Kalimat Fiil Madhi : Pengertian Beserta Contohnya

Loading...

Pengertian Kalimat Fiil Madhi Serta Contohnya

Kalimat Fiil Madhi – Bentuk kalimat fiil berdasarkan waktunya dibedakan ke dalam 3 kategori waktu, yaitu fiil madhi, mudhari dan amar. Pada tulisan ini kita akan belajar mengenai bantuk fiil berdasarkan waktunya yang pertama yaitu fiil madhi. Sebelum memahami kedua bentuk fiil selanjutnya, kita hendaknya memahami apa itu yang dimaksud dengan fiil madhi, bagaimana pengunaannya dalam bahasa arab dan bagaimana contoh-contohnya supaya kita lebih mudah untuk memahaminya. Tulisan ini merupakan kelanjutan dari tulisan sebelumnya : Materi Bahasa Arab Tentang Fiil Atau Kata Kerja

Lihat juga : Pengertian Fiil Mudhari Dan Contoh

Pengertian Kalimat Fiil Madhi Serta Contohnya Kalimat Fiil Madhi : Pengertian Beserta Contohnya

Pengertian Fiil Madhi

Pengertian kalimat fiil madhi secara bahasa adalah “kata kerja yang lampau”, maksudnya adalah sebuah kata kerja yang menunjukan masa lampau. Pengertian fiil madhi secara bahasa ini sejalan dengan pengertiannya menurut istilah ilmu nahwu dalam bentuk bahasa arab yaitu :

مَا دَلَّ عَلى حَدَثٍ مَضَى وَانْقَضَى

Artinya : Lafadz yang menunjukan kejadian di masa lampau.

Jadi, setiap kejadian yang terjadi di masa lampau maka itulah yang dimaksud dengan fiil madhi.

Misalnya :

قَرَأْتُ الكِتَابَ

“saya membaca buku”

Kata “قرأ” pada kalimat di atas termasuk kalimat fiil madhi karena kegiatan membacanya dilakukan pada masa yang sudah lewat dan sekarang sudah tidak sedang membaca lagi, jika kegiatan membaca itu sedang terjadi maka namanya bukan fiil madhi akan tetapi fiil mudhari (untuk penjelasan fiil mudhari akan kita bahas pada tulisan selanjutnya).

Lalu, Bagaimana caranya supaya kita mengetahui apakah itu fiil madhi atau fiil mudhari? ini adalah salah satu pertanyaan yang penting dan banyak ditanyakan oleh teman-teman saya ketika hendak belajar bahasa arab. Ada dua hal yang bisa kita lakukan untuk mengetahui apakah itu fiil madhi atau fiil mudhari, yaitu :

Pertama, dengan mengetahui artinya berdasarkan konteks sebelumnya (siyaqul kalam).

Kedua, dilihat dari bentuk wazannya. Karena setiap kalimat fiil memiliki bentuk wazan masing-masing yang berbeda-beda, akan tetapi untuk mengetahui bentuk wazan tersebut kita harus mempelajari ilmu sharaf (insyaallah akan kita bahas pada tulisan selanjutnya).

Adapun contoh-contoh kalimat fiil madhi adalah sebagai berikut :

Fiil Madhi

Artinya

قَرَأَ

Membaca

كَتَبَ

Menulis

جَلَسَ

duduk

ضَرَبَ

Memukul

كَلَمَ

Bertutur

نَصَرَ

Menolong

وَرَثَ

Mewarisi

عَلِمَ

Mengetahui

قَطَعَ

Memotong

غَلَقَ

Mengunci

Untuk contoh lengkapnya, silahkan lihat disini : 20 Contoh Fiil Madhi Mudhari Dan Amr

Demikian pembahasan tentang pengertian kalimat fiil madhi beserta contoh-contohnya, semoga mudah untuk dimengerti dan bermanfaat.

Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kalimat Fiil Madhi : Pengertian Beserta Contohnya"

Post a Comment