PETUNJUK ENTRY NILAI RAPORT US DAN USBN PADA APLIKASI DAPODIK 2017b

Loading...
Tulisan dengan judul Panduan Praktis Input Nilai Raport, US dan USBN di Dapodik ini untuk membantu para Operator Sekolah dan Guru dalam input Nilai Raport, US dan USBN di Dapodik. Sebelumnya perlu saya sampaikan khususnya kepada para kepala sekolah bahwa input nilai Raport, US dan USBN di Dapodik bukan pekerjaan yang sulit tetapi melelahkan dan membutuhkan kejelian. Walaupun dalam petunjuk disampaikan bahwa entri nilai ke dapodik dilakukan oleh guru, saya yakin khusus di sekolah binaan saya dalam pelaksanaan akan sepenuhnya dilakukan oleh operator Sekolah. Oleh karena itu sewajarnya pula Bapak/Ibu Kepala Sekolah memberikan “perhatian” kepada para OPS.

BACA: SURAT EDARAN DIRJEN DIKDASMEN KEMENDIKBUD TENTANG PENGISIAN NILAI AKHIR RAPOR, US DAN USBN DI DAPODIK (DISINI)

Berikut  Panduan Praktis Input Nilai Raport, US dan USBN Di Dapodik versi Admin, kalau mau versi resmi silahkan di download langsung dilaman dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id.

Pertama, unduh Patch_Dapodik_2017b setelah selesai kemudian install. Setelah selesai install Patch_Dapodik_2017b sebaiknya Anda coba login ke Dapodik sekolah masing-masing untuk memastikan fitur nilai sudah tersedia atau belum. Berikut ini contoh fitur nilai pada Aplikasi Dapodik 2017b




Kedua,  Unduh prefill nilai sekolah Anda. Kemudian copykan prefill nilai sekolah di folder C:// prefill_dapodik. Setelah prefill nilai dicopykan di di folder C:// prefill_dapodik, kemudian masukan data prefill nilai ke dapodik sekolah Anda masing-masing. Caranya: pastikan sudah login ke aplikasi dapodik versi Dapodik 2017b kemudian pilih Pengaturan selanjutnya pilih Prefill Rapor, masukan seperti biasa kode registrasi sekolah, username dan password yang biasa digunakan untuk membuka aplikasi dapodik sekolah masing-masing.

Jika Anda sudah berhasil memasukan Prefill Rapor, kemudian pilih refresh atau F5 beberapa kali. Sepertinya pekerjaan menginput nilai sudah bisa dilakukan. Sesuai pesan teks yang berjalan pada aplikasi dapodik dahulukan menginput nilai Rapor semester ganjil tahun 2016/2017. Yang lebih utama lagi dahulukan menginput nilai rapor kelas terakhir dan nilai US dan USBN.


NILAI RAPOR YANG HARUS DIISIKAN DI DAPODIK


Sebelum menginput nilai langkah awal yang harus dilakukan adalah menginput mata evaluasi (mata pelajaran) pada fitur nilai Rapor dan fitur nilai US / USBN.

Cara mengiput mata evaluasi (mata pelajaran) pada fitur nilai Rapor = pilih semester aplikasi secara default menunjukkan semester 1 tahun pelajaran 2016/2017. Kemudian Rombel (filter Rombel) saran saya pilih terlebih dahulu rombel kelas terakhir atau kelas 9 untuk SMP, misalnya 9A dst. Kemudian pilih Tambah untuk mengisi mata pelajaran (Isi secara berurutan lihat Rapor) misalnya Ururtan nomor 1 PAI dst.

Cara input mata evaluasi (mata pelajaran) pada fitur nilai US dan USBN = pilih Rombel (pada filter Rombel akan tampil rombel pada kelas terakhir) misalnya kita pilih 9A dst. Kemudian pilih Tambah untuk mengisi mata pelajaran (Isi secara berurutan lihat Rapor).

Apabila kolom sebelah kiri atau Kolom Mata Evaluasi Rapor atau US/USBN sudah terisi, Anda bisa mengisi kolom Nilai US/USBN, caranya double pilih pada mata pelajaran yang dipilih misalnya PAI, maka akan muncul kolom isian nilai US/USBN disamping kanan Anda.  Untuk mengisi nilai double pilih pada kolom yang akan diisi. Pada pengisian nilai US/USBN ada dua kolom yang harus diisi yakni Pengetahuan dan Keterampilan. NAMUN SESUAI JUKNIS PENGISIAN NILAI MERUPAKAN KEWAJIBAN GURU MAPEL MASING-MASING, CARA HAMPIR SAMA PENGISIAN QUISIONER PADA APLIKASI PENDATAAN MUTU PENDIDIKAN (PMP)

PENGISIAN NILAI RAPOR, US DAN USBN DISARANKAN OLEH GURU MAPEL MASING-MASING

Sesuai Petunjuk sebenarnya Pengisian Nilai RAPOR, US dan USBN disarankan Oleh Guru Mapel Masing-Masing. Caranya:
1.    Pastikan setiap rombel yang akan diinput nilainya sudah terisi nama mata Evaluasi atau mata pelajaran. Urutan mata evaluasi sebaiknya berdasarkan urutan yang ada pada Rapor. (lihat penjelasan di atas)
2.    Jika nama mata Evaluasi atau mata pelajaran sudah diinput oleh OPS, kemudian buatkan AKUN LOGIN untuk PTK atau GTK. Caranya sebagai berikut:
Pilih GTK kemudian pilih GURU, kemudian pilih NAMA GURU yang akan mengunakan Dapodik setelah itu pilih PENUGASAN, pada bagian bawah pilih BUAT / UBAH AKUN PTK. Username adalah nama email yang sudah diinput dalam profil PTK, silahkan masukan password baru jika ingin mengganti password atau jika lupa password sebelumnya.


Cara Membuat Akun PTK


3.    Silahkan sekarang login dengan Akun PTK, caranya login seperti awal masuk (jika saat ini masih sedang login dengan Akun OPS silahkan Anda logout terlebih dahulu.
4.    Saat login ke Aplikasi Dapodik, Masukan username dengan email PTK yang sudah terdapat di dapodik sekolah Anda dan password yang sudah Anda buat. Maka tampil Menu Dapodik khusus PTK akan terlihat seperti gambar berikut.

Fiture Akun Guru pada Aplikasi Dapodik


5.    Untuk isi nilai Ada tinggal memilih fitur Rapor atau USBN, kemudian pilih kelas atau Rombel. Pilih  kelas/rombel maka akan muncul format isian nilai.

Catatan:

Fitur nilai US dan USBN terbagi dua yakni nilai Pengetahuan dan Keterampilan. Belum ada penjelasan secara detail terkait nilai Pengetahuan dan Keterampilan. Berdasarkan pengalaman Nilai hasil Ulangan/ujian tulis masuk nilai pengetahuan, sedangkan nilai praktek masuk nilai keterampilan. Bagaimana jika tidak ada ujian praktek, sebaiknya nilai Keterampilan pada US dan USBN dikosongkan. (Lebih jelasnya silahkan hubungi dinas pendidikan kabupaten)

Selain itu, mohon hati-mohon hati dalam penggunaan Kuncian data nilai. Data nilai rapor dan US/USBN yang sudah final (benar dan lengkap) dapat dikunci. DATA NILAI YANG TELAH DIKUNCI TIDAK DAPAT DIPERBAIKI KEMBALI.



Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PETUNJUK ENTRY NILAI RAPORT US DAN USBN PADA APLIKASI DAPODIK 2017b"

Post a Comment