodik.

Aplikasi PKG format excel




Terima kasih, mudah-mudahan bermanfaat. Sebagai tambahan pelaksanaan PKG Formatif sebaik dilaksanakan pada pada setiap bulan Oktober – Nopember.

=================================





Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "APLIKASI PKG GURU FORMAT EXCEL MUDAH DAN SIMPEL"

Post a Comment