Pengertian Isim Lima Dan contohnya

Loading...

Pengertian Isim Lima Dan contohnya

Pengertian Isim Lima – Sebagaimana namnya, yang dimaksud dengan isim lima adalah kumpulan lafadz isim yang berjumlah lima lafadz. Disamping isimlima, ada juga istilah dalam mempelajari bahasa arab yaitu fiil lima, ini khusus kumpulan kalimat dalam bentuk fiil yang berjumlah lima lafadz.

Untuk pembahasan fiil lima ini insyallah akan dibahas pada postingan khusus yang akan saya tulis pada postingan selanjutnya.

 yang dimaksud dengan isim lima adalah kumpulan lafadz isim yang berjumlah lima lafadz Pengertian Isim Lima Dan contohnya

Pengertian Kalimat Isim Lima

Lalu, bagaimana yang dimaksud dengan isim lima tersebut, . Sebagaimana disebutkan di atas bahwa Pengertian isim lima adalah kumpulan kalimat isim atau kata benda yang beranggotakan lima lafadz. Menurut pandangan ilmu nahwu bahwa yang dimaksud dengan pengertian isim lima itu adalah :

كُلُّ اسْمٍ يُحَدُّ بِاَبٍ وَاَخٍ وَحَمٍ وَفَمٍ وَذِى مَالٍ

Artinya : Setiap kalimat isim yang dibatasi oleh kalimat اب + اخ + حم + فم + ذو

Contoh :

اَبُوْكَ + اَخُوْكَ + حَمُوْكَ + فُوْكَ + ذُوْمَالٍ

Dengan demikian berarti kalimat yang tidak termasuk ke dalam anggota isim lima barusan maka ia bkanlah isim lima sebaba yang dimaksud dengan isim lima hanyalah terbatas pada kalimat-kalimat yang lima tersebut.

Namun ada beberapa syarat bagaimana kelima anggota isim lima tersebut bisa disebut isim lima. Adapun syarat-syarat tersebut ialah sebagai berikut :

  1. Lafadznya harus bentuk mufrod alias tidak boleh tatsniyah atau juga jamak.
  2. Lafadznya harus mukabbar alias tidak boleh ditashgir (tidak boleh terbentu pada wazan فُعَيْلٌ + فُعَيْعِيْلٌ)
  3. Posisinya harus diidofatkan (harus dalam bentuk idofat) alias harus bersatu dengan kalimat lain.
  4. Harus diidofatkan akan tetapi idofatnya tidak boleh pada iya mutakallim (orang pertama).

Ke-empat syarat ini sesuai dengan sya’ir :

مُفْرَدَةً مُكَبَّرَةً وَإِضَافَةً # إضَافَتُهَا لِغَيْرِ يَاءِ المُتَكَلَِمِ

Jika ke-empat syarat tersebut tidak ada maka ia bukanlah isim lima akan tetapi isim mufrod.

Jika teman-teman belum memahami apa itu idofat, insyaallah akan saya tulis pada postigan khusus yang membahas tentang idofat pada tulisan selanjutnya. Jika ada yang belum faham bisa ditanyakan lewat halaman FB disebelah kanan, insyaallah kan saya jawab sekemampuan saya.

Baca Juga : Pengertian Isim Jamak Mudzakkar Salim

Demikian penjelasan singkat mengenai pengertian isim lima berikut dengan contoh-contohnya, semoga mudah difahami  yang dimaksud dengan isim lima adalah kumpulan lafadz isim yang berjumlah lima lafadz Pengertian Isim Lima Dan contohnya

Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Isim Lima Dan contohnya"

Post a Comment