Tanda Irab Khofad Disertai Contohnya

Loading...

Tanda Irab Khofad Dalam Ilmu Nahwu Serta Contohnya

Tanda Irab Khofad – Bagian ketiga dalam materi ilmu nahwu yang membahas tentang pembagian i’rab adalah i’rab khofad, dimana sebelumnya sudah dibahas bagaimana tanda-tanda i’rab rafa’ dan nashob serta contohnya masing-masing yang secara lengkap telah dibahas pada tulisan sebelumnya. Bagi teman teman-teman yang belum memahami bagaimana itu i’rab rafa dan nashob serta bagaimana contoh dalam kalimatnya, silahkan baca saja tulisan saya sebelumnya yang bisa anda temukan pada kategori “bahasa arab” atau bisa juga langsung klik tautan di bawah ini :

Tanda Irab Rafa

Tanda-Tanda Irab Nashob

Tanda Irab Khofad Dalam Ilmu Nahwu Serta Contohnya Tanda Irab Khofad Disertai Contohnya

Irab Khofad

I’rab khofad memiliki tiga tanda yaitu kasrah, iya dan fathah. Dalam kitab jurumiyah disebut kan :

وَلِلْخَفْضِ ثَلَاثُ عَلَامَاتٍ اْلكَسْرَةُ وَالْيَاءُ وَالْفَتْحَةُ

Artinya : I’rab khofad memiliki tiga ciri atau alamat yaitu kasrah, iya dan fathah.

Dari kutipan di atas dapat difahami dengan jelas bahwa tanda irab khofad itu ada tiga sebagaimana  yang sudah disebutkan di atas. Dari ketiga tanda tersebut dibagi menjadi dua yaitu ada yang pokok (kasrah) dan ada yang menjadi pengganti (iya dan fathah).

Mungkin ada diantara teman-teman yang merasa bingung, kenapa salahsatu tanda dari i’rab khofad ini adalah fathah padahal fathah itu adalah tanda pokok dari i’rab nashob. Memang ada kesamaan tanda yang dimiliki oleh i’rab khofad dan i’rab nashob yaitu fathah akan tetapi tanda fathah memiliki perbedaan yang sangat jelas ketika ia menjadi tanda bagi i’rab nashob dan i’rab khofad. Untuk lebih jelasnya tentang kesamaan tanda tersebut, insyallah akan saya bahas pada tulisan saya selanjutnya supaya penjelasnnya bisa lebih terfokus dan tidak bercampur.

Berikut ini adalah tanda irab khofad yang dilengkapi dengan contoh-contohnya dalam sebuah kalimat bahasa arab :

Kasrah, yang menjadi tanda pokok bagi i’rab khofad.

Contoh :

مَرَرْتُ بِزَيْدٍ = Aku telah berjumpa dengan zaid.

بِسْمِ اللهِ = Dengan nama Allah

Iya, sebagi tanda pengganti kasrah.

Contoh :

مَرَرْتُ بِزَيْدَيْنِ = Aku telah berjumpa dengan dua zaid.

مَرَرْتُ بِزَيْدِيْنَ = Aku telah berjumpa dengan Zaid-zaid.

مَرَرْتُ بِاَبِيْكَ = Aku telah berjumpa dengan ayahmu.

Fathah, sebagai tanda pengganti kasrah.

Contoh :

مَرَرْتُ بِاَحْمَدَ = Aku telah berjumpa dengan Ahmad.

صَلَّيْتُ فِى مَسَاجِدِ = Aku telah solat di beberapa mesjid

Demikianlah tanda irab khofad beserta contohnya dalam sebuah kalimat yang berbahasa arab, semoga bisa membantu anda yang sedang belajar bahasa arab.

Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tanda Irab Khofad Disertai Contohnya"

Post a Comment