Doa Nabi Ibrahim AS Dalam Al-Quran

Loading...

Kumpulan Doa Nabi Ibrahim AS Dalam Al-Quran

Doa Nabi Ibrahim – Nabi ibrahim adlah seorang nabi yang lahir di lingkungan yang penuh dengan kemusyrikan dan kekufuran, ia lahir pada masa kekuasaan seorang raja yang sangat dzalim bernama raja “Namrudz“. Meskipunia lahir di lingkungan yang penuh dengan kekufuran, akan tetapi nabi ibram tidak terbawa oleh keadaan lingkungan yang serba kufur tersebut.

Kedua orang tua nabi ibrahim adalah seorang pemahat patung, ia sering membuatkan patung-patung yang kemudian untuk dijadikan sembahan. Di dalam al-quran terdapat beberapa doa nabi ibrahim yang bisa juga kita gunakan untuk berdoa ketika selesai shalat.

 Nabi ibrahim adlah seorang nabi yang lahir di lingkungan yang penuh dengan kemusyrikan da Doa Nabi Ibrahim AS Dalam Al-Quran

Doa-doa Nabi Ibrahim AS

Adapun doa nabi ibrahim tersebut ialah sebgai berikut :

Doa Nabi Ibrahim dalam surat al-baqarah ayat 127

وَإِذْ يَرْفَعُ إِبْرَاهِيمُ الْقَوَاعِدَ مِنَ الْبَيْتِ وَإِسْمَاعِيلُ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

dan (ingatlah), ketika Ibrahim meninggikan (membina) dasar-dasar Baitullah bersama Ismail (seraya berdoa): “Ya Tuhan Kami terimalah daripada Kami (amalan kami), Sesungguhnya Engkaulah yang Maha mendengar lagi Maha Mengetahui”.

Doa nabi Ibrahim Tentang Shalat dalam surat ibrahim ayat 37 dan 40.

surat ibrahim ayat 37

رَبَّنَا إِنِّي أَسْكَنْتُ مِنْ ذُرِّيَّتِي بِوَادٍ غَيْرِ ذِي زَرْعٍ عِنْدَ بَيْتِكَ الْمُحَرَّمِ رَبَّنَا لِيُقِيمُوا الصَّلاةَ فَاجْعَلْ أَفْئِدَةً مِنَ النَّاسِ تَهْوِي إِلَيْهِمْ وَارْزُقْهُمْ مِنَ الثَّمَرَاتِ لَعَلَّهُمْ يَشْكُرُونَ

Ya Tuhan Kami, Sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, Ya Tuhan Kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat, Maka Jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezkilah mereka dari buah-buahan, Mudah-mudahan mereka bersyukur.

surat ibrahim ayat 40

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

Ya Tuhanku, Jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, Ya Tuhan Kami, perkenankanlah doaku.

Doa nabi Ibrahim Mohom diutus seorang rasul dalam surat al-Baqarah ayat 129 :

رَبَّنَا وَابْعَثْ فِيهِمْ رَسُولا مِنْهُمْ يَتْلُو عَلَيْهِمْ آيَاتِكَ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَيُزَكِّيهِمْ إِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

Ya Tuhan Kami, utuslah untuk mereka sesorang Rasul dari kalangan mereka, yang akan membacakan kepada mereka ayat-ayat Engkau, dan mengajarkan kepada mereka Al kitab (Al Quran) dan Al-Hikmah (As-Sunnah) serta mensucikan mereka. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Kuasa lagi Maha Bijaksana.

Baca Juga : Doa Nabi Adam Meminta Ampun Kepada Allah

Demikianlah beberapa doa nabi Ibrahim AS yang terdapat dalam al-Quran.

Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Doa Nabi Ibrahim AS Dalam Al-Quran"

Post a Comment